A (14) | B (13) | C (4) | D (4) | E (4) | F (3) | G (5) | I (7) | J (2) | K (8) | L (2) | M (10) | P (26) | R (3) | S (15) | T (15) | U (1) | V (1) | Y (1) | Z (2)

Bioinsektisida Buatan Sendiri dari Bacillus thuringiensis

Dipel adalah bakteri Bacillus thuringiensis yang secara alami mampu membunuh ulat serangga pengganggu dan pemakan daun namun aman bagi serangga lain, burung, ikan atau hewan berdarah panas.

Metoda sederhana pembiakan dipel (Bacillus thuringiensis subsp. kurtaki) dikembangkan menggunakan media dengan bahan baku limbah cair tahu dan onggok tapioka (2:1), serta kapur. Sebagai starter digunakan produk komersial dipel yang dilarutkan dalam air steril dengan kosentrasi 1 gram dipel per 1 liter air steril.

Biodiesel Unggul dari Kelapa Sawit

Teknopreneur.com - Saat ini Indonesia tercatat sebagai negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Ironinya, sebagian besar produk sawit diekspor dalam bentuk mentah, minyak sawit kasar atau crude palm oil (CPO). Untuk meningkatkan nilai tambah CPO, diperlukan teknologi untuk diversifikasi produk, diantaranya adalah metil ester atau biodiesel dan surfaktan.

Pewangian Beras Menggunakan Karbon Dioksida Cair

Teknopreneur.com - Nasi yang enak berasal dari beras yang baik, dan nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Konsumen kini semakin selektif dalam memilih beras berkualitas, bukan hanya tekstur saja tetapi juga aromanya.

Beras wangi alami kini sulit ditemui di pasar. Petani jarang menanam beras wangi karena memerlukan masa tanam yang lebih lama. Lagipula, beras ini mudah diserang hama karena aromanya menarik bagi hama. Di pihak lain, permintaan akan beras wangi terus meningkat.

Papan Tulis Interaktif

Teknopreneur.com - Tim dari SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto berhasil membuat inovasi Papan Tulis Interaktif, satu inovasi yang memungkinkan terjadinya sebuah kemudahan presentasi yang mampu menterjemahkan gerakan lampu LED pada sebuah pena yang terekam kamera menjadi format digital untuk kemudian ditampilkan di layar presentasi.

Pengatur Arus Listrik dengan Optocoupler pada setrika listrik

Teknopreneur.com - Peralatan rumah tangga seperti setrika listrik, oven, dan lain-lain yang menggunakan elemen pemanas umumnya memerlukan energi listrik yang besar dalam pengoperasiannya. Pada bangunan atau rumah dengan daya terpasang yang kecil tidak dimungkinkan pengoperasian 3-4 peralatan tersebut secara bersamaan.Teknologi switching memungkinkan pembagian daya secara bergantian kepada peralatan-peralatan yang membutuhkan daya listrik tinggi tanpa mengurangi kualitas panas yang dihasilkannya.

Zat Pengatur Tumbuh untuk Meningkatkan Produksi Umbi Mini Kentang

Teknopreneur.com - Umbi bibit kentang masih harus diimpor dari luar negeri karena iklim tropis yang hangat mengakumulasi mikroorganisme yang mengganggu pembibitan. Teknologi kultur jaringan memberikan alternatif solusi, melalui perbanyakan tanaman kentang mini yang menghasilkan umbi bibit mini dalam lingkungan yang dikondisikan. Untuk itu, tantangannya adalah menghasilkan umbi mini sebanyak mungkin di lahan terkondisi yang mahal.

Pengembangan Tanaman Jeruk Transgenik Tahan Penyakit CVPD dan Transformasi In Plata

Uji Ketahanan CVPD

Beberapa jenis tanaman jeruk Indonesia nyaris punah akibat penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) yang diakibatkan bakteri Liberobacter asiaticum. Penyakit ini belum bisa ditanggulangi karena patogen penyebab penyakit tidak bisa dibiakkan pada media buatan. Metoda marker DNA dan tagging mutasi T-DNA berhasil mengisolasikan gen ketahanan terhadap penyakit CVPD (gen CVPDr) dari tanaman jeruk Kinkit (Triphasia trifoliata).

Konsumsi Jamu Hindarkan Flu Burung

Avian Influenza tipe A atau H5N1 atau akrab disebut flu burung ini telah merenggut nyawa lebih dari ratusan jiwa di Indonesia. Selain menimbulkan penyakit virus ini juga menyebabkan kerugian dalam bidang ekonomi karena satu saja unggas yang terjangkit virus maka semua unggas yang di sekitar harus dimusnahkan agar tidak menular.Kini memang sudah ada penangkalnya yakni obat Tamiflu dan Amantadine, yang sepenuhnya produk impor. Selain itu obat ini mulai memicu resistensi pada virus H5N1.

Bahan Pengawet Alami Pada Pengolahan Ikan Asin Manfaatkan Limbah Invertibrata

Teknopreneur.com - Pemakaian Formalin sebagai pengawet bahan pangan telah menjadi kontroversi serius, karena formalin bukan pengawet untuk makanan, dan selain itu, bisa beresiko serius pada kesehatan jika pemakaiannya dilakukan secara sembrono. Kitosan menawarkan substitusi alami yang aman, karena dibuat dari limbah pengolahan makanan, yaitu limbah invertebrata laut, seperti udang atau kepiting.

Celengan Pupuk Zeolit

Teknopreneur.com - Salah satu upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi urea adalah dengan memodifikasinya menjadi pupuk lepas lambat / slow release fertilizer (SRF).

Pupuk diubah menjadi butiran lebih besar yang lebih sukar larut dan dicampur zeolit alam yang mampu mengendalikan kecepatan pelepasan unsur-unsur nutrien pupuk yang mudah hilang akibat larut dalam air, menguap atau proses denitrifikasi terhadap pupuk itu sendiri.

Minuman Herbal Penurun Kolesterol

Teknopreneur.com - Daun cincau (Premna oblongifolia Merr.) yang selama ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat, ternyata mengandung klorofil yang relatif tinggi (1.709 ppm) dibandingkan jenis daun lainnya seperti murbei (844 ppm), katuk (1.509 ppm), dan pegagan (832 ppm).

Klorofil alami mengandung ion Mg yang mudah bereaksi sehingga waktu simpannya relatif terbatas. Dengan mengganti ion Mg dengan mineral mikro Cu akan diperoleh bubuk ekstrak Cu turunan klorofil yang relatif stabil, daya simpan lebih lama, dan tidak mudah rusak akibat pengaruh eksternal.

Kecap Lezat Berbahan Biji Durian

Teknopreneur.com - Buah durian tidak hanya lezat dimakan dagingnya, tetapi bijinya juga dapat diproses untuk kemudian dijadikan berbagai produk seperti kecap, kerupuk, zat pewarna tekstil, dan briket karbon. Dengan menggunakan jamur Rhizopus oryzae, maka biji durian dapat difermentasi untuk dijadikan kecap. Produk turunan dari ampas dapat dijadikan kerupuk. Air limbah menjadi zat pewarna tekstil dan kulit biji durian menjadi bahan briket karbon.

Teknologi Bibit Singkong Sambung

Teknopreneur.com - Singkong semakin diminati oleh pihak industri sehingga diperlukan peningkatan produktivitas dengan berbagai inovasi yang murah dan mudah diaplikasikan. Singkong sambung adalah hasil okulasi antara singkong lokal ( Manihot esculenta) terseleksi yang berumbi panjang, banyak, pati tinggi, dan rasa enak dengan singkong karet ( Manihot glaziovii) yang berdaun lebat dan tahan serangan kutu merah daun.

Pemanfaatan Limbah Santan Kelapa Untuk Nata de Coco.

Teknopreneur.com - Dalam pembuatan VCO ( Virgin Coconut Oil), bagian santan kelapa yang diambil adalah bagian krim saja dan meninggalkan skim santan dalam jumlah yang cukup banyak. Namun biasanya skim ini hanya dibuang karena sudah tidak menghasilkan minyak lagi. Hal tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan sekaligus kurang efisien karena skim santan masih mengandung protein, karbohidrat, dan mineral sehingga berpotensi untuk dijadikan sebagai medium perkembangan bakteri seperti  Acetobacter xyliumdalam produksi Nata de Coco.

Cooling Tower Aliran Silang Menggunakan Kontaktor Hollow Fiber

Teknopreneur.com - Metode pendinginan dengan air dikenal sebagai cooling water sistem tertutup atau terbuka. Kelemahan sistem tertutup adalah sangat lambat dan prosesnya mahal; sedangkan sistem terbuka membutuhkan ruang yang besar serta rentan terhadap kontaminasi dan kehilangan air karena peristiwa wind loss.

Penemuan ini menggunakan membran hollow fiber hidrofobik mikroporous, yang permeabel terhadap uap tetapi tidak permeabel terhadap air untuk cooling tower sirkulasi tertutup.

Emulsifer Nabati Murah dari Minyak Sawit

Teknopreneur.com - Pengemulsi (emulsifer) adalah bahan yang mampu menyatukan dua jenis larutan yang umumnya tidak bisa menyatu, sperti air dan minyak. Emulsifer banyak digunakan di industri obat-obatan, kesehatan dan makanan, seperti es krim, margarin, mayonnaise dan lain-lain.

MonoAcylGlycerol (MAG) dan DiAcylGlicerol (DAG) atau biasa disingkat mono- dan di-asilgliserol (MDAG) adalah salah satu emulsifer yang aman digunakan sebagai bahan makanan dan bernilai ekonomis tinggi.

Teknologi Tenaga Surya Hibrida (Hybrid Solar Dryer/HSD) untuk Pengovenan Tembakau Virginia

Teknopreneur.com - Minyak tanah adalah bahan bakar yang umum digunakan untuk mengoven tembakau jenis Virginia oleh petani tradisional. Harga BBM yang melambung tinggi membuat harga jual tembakau menjadi tidak bersaing dan mengancam kelangsungan usaha para petani tembakau lokal.

Inovasi ini memperkenalkan teknologi tenaga surya hibrida (Hybrid Solar Dryer/HSD), yaitu menggunakan sumber tenaga surya dikombinasikan dengan input energi lain, seperti sekam dan kayu limbah/briket sekam hingga LPG dan batubara.

Teh Celup Herbal Daun Sirsak

Teknopreneur.com - Pasar minuman berbahan dasar teh sangat terbuka luas, sebaran produknya juga luas dengan merek dan kegunaan yang beragam.Penggemar minuman teh berasal dari semua umur dan bangsa yang merupakan pangsa yang sangat besar karena teh sudah menjadi minuman sehari-hari sejak dulu.

Bahan Aktif Tabir Surya dari Biji Mangrove

Teknopreneur.com - Tanaman bakau atau mangrove( Xylocarpus Sp.) banyak tumbuh di pantai-pantai di lndonesia. Selain berfungsi sebagai penahan abrasi pantai, biji mangrove pun dapat dikembangkan sebagai bahan pembuat tabir surya.

Ekstrak biji mangrove, sebagai bahan pembuat tabir surya ini, dapat diperoleh dengan melakukan pemotongan bahan, pengeringan, pembubukan, maserasi, penyaringan dan pengeringan filtrat.

Cabai Semi Keriting Mempesona

Teknopreneur.com - Varietas cabai semi keriting Pesona IPB merupakan varietas non hibrida hasil persilangan antar genotipe yaitu IPB CI 20 (cabai keriting asal Sumatera Barat) dan IPB C5 (cabai besar). Varietas ini mempunyai tingkat kepedasan tinggi, kadar capsaicin 1.241,69±41,54 ppm atau setara 18.625,35 scoville, buahnya banyak, ukurannya besar, serta bentuknya lurus, dan permukaan tidak terlalu licin.Produktivitas Pesona IPB mencapai 1,11 kg, lebih tinggi dibandingkan dengan empat varietas pembanding yaitu Gelora, Lembang, Tit Super dan Trisula.

Pegagan, Rumput Liar Penyembuh Penyakit Mematikan

Siapa sangka rumpu liar yang biasa ditemukan di pinggir jalan ternyata mampu menyembuhkan penyakit mematikan semacam darah tinggi. Pegagan mengandung senyawa golongan flavonoid sebagai inhibitor hipertensi berbasis tanaman obat pegagan dimana formula ini dapat menghambat aktivitas ACE sehingga dapat mencegah darah tinggi atau hipertensi. ACE merupakan Angiontensin Converting Enzyme yang apabila meningkat bisa menyebabkan pembentukan angiotensisn II yang menyebabkan penyakit yang menjadi pembunuh nomor tiga di dunia.

Sel Baterai Padat Lithium Berbentuk Lembaran Komposit dan Metoda Pembuatannya

Teknopreneur.com - Baterai padat lithium merupakan salah satu alat penyimpan energi tercanggih saat ini. Karena selain tahan lama, ia mempunyai kemampuan yang tinggi dan ramah lingkungan.

Baterai lithium yang banyak digunakan menggunakan matrik berbasis polimer/plastik. Jenis polimer sebagai matrik adalah PEO (Polyethelene Oxalate) untuk komposit elektrodanya dan PVDF (Polyvinyl Diflouride) untuk komposit elektrolitnya. Bahan matrik ini cukup mahal.

Dispenser Yoghurt

Yoghurt, selain sehat, mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi. Salah satu masalah pengembangan usaha untuk produk ini di skala UMKM dan industri adalah resiko kontaminasi. Kontaminasi akan membuat yoghurt yang dihasilkan lebih cepat masam dan tidak lagi segar ketika disajikan bagi konsumen.

Pages