Kominfo Rancang Sistem Pembayaran Elektronik NFC

Teknopreneur.com - Perkembangan teknologi dan informasi telah masuk dalam berbagai sendi kehidupan, termasuk sistem pembayaran, yang khususnya instrumen pemabayaran secara elektronik. Dengan adanya pembayaran elektronik akan mengurangi penggunaan uang tunai dan kedepannya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam pasal 71 ayat (1) Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi, disebutkan bahwa setiap alat dan perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, dimasukkan untuk diperdagangkan dan/atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis. Hal tersebut seperti yang dilansir dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kamis (8/1).

Dalam keterangan pers Kemkominfo melakukan konsultasi publik terhadap Rancangan Peraturan Menteri Kominfo tentang Persyaratan Teknis Near Field Communication (NFC)Rancangan peraturan tersebut merupakan pedoman dalam pelaksanaan pengujian perangkat NFC dimana perangkat NFC merupakan teknologi komunikasi nirkontak yang menggunakan gelombang radio baik dengan cara menyentuh ataupun mendekatkan perangkat yang terkait dalam jarak cukup dekat.

Rancangan Peraturan Menteri yang dimaksud meliputi, Definisi, Konfigurasi, Singkatan, dan Istilah. Selain itu, tentunya Persayaratan Teknis Perangkat NFC, Kelengkapan Pengujian Perangkat NFC, serta Pelaksanaan Pengujian Perangkat NFC juga termasuk dalam rancangan peraturan tersebut, agar program dapat berjalan dengan baik.

Categories: