A (14) | B (13) | C (4) | D (4) | E (4) | F (3) | G (5) | I (7) | J (2) | K (8) | L (2) | M (10) | P (26) | R (3) | S (15) | T (15) | U (1) | V (1) | Y (1) | Z (2)

Produksi Pelet dari Kotoran Sapi

Teknopreneur.com - Pakan ikan, udang, dan unggas merupakan kunci vital dalam budidaya ternak. Tingginya harga pakan membuat peternak kesulitan mendapatkan keuntungan. Pakan yang terbuat dari kotoran sapi yang masih mengandung protein dan gizi cukup tinggi dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut.

Sapi diberikan formulasi bakteri tertentu sehingga menghasilkan kotoran yang tidak berbau. Kotoran sapi yang dihasilkan kemudian diproses menjadi pelet untuk pakan ikan, udang, dan unggas.

Fitosanitari Buah Menggunakan Iradiasi Gamma

Teknopreneur.com - Perlakuan fitosanitari merupakan perlakukan untuk mencegah masuk dan menyebarnya hama karantina. Biasanya, digunakan fumigan metil bromida, tetapi fumigan ini dapat merusak ozon sehingga dibatasi penggunaannya. Salah satu alternatif adalah perlakuan dengan iradiasi Gamma. Iradiasi ini ramah lingkungan dan berdaya tembus tinggi, sehingga efektif membunuh berbagai hama, termasuk yang tersembunyi di dalam daging buah dan biji.

Gondola Portable Untuk Angkut Bibit

Teknopreneur.com Kereta gantung yang kita ketahui selama ini digunakan untuk mengangkut manusia di tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti pegunungan untuk keperluan ski dan tempat wisata. Penggunaan prinsip kereta gantung yang sama bisa mempercepat pengangkutan bibit di areal hutan dan kebun yang sulit dijangkau, oleh kendaraan roda dua apalagi roda empat.

Pewangian Beras Menggunakan Karbon Dioksida Cair

Teknopreneur.com - Nasi yang enak berasal dari beras yang baik, dan nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Konsumen kini semakin selektif dalam memilih beras berkualitas, bukan hanya tekstur saja tetapi juga aromanya.

Beras wangi alami kini sulit ditemui di pasar. Petani jarang menanam beras wangi karena memerlukan masa tanam yang lebih lama. Lagipula, beras ini mudah diserang hama karena aromanya menarik bagi hama. Di pihak lain, permintaan akan beras wangi terus meningkat.

Dari Sapi untuk Ikan

Teknopreneur.com - Pakan ikan, udang, dan unggas merupakan kunci vital dalam budidaya ternak. Tingginya harga pakan membuat peternak kesulitan mendapatkan keuntungan. Pakan yang terbuat dari kotoran sapi yang masih mengandung protein dan gizi cukup tinggi dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut.Sapi diberikan formulasi bakteri tertentu sehingga menghasilkan kotoran yang tidak berbau.

Kecap Lezat Berbahan Biji Durian

Teknopreneur.com - Buah durian tidak hanya lezat dimakan dagingnya, tetapi bijinya juga dapat diproses untuk kemudian dijadikan berbagai produk seperti kecap, kerupuk, zat pewarna tekstil, dan briket karbon. Dengan menggunakan jamur Rhizopus oryzae, maka biji durian dapat difermentasi untuk dijadikan kecap. Produk turunan dari ampas dapat dijadikan kerupuk. Air limbah menjadi zat pewarna tekstil dan kulit biji durian menjadi bahan briket karbon.

BATARA-SAYANG, Si Jagung Hibrida Unggul

Teknopreneur.com - BATARA dan SAYANG merupakan varietas jagung hibrida unggul yang merupakan hasil perakitan melalui pemuliaan tanaman. Varietas ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan varietas lain yang telah ada di pasaran yaitu mempunyai tajuk tanaman yang tetap hijau meskipun bonggol jagung sudah dipanen sehingga dapat digunakan untuk pakan hijauan ternak, tahan terhadap kekeringan dan penyakit bulai, serta hasil panen yang tinggi.

Varietas jagung hibrida unggul BATARA DAN SAYANG telah dilepas oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2011.

Jamu Untuk Ayam Broiler Tingkatkan Metabolisme Pencernaan

Suplemen jamu bagi unggas (ayam ternak broiler) ini dibuat dari kombinasi buah-buahan tropis alami, squalene dan sari umbi manggata (rumput teki) dan difermentasi selama 6 bulan.

Kandungan nutrisi alami mampu diserap dengan baik oleh unggas dan meningkatkan mutu sistem pencernaan unggas ketika dewasa, sehingga daya serap makanan meningkat, perbandingan berat pakan dengan berat hewan (feed conversion ratio) menurun, begitu pula dengan tingkat kematian unggas.

Pengembangan Tanaman Jeruk Transgenik Tahan Penyakit CVPD dan Transformasi In Plata

Uji Ketahanan CVPD

Beberapa jenis tanaman jeruk Indonesia nyaris punah akibat penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) yang diakibatkan bakteri Liberobacter asiaticum. Penyakit ini belum bisa ditanggulangi karena patogen penyebab penyakit tidak bisa dibiakkan pada media buatan. Metoda marker DNA dan tagging mutasi T-DNA berhasil mengisolasikan gen ketahanan terhadap penyakit CVPD (gen CVPDr) dari tanaman jeruk Kinkit (Triphasia trifoliata).

Imunisasi Anak Sapi dengan Kolostrum

Teknopreneur.com - Kematian pada anak sapi yang baru lahir merupakan permasalahan bagi para peternak sapi. Salah satu penyebab kematuan adalah penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri Enterotoxigenic Escherichia coli(ETEC). Selama ini peternak menggunakan antibiotik, namun penggunaan antiobiotik sudah menunjukan tingkat resistensi yang cukup tinggi.

Papan Tulis Interaktif

Teknopreneur.com - Tim dari SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto berhasil membuat inovasi Papan Tulis Interaktif, satu inovasi yang memungkinkan terjadinya sebuah kemudahan presentasi yang mampu menterjemahkan gerakan lampu LED pada sebuah pena yang terekam kamera menjadi format digital untuk kemudian ditampilkan di layar presentasi.

Menggabungkan Implementasi Sumber Energi Listrik Mikrohido dengan Pelestarian Hutan

Teknopreneur.com - Konsep pelestarian hutan selama ini lebih banyak dikaitkan dengan kerugiannya, seperti tanah longsor atau banjir, dan bukan keuntungannya bagi masyarakat pedesaan. Hal ini menjadikannya kurang berkesinambungan. Konsep "Lestari Hutanku, Terang Desaku", menggabungkan implementasi sumber energi listrik mikrohido dengan pelestarian hutan.

Software Notulensi Rapat, Mengubah Suara Menjadi Text

Teknopreneur.com - Pada sebuah rapat, notulis akan mencatat percakapan yang terjadi sebatas pada kemampuannya mengingat dan mendengar. Alat perekam dapat digunakan, namun mengubahnya menjadi catatan tertulis tetap membutuhkan waktu.

 

Piranti lunak komputer yang mampu mengerti ucapan manusia dan mengubahnya menjadi tulisan telah dikembangkan dalam berbagai bahasa dan pengembangan untuk bahasa Indonesia masih terus dilakukan.

 

Serbuk Minuman Penambah Stamina dengan Bahan Baku Hewan Moluska

Teknopreneur.com  - Kesibukan masyarakat yang tinggi memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Secara tradisional banyak ditemui minuman penambah stamina menggunakan bahan dari hewan laut moluska seperti Lintah laut, Keong Mata Lembu, Kerang Pokea dan Ipong-Ipong. Penelitian menunjukkan adanya komponen aktif penambah stamina seperti taurin dan antioksidan pada Lintah Laut, juga vitamin B12 pada Kerang Pokea.

Celengan Pupuk Zeolit

Teknopreneur.com - Salah satu upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi urea adalah dengan memodifikasinya menjadi pupuk lepas lambat / slow release fertilizer (SRF).

Pupuk diubah menjadi butiran lebih besar yang lebih sukar larut dan dicampur zeolit alam yang mampu mengendalikan kecepatan pelepasan unsur-unsur nutrien pupuk yang mudah hilang akibat larut dalam air, menguap atau proses denitrifikasi terhadap pupuk itu sendiri.

Surfaktan DEA dari Asam Lemak Minyak Inti Sawit

Teknopreneur.com - Surfaktan adalah bahan yang dapat mencampurkan dua cairan yang umumnya tidak saling bercampur seperti minyak dan air, karena menurunkan tegangan permukaan cairan. Surfaktan DEA umumnya dibuat dari minyak kelapa dan banyak digunakan pada industri kosmetika dan farmasi. Aplikasi surfaktan juga dibutuhkan dalam jumlah besar di pertambangan minyak.

Untuk memproduksi surfaktan DEA, asam laurat dalam minyak inti sawit direaksikan dengan DiEtanolAmine dengan rasio molar dan kondisi proses tertentu.

Alat Sortir Otomatis Untuk Ikan

Teknopreneur.com - Penggunaan teknologi komputer dan aplikasinya telah masuk juga ke budidaya ikan. Salah satunya adalah alat sortir dan penghitung ikan hidup untuk memudahkan penyortiran dan penghitungan ikan hidup sebagai ikan budidaya dengan menggunakan komputer dan pengolahan citra digital hasil deteksi kamera CCD.

Alat ini merupakan integrasi hardware dan software yang bekerja secara simultan melakukan proses pemilihan dan penyortiran ikan hidup.

MacroJenerik, Udang Galah Indonesia Hasil Persilangan antar Strain untuk Penyediaan Benih Unggul

Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati perairan yang berharga, dimana salah satunya adalah strain udang galah. Teknik perkawinan silang antar strain udang galah dilakukan untuk memperoleh benih yang unggul. Strain udang galah unggulan yang digunakan untuk memperoleh benih unggulan dengan teknik kawin silang adalah BAHARI (Sungai/Sei Batanghari, Jambi), TARIK (Sei Tarik, Jabar), KUMAI (Sei Kumai, Kalteng), dan JENEBE (Sei Jeneberang, SulSel).

Inovasi Pembuatan Rangka Sepeda dengan Sistem Cor

Teknopreneur.com - Rangka sepeda yang ada umumnya dibuat dari pipa yang disambung dengan pengelasan. Diperlukan teknologi bahan baku dan teknologi pengelasan yang relatif kompleks untuk produksi sepeda secara massal. Guna mengurangi ketergantungan pada pipa dan pengelasan yang kompleks, maka perlu alternatif proses produksi rangka sepeda yaitu menggunakan teknologi pengecoran sederhana.

Alat Pengukur Tingkat Kesegaran Ikan/Udang

Kesegaran adalah parameter untuk membedakan kualitas ikan. Ikan dikatakan masih segar jika perubahan-perubahan biokimia, mikrobiologi dan fisika yang terjadi belum menyebabkan kerusakan pada ikan. Kesegaran umumnya dideteksi dari tampak dan bau.

Alat pengukur tingkat kesegaran ikan dapat bekerja secara otomatis dengan metode akuatik frekuensi tinggi (ultrasonik) berbasis kontroler mikro. Metode yang digunakan bersifat tidak merusak (non-destructive), tidak menyentuh secara langsung ikan/udang dan praktis penerapannya.

Tablet Koagulan Keju yang Kaya Probiotik dari Abomasum Domba Lokal

Teknopreneur.com - Produksi keju di Indonesia masih belum mencukupi kebutuhan ditunjukkan oleh jumlah impor keju yang semakin meningkat. Peningkatan impor keju yang cepat belakangan ini, antara lain adalah akibat kemampuan produksi keju lokal yang rendah. Produksi keju yang rendah diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain keterbatasan bahan baku koagulan rennet.

Kanal Perifiton Sebagai Model Pengembangan Akuakultur di Indonesia

Teknopreneur.com - Sebagai negara maritim beriklim tropis, lndonesia memiliki sumber daya perairan yang luas dan kondisi yang sangat mendukung pertumbuhan populasi perifiton.

Perifiton berfungsi sebagai filter dan mampu menyerap atau mengakumulasi senyawa-senyawa konsentrat tinggi di perairan dan menjadikannya sebagai bio-conditioner atau penyeimbang sistem ekologis.

Sel Baterai Padat Lithium Berbentuk Lembaran Komposit dan Metoda Pembuatannya

Teknopreneur.com - Baterai padat lithium merupakan salah satu alat penyimpan energi tercanggih saat ini. Karena selain tahan lama, ia mempunyai kemampuan yang tinggi dan ramah lingkungan.

Baterai lithium yang banyak digunakan menggunakan matrik berbasis polimer/plastik. Jenis polimer sebagai matrik adalah PEO (Polyethelene Oxalate) untuk komposit elektrodanya dan PVDF (Polyvinyl Diflouride) untuk komposit elektrolitnya. Bahan matrik ini cukup mahal.

Pemantau Pesawat dengan Sistem Real-Time 3D Animasi

Teknopreneur.com - Keselamatan penerbangan menjadi isu yang krusial bagi bangsa lndonesia. Sistem Animasi Penerbangan Tiga Dimensi real-time dapat menjadi peralatan tambahan dari sistem peralatan penerbangan yang telah tersedia untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Sistem menampilkan posisi dan gerak pesawat secara real-time dalam format animasi 3 dimensi di ruang kendali (cockpit) sehingga pilot bisa melihat secara utuh gerak pesawat secara keseluruhan disertai parameter-parameter lainnya.

Bertanam Kentang Tanpa Tanah

Teknopreneur.com - Inovasi ini memanfaatkan teknologi aeroponik dan kultur jaringan untuk melipatgandakan benih kentang. Menggunakan peralatan dimodifikasi dan disederhanakan dari bahan-bahan yang tersedia di Indonesia, ternyata mampu menghasilkan benih kentang yang melimpah dari setek aklimatisasi kultur jaringan.

Solusi Aman Pengganti Garam Bleng

Teknopreneur.com - Garam bleng adalah campuran garam mineral yang digunakan secara luas untuk membuat makanan tradisional seperti kerupuk. Garam bleng mampu mengembangkan dan memberikan kekenyalan pada bahan, serta memberi aroma dan rasa yang khas. Garam bleng mengandung asam borat atau boraks yang berbahaya bagi kesehatan sehingga produk makanan yang dihasilkan menjadi tidak aman.

Pages