Pemberontak Suriah Belajar Perang di Youtube

Pasukan pemberontak Suriah dalam perang saudara melawan Bashar Assad bukanlah orang-orang yang biasa menggunakan senjata, tak terampil dalam pertempuran, dan yang pasti mereka bukanlah tentara profesional. Maka tak heran jika kemudian mereka beralih menggunakan media sosial untuk memberikan pelatihan dan tutorial bagaimana menggunakan senjata.
Dalam video yang mereka unggah di Youtube, tampak orang yang tak terlihat wajahnya memberikan kursus kilat dalam bahasa arab mengenai dasar-dasar senapan serbu.

Diposting di saluran Youtube FSAHelp, untuk “Tentara Pembebasan Suriah” yang mereka gunakan untuk menyebut tentara pemberontak dari pemerintahan Bashar Assad. Sementara di video lainnya tampak trik menyiasati posisi yang rawan dalam melakukan serangan dengan senapan serbu. Bagaimana bergerak sambil bertiarap dari musuh sehingga tetap dalam posisi tersembunyi dalam sebuah pertempuran. Video dalam format Hi-Def hadir dalam kualitas yang sangat bagus, apalagi aktor dengan masker ski serta membawa senapan di medan pertempuran yang mendemonstrasikan manuver tempur.

Youtube bukan satu-satunya media yang dimanfaatkan untuk latihan perang pemberontak Suriah. Halaman Facebook FSA Help juga memuat banyak foto dan video yang berisi cara bagaimana mengoperasikan misil anti tank. Gudang senjata kecil pada layar video mengesankan beberapa ahli senjata dan para penggemar gaya army look. “Anda hanya bisa melihatnya langsung pada beberapa negara saja, bayangkan, pistol Kel-Tec, 9 mm, Sig Glock Gen4, Workforce wrench  dan senapan S&W M&P AR-15 di tempat yang sama” tulis The Friearm, sebuah blog yang menulis soal senjata dan militer.

Juru bicara Pentagon, George Little mengatakan rezim Assad tampaknya sangat khawatir dengan kemampuan pasukan oposisi setelah serangan secara terbuka yang dilakukan pasukan pemberontak di ibukota Suriah, Damaskus. Tapi pasukan pemerintah masih memiliki beberapa kelebihan seperti helicopter yang bisa membantu serangan atau memberikan komando dari udara.. tapi kelihatannya itu tidak akan berlangsung lama setelah video dari FSAHelp tentang bagaimana menjatuhkan helikopter berhasil diunggah dan disaksikan oleh para simpatisannya. Apalagi sampai mereka tahu apa jenis helikopter yang digunakan oleh para tentara resmi. Rasanya salah-salah tonton, video ini justru menginspirasikan teroris lokal untuk merampok bank dengan senapan serbu.

Tentang Penulis

Irwansyah Nuzar

Managing Editor