A (14) | B (13) | C (4) | D (4) | E (4) | F (3) | G (5) | I (7) | J (2) | K (8) | L (2) | M (10) | P (26) | R (3) | S (15) | T (15) | U (1) | V (1) | Y (1) | Z (2)

Pengembangan Tanaman Jeruk Transgenik Tahan Penyakit CVPD dan Transformasi In Plata

Uji Ketahanan CVPD

Beberapa jenis tanaman jeruk Indonesia nyaris punah akibat penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) yang diakibatkan bakteri Liberobacter asiaticum. Penyakit ini belum bisa ditanggulangi karena patogen penyebab penyakit tidak bisa dibiakkan pada media buatan. Metoda marker DNA dan tagging mutasi T-DNA berhasil mengisolasikan gen ketahanan terhadap penyakit CVPD (gen CVPDr) dari tanaman jeruk Kinkit (Triphasia trifoliata).

Serbuk Minuman Penambah Stamina dengan Bahan Baku Hewan Moluska

Teknopreneur.com  - Kesibukan masyarakat yang tinggi memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Secara tradisional banyak ditemui minuman penambah stamina menggunakan bahan dari hewan laut moluska seperti Lintah laut, Keong Mata Lembu, Kerang Pokea dan Ipong-Ipong. Penelitian menunjukkan adanya komponen aktif penambah stamina seperti taurin dan antioksidan pada Lintah Laut, juga vitamin B12 pada Kerang Pokea.

Sosrobahu: Landasan Putar Bebas Hambatan

Teknopreneur.com - Pembangunan jalan layang umumnya menimbulkan kemacetan saat pengecoran pada tiang penyangga karena menyita badan jalan di bawahnya.

Sosrobahu memungkinkan orientasi (arah) kepala tiang penyangga yang dipisah dengan tiangnya, dibuat sejajar dengan jalan agar tidak mengganggu lalu lintas dibawahnya. Kemudian kepala tiang dengan alat Sosrobahu diputar tegak lurus as jalan. Menggunakan prinsip hidrolik, Sosrobahu terdiri atas 2 lempeng piring, piring atas sebagai piston dan yang bawah sebagai silinder.

Dispenser Yoghurt

Yoghurt, selain sehat, mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi. Salah satu masalah pengembangan usaha untuk produk ini di skala UMKM dan industri adalah resiko kontaminasi. Kontaminasi akan membuat yoghurt yang dihasilkan lebih cepat masam dan tidak lagi segar ketika disajikan bagi konsumen.

Sistem Penggerak Mobil Listrik Kompak nan Efisien

Teknopreneur.com - Mobil listrik digerakkan oleh motor listrik dengan energi dari baterai isi ulang. Beberapa perbaikan dan penyempurnaan dilakukan, terutama sistem penggerak mobil listrik dibuat menjadi lebih kompak, aman dan efisien.

Sistem penggerak dimodifikasi sehingga hanya menggunakan 1 solenoid, sedangkan fungsi 3 solenoid lainnya digantikan dengan saklar mekanisme maju mundur yang dioperasikan secara manual agar pengguna dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

Teknologi Radiotracer untuk Panasbumi dan EOR

Teknopreneur.com - Pembangkit listrik tenaga geothermal menggunakan sumur dengan kedalaman sampai 1,5 km atau lebih untuk mencapai cadangan panas bumi yang sangat panas. Beberapa pembangkit listrik ini menggunakan panas dari cadangan untuk secara langsung menggerakan turbin. Yang lainnya memompa air panas bertekanan tinggi ke dalam tangki bertekanan rendah. Pada sumber minyak dan gas bumi, penggalian dilakukan pada beberapa titik yang berbeda melalui beberapa sumur.

Pemanfaatan Limbah Santan Kelapa Untuk Nata de Coco.

Teknopreneur.com - Dalam pembuatan VCO ( Virgin Coconut Oil), bagian santan kelapa yang diambil adalah bagian krim saja dan meninggalkan skim santan dalam jumlah yang cukup banyak. Namun biasanya skim ini hanya dibuang karena sudah tidak menghasilkan minyak lagi. Hal tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan sekaligus kurang efisien karena skim santan masih mengandung protein, karbohidrat, dan mineral sehingga berpotensi untuk dijadikan sebagai medium perkembangan bakteri seperti  Acetobacter xyliumdalam produksi Nata de Coco.

Bertanam Kentang Tanpa Tanah

Teknopreneur.com - Inovasi ini memanfaatkan teknologi aeroponik dan kultur jaringan untuk melipatgandakan benih kentang. Menggunakan peralatan dimodifikasi dan disederhanakan dari bahan-bahan yang tersedia di Indonesia, ternyata mampu menghasilkan benih kentang yang melimpah dari setek aklimatisasi kultur jaringan.

Gear dan Rantai Kendaraan yang Anti Bising

Teknopreneur.com - Seringkali kita dipusingkan dengan suara berisik kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor. Suara bising itu salah satunya berasal dari gesekan antara sprocket gear dan rantai sepeda motor yang menghasilkan panas berlebih dan mengurangi efisiensi kendaraan motor tersebut.

Sprocket gear adalah salah satu sistem yang dapat memindahkan tenaga secara mekanis melalui rantai sebagai perantara.

MacroJenerik, Udang Galah Indonesia Hasil Persilangan antar Strain untuk Penyediaan Benih Unggul

Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati perairan yang berharga, dimana salah satunya adalah strain udang galah. Teknik perkawinan silang antar strain udang galah dilakukan untuk memperoleh benih yang unggul. Strain udang galah unggulan yang digunakan untuk memperoleh benih unggulan dengan teknik kawin silang adalah BAHARI (Sungai/Sei Batanghari, Jambi), TARIK (Sei Tarik, Jabar), KUMAI (Sei Kumai, Kalteng), dan JENEBE (Sei Jeneberang, SulSel).

Vaksin DNA Ikan

Teknopreneur.com - Virus dan kelompok Herpesvirideae bersifat laten dalam tubuh ikan dan menunggu hingga kondisinya memungkinkan untuk menginfeksi ikan carrier (pembawa virus). Ikan ini dapat menjadi sumber penyakit dan dapat menular ke ikan yang lain dalam ekosistem yang sama.

Biskuit Pakan untuk Ternak Ruminansia

Teknopreneur.com - Penyediaan pakan kaya serat bagi ternak Ruminansia seperti sapi, domba, dan kambing menjadi tantangan ketika jumlah hijauan berkurang, atau tidak tersedia dipasar. Hal ini coba disiasati dengan menggunakan limbah tanaman jagung yang merupakan salah satu sumber pakan ternak ruminansia alternatif berkualitas yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dengan biaya yang rendah. Dengan teknik pencetakan, pemanasan, dan pengepresan memungkinkan pembuatan pakan ternak dalam bentuk biskuit sehingga awet, mudah, dan berkualitas.

Komposisi dan Proses Pembuatan Pupuk Organik Cair Multi Manfaat

Teknopreneur.com - Bio-HaraPlus menawarkan alternatif pupuk organik cair yang dapat digunakan sebagai pupuk atau nutrisi tanaman pertanian yang sekaligus mengandung pestisida organik. Hal ini terwujud dari perpaduan antara materi pupuk organik seperti kotoran sapi dan guano dengan bahan-bahan pestisida organik seperti batang tanaman Brotowali, daun Mimba, dan ekstrak buah Mengkudu.

Aditif Pelumas Super Ramah Lingkungan

Teknopreneur.com - seiring dengan peningkatan kebutuhan pelumas kendaraan di Indonesia, terjadi pengingkatan ketergantungan pada aditif pelumas impor. Aditif pelumas digunakan untuk meningkatkan indeks viskositas dan memperbaiki karakteristik pelumas.Inovasi ini mengembangkan proses produksi aditif pelumas kopolimer poliisoprena-metil metakrilat dengan poliisoprtena dari karet alam. Produk lokal ini akan mengurangi ketergantungan pada impor.Proses kopolimerisasi dilakukan menggunakan teknologi iradiasi gama yang cepat, mudah, dan tidak meninggalkan residu kimia.

Teknologi Kedelai Plus

kedelai

Teknologi Kedelai Plus adalah teknologi yang dirancang untuk memasukkan mikroba (bakteri) berpotensi penambat nitrogen ke dalam benih kedelai. Bakteri berpotensi tersebut akan mengisi rongga-rongga udara di dalam jaringan biji dan tetap hidup namun tidak beraktivitas (dormant). Saar benih berkecambah, bakteri tersebut mulai beraktivitas menginfeksi perakan tanaman dan hidup bersimbiosa dengan tanaman. Dalam hal ini tanaman akan menerima unsur nitrogen hasil penambatan Ncsecara hayati dan juga senyawa lainnya seperti hormon tumbuh sebagai hasil metabolismenya.

Pemanfaatan Onggok Sebagai Media Tanam Jamur Tiram

Teknopreneur.com - Onggok adalah limbah pabrik tapioka yang berpotensi mencemari lingkungan. Mengolah onggok menjadi produk berguna akan mengurangi potensi pencemaran lingkungan. Inovasi ini mengubah onggok menjadi media pertumbuhan jamur tiram, sebagai sumber Beta Glukan yang bernilai ekonomis tinggi. Beta Glukan sendiri bisa digunakan sebagai antimikroba, antikanker dan meningkatkan imunitas tubuh ( immunomodulator).

Biskuit Bergizi Tinggi Berbasis Tepung Ikan Lele

Teknopreneur.com - Biskuit adalah jenis makanan yang disukai berbagai kalangan dan usia, terutama anak-anak. Upaya perbaikan gizi akan lebih mudah diterima anak-anak melalui pemberian makanan tambahan atau fungsional yang dikenal dan disukai oleh mereka. Inovasi ini memanfaatkan tepung daging ikan lele (Clarias sp.) yang kaya akan protein serta tepung kepalanya yang kaya dengan kalsium sebagai bahan baku biskuit fungsional. Pada tahap uji klinis, biskuit ini disukai balita dan telah terbukti dapat meningkatkan berat badan dan daya tahan tubuh mereka.

Pelet Ikan Bervaksin Antibakteria Aeromonas hydrophia

Teknopreneur.com - Pembuatan vaksin pada umumnya dilakukan dengan meminjam inang yang sehat untuk ditularkan penyakit atau unsur yang berbahaya, agar terbentuk antibodi yang dapat digunakan untuk menyembuhkan. Hal ini direplikasi secara berbeda dengan cara meminjam ayam yang sehat untuk menghasilkan kuning telur dengan anti bakteria Aeromonas hydrophia yang menyerang ikan air tawar.

Limbah Latex Untuk Suplemen Pangan, Kosmetika, dan Obat

Teknopreneur.com - Mikroalga Hijau Biru Spirulina platensis banyak digunakan sebagai suplemen pangan, pakan, bahan aktif kosmetika, dan obat.

Mikroalga ini dijuluki " wonderful food" dan " magic food" karena mengandung gizi, vitamin, dan bahan aktif yang relatif lengkap yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas akibat radiasi sinar UV, sebagai makanan kesehatan, agen terapi kanker, anti penuaan dini, dan terapi inflamasi.

Celengan Pupuk Zeolit

Teknopreneur.com - Salah satu upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi urea adalah dengan memodifikasinya menjadi pupuk lepas lambat / slow release fertilizer (SRF).

Pupuk diubah menjadi butiran lebih besar yang lebih sukar larut dan dicampur zeolit alam yang mampu mengendalikan kecepatan pelepasan unsur-unsur nutrien pupuk yang mudah hilang akibat larut dalam air, menguap atau proses denitrifikasi terhadap pupuk itu sendiri.

Ekstrak Vitamin dari Minyak Sawit Merah (Vitamin Extract from Red Palm Oil)

Teknopreneur.com - Red Palm Oil in powder form can easily be used as fortifier or main ingredient for β-carotene (pro vitamin A) and α-tocopherol (vitamin E) supplement in pharmaceuticals and nutraceuticals.

In microencapsulated form, red palm oil proved to be more effective, since the microencapsulation protects and lengthens the shelf life of the easily oxidized β-carotene

Mesin Pemingsan Udang dan Ikan

alat pemngsan udang

Menjaga kesegaran ikan dan udang di perjalanan menjadi permasalahan dalam mejaga kualitas tetap baik, sehingga tidak menurunkan harga jual. Pembekuan saja tidak cukup, dan membawa ikan dalam keadaan hidup di dalam air selain tidak efisien juga berat bobotnya. Mesin pemingsan udang dan ikan dibuat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mesin yang bekerja menggunakan water chiller, bak pemingsanan dan aerator menerapkan pola penurunan suhu bertahap dan waktu pemingsanan dengan sistem pengontrolan suhu dan waktu otomatik menggunakan kontroler mikro.

Pages