A (14) | B (13) | C (4) | D (4) | E (4) | F (3) | G (5) | I (7) | J (2) | K (8) | L (2) | M (10) | P (26) | R (3) | S (15) | T (15) | U (1) | V (1) | Y (1) | Z (2)

Genotipe Jagung Unggulan Manis dan Nirmanis

Teknopreneur.com - Secara alami, makhluk hidup akan mengalami seleksi alam dengan hilangnya sifat-sifat resesif pada keturunannya. Bagaimana bila sifat resesif yang hilang adalah sifat yang justru unggul dan diinginkan?

Banyak cara dapat ditempuh, dan cara pemuliaan walaupun membutuhkan waktu yang cukup panjang adalah cara yang paling alami dan aman.

Pemuliaan dilakukan pada jagung manis menghilangkan sifat tidak unggul seperti viabilitas benih rendah, vigor vegetatif yang buruk, shelf time pendek serta rentan terhadap hama dan penyakit tanaman.

Keju dari Susu Kambing

https://www.google.com/search?q=chese&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=CyOoUu-bGMfArAfevIDYCQ&ved=0CAcQ_AUoAQ&biw=1366&bih=624#q=cheese&tbm=isch&facrc=_&imgdii=_&imgrc=Is4u9ViDMyNmmM%3A%3BohGJ-llIEypgiM%3Bhttp%253A%252F%252Fcreeklic.com%252Fsites%252Fproduction%252Ffiles%252Fevent-images%252Ftumblr_static_cheese_205_1362800142.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Fcreeklic.com%252Fevent%252Fmic-and-cheese-0%3B1400%3B1363

kebanyakan orang menyangka bahan baku keju adalah susu sapi. Padahal susu kambing pun bisa digunakan sebagai bahan baku pembuat keju. Susu kambing bahkan lebih unggul dibanding dengan susu sapi, antara lain kadar laktosanya yang lebih rendah,ukuran globula lemaknya yang lebih kecul, kadar MCFA dan nukleutidanya yang lebih tinggi, memiliki sifat antiseptik alami serta mampu membantu menekan pertumbuhan bakteri dalam tubuh. 

Alat Sortir Otomatis Untuk Ikan

Teknopreneur.com - Penggunaan teknologi komputer dan aplikasinya telah masuk juga ke budidaya ikan. Salah satunya adalah alat sortir dan penghitung ikan hidup untuk memudahkan penyortiran dan penghitungan ikan hidup sebagai ikan budidaya dengan menggunakan komputer dan pengolahan citra digital hasil deteksi kamera CCD.

Alat ini merupakan integrasi hardware dan software yang bekerja secara simultan melakukan proses pemilihan dan penyortiran ikan hidup.

Bertanam Kentang Tanpa Tanah

Teknopreneur.com - Inovasi ini memanfaatkan teknologi aeroponik dan kultur jaringan untuk melipatgandakan benih kentang. Menggunakan peralatan dimodifikasi dan disederhanakan dari bahan-bahan yang tersedia di Indonesia, ternyata mampu menghasilkan benih kentang yang melimpah dari setek aklimatisasi kultur jaringan.

Sosrobahu: Landasan Putar Bebas Hambatan

Teknopreneur.com - Pembangunan jalan layang umumnya menimbulkan kemacetan saat pengecoran pada tiang penyangga karena menyita badan jalan di bawahnya.

Sosrobahu memungkinkan orientasi (arah) kepala tiang penyangga yang dipisah dengan tiangnya, dibuat sejajar dengan jalan agar tidak mengganggu lalu lintas dibawahnya. Kemudian kepala tiang dengan alat Sosrobahu diputar tegak lurus as jalan. Menggunakan prinsip hidrolik, Sosrobahu terdiri atas 2 lempeng piring, piring atas sebagai piston dan yang bawah sebagai silinder.

Aquabat untuk Bahan Bakar Boiler

Teknopreneur.com - Aquabat merupakan bentuk pemanfaatan batubara berperingkat rendah untuk dapat digunakan sebagai bahan bakar boiler. Aquabat terbuat dati campuran batubara halus, air, dan zat aditif yang membentuk suspensi kental homogen. Batubara peringkat rendah diproses melalui proses upgrade brown coal (UBC) atau hot thermal drying (HTD) yang menghasilkan bahan baku yang dapat memproduksi aquabat dengan sifat alir dan sifat pembakaran yang baik.

E-Paper Murah Untuk Handphone

Teknopreneur.com - Inovasi ini memperkenalkan Bi-Stable Electronic Paper Device, sebuah layar serupa kertas elektronik yang dapat berfungsi layaknya sebuah monitor berukuran besar bagi telepon genggam kita.

 

Perangkat ini bekerja dengan menampilkan dan melakukan navigasi seluruh aplikasi yang ada di dalam telepon genggam dengan menggunakan koneksi Bluetooth.

 

Dengan demikian untuk teknologi kertas elektronik ini, tidak diperlukan prosesor, memori, penyimpanan, dan alat koneksi (GPRS, 3G, WiFi) tambahan atau terpisah.

 

Komposisi dan Proses Pembuatan Pupuk Organik Cair Multi Manfaat

Teknopreneur.com - Bio-HaraPlus menawarkan alternatif pupuk organik cair yang dapat digunakan sebagai pupuk atau nutrisi tanaman pertanian yang sekaligus mengandung pestisida organik. Hal ini terwujud dari perpaduan antara materi pupuk organik seperti kotoran sapi dan guano dengan bahan-bahan pestisida organik seperti batang tanaman Brotowali, daun Mimba, dan ekstrak buah Mengkudu.

Pemantau Pesawat dengan Sistem Real-Time 3D Animasi

Teknopreneur.com - Keselamatan penerbangan menjadi isu yang krusial bagi bangsa lndonesia. Sistem Animasi Penerbangan Tiga Dimensi real-time dapat menjadi peralatan tambahan dari sistem peralatan penerbangan yang telah tersedia untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Sistem menampilkan posisi dan gerak pesawat secara real-time dalam format animasi 3 dimensi di ruang kendali (cockpit) sehingga pilot bisa melihat secara utuh gerak pesawat secara keseluruhan disertai parameter-parameter lainnya.

Inovasi Kapal Katamaran

Teknopreneur.com - Kapal katamaran, berbeda dengan kapal tradisional, adalah kapal yang memiliki dua lambung yang terikat menjadi satu dengan daya angkut lebih besar, sehingga cocok di perairan dangkal dan lebih stabil dibanding kapal berlambung 1.

Penggunaan kapal katamaran kecepatan tinggi menimbulkan masalah ombak gelombang ketika bergerak, yang dapat menggangu kapal lainnya dan bahkan bisa menyebabkan erosi pada dinding sungai.

Software Notulensi Rapat, Mengubah Suara Menjadi Text

Teknopreneur.com - Pada sebuah rapat, notulis akan mencatat percakapan yang terjadi sebatas pada kemampuannya mengingat dan mendengar. Alat perekam dapat digunakan, namun mengubahnya menjadi catatan tertulis tetap membutuhkan waktu.

 

Piranti lunak komputer yang mampu mengerti ucapan manusia dan mengubahnya menjadi tulisan telah dikembangkan dalam berbagai bahasa dan pengembangan untuk bahasa Indonesia masih terus dilakukan.

 

Roti Penyehat Jantung

Teknopreneur.com - Pengujian obat-obatan bagi manusia memerlukan waktu dan metoda yang dapat dipertanggungjawabkan.

Proses pengujian zat aktif di dalam tanaman Sukun menghasilkan beberapa penemuan, antara lain metoda ekstraksi dan pengujian yang baru serta pembuktian bahwa ekstrak tanaman Sukun ternyata dapat digunakan sebagai obat Cardio Vascular.

Setelah proses ekstraksi, khasiat zat aktif tanaman Sukun dibuktikan dengan pembandingan menggunakan obat cardio vascularyang telah terbukti pada tikus putih dewasa.

Sistem Otomasi Industri

Teknopreneur.com Modul remote I/O merupakan modul elektronik data akusisi untuk telemetering dan telesignaling, menggunakan protokol komunikasi modbus RTU dan modbus TCP standar industri. Modul dilengkapi dengan pengaman anti short circuit dan fungsi cloning I/O untuk ekspansi I/O pada sistem otomasi industri yang out-of-date.

Serbuk Minuman Penambah Stamina dengan Bahan Baku Hewan Moluska

Teknopreneur.com  - Kesibukan masyarakat yang tinggi memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Secara tradisional banyak ditemui minuman penambah stamina menggunakan bahan dari hewan laut moluska seperti Lintah laut, Keong Mata Lembu, Kerang Pokea dan Ipong-Ipong. Penelitian menunjukkan adanya komponen aktif penambah stamina seperti taurin dan antioksidan pada Lintah Laut, juga vitamin B12 pada Kerang Pokea.

Aditif Pelumas Super Ramah Lingkungan

Teknopreneur.com - seiring dengan peningkatan kebutuhan pelumas kendaraan di Indonesia, terjadi pengingkatan ketergantungan pada aditif pelumas impor. Aditif pelumas digunakan untuk meningkatkan indeks viskositas dan memperbaiki karakteristik pelumas.Inovasi ini mengembangkan proses produksi aditif pelumas kopolimer poliisoprena-metil metakrilat dengan poliisoprtena dari karet alam. Produk lokal ini akan mengurangi ketergantungan pada impor.Proses kopolimerisasi dilakukan menggunakan teknologi iradiasi gama yang cepat, mudah, dan tidak meninggalkan residu kimia.

Pengatur Arus Listrik dengan Optocoupler pada setrika listrik

Teknopreneur.com - Peralatan rumah tangga seperti setrika listrik, oven, dan lain-lain yang menggunakan elemen pemanas umumnya memerlukan energi listrik yang besar dalam pengoperasiannya. Pada bangunan atau rumah dengan daya terpasang yang kecil tidak dimungkinkan pengoperasian 3-4 peralatan tersebut secara bersamaan.Teknologi switching memungkinkan pembagian daya secara bergantian kepada peralatan-peralatan yang membutuhkan daya listrik tinggi tanpa mengurangi kualitas panas yang dihasilkannya.

Vaksin DNA Ikan

Teknopreneur.com - Virus dan kelompok Herpesvirideae bersifat laten dalam tubuh ikan dan menunggu hingga kondisinya memungkinkan untuk menginfeksi ikan carrier (pembawa virus). Ikan ini dapat menjadi sumber penyakit dan dapat menular ke ikan yang lain dalam ekosistem yang sama.

Jamu Untuk Ayam Broiler Tingkatkan Metabolisme Pencernaan

Suplemen jamu bagi unggas (ayam ternak broiler) ini dibuat dari kombinasi buah-buahan tropis alami, squalene dan sari umbi manggata (rumput teki) dan difermentasi selama 6 bulan.

Kandungan nutrisi alami mampu diserap dengan baik oleh unggas dan meningkatkan mutu sistem pencernaan unggas ketika dewasa, sehingga daya serap makanan meningkat, perbandingan berat pakan dengan berat hewan (feed conversion ratio) menurun, begitu pula dengan tingkat kematian unggas.

Imunisasi Anak Sapi dengan Kolostrum

Teknopreneur.com - Kematian pada anak sapi yang baru lahir merupakan permasalahan bagi para peternak sapi. Salah satu penyebab kematuan adalah penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri Enterotoxigenic Escherichia coli(ETEC). Selama ini peternak menggunakan antibiotik, namun penggunaan antiobiotik sudah menunjukan tingkat resistensi yang cukup tinggi.

Dari Sapi untuk Ikan

Teknopreneur.com - Pakan ikan, udang, dan unggas merupakan kunci vital dalam budidaya ternak. Tingginya harga pakan membuat peternak kesulitan mendapatkan keuntungan. Pakan yang terbuat dari kotoran sapi yang masih mengandung protein dan gizi cukup tinggi dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut.Sapi diberikan formulasi bakteri tertentu sehingga menghasilkan kotoran yang tidak berbau.

Tepung Jamur WeiQi Penyedap Masakan

Teknopreneur.com - WeiQi is an instant seasoning powder based from mushroom and also served as soup and sauce. It offerss unique mushroom powder flavour and is very practical to use.

Besides being a flavor enhancer, WeiQi contains 3.2 g fiber per serving; exceeds the content of half bowl of spinach (2.2 g) or equals to an apple eaten with the skin. WeiQi is the alternative solution for people who do not use MSG for flavour enhancer.

Biodiesel Unggul dari Kelapa Sawit

Teknopreneur.com - Saat ini Indonesia tercatat sebagai negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Ironinya, sebagian besar produk sawit diekspor dalam bentuk mentah, minyak sawit kasar atau crude palm oil (CPO). Untuk meningkatkan nilai tambah CPO, diperlukan teknologi untuk diversifikasi produk, diantaranya adalah metil ester atau biodiesel dan surfaktan.

Sistem Pengepakan Ikan Agar Tetap Hidup dan Bernilai Tinggi

Teknopreneur.com - Teknologi pengepakan menjadi kunci keberhasilan dalam pengiriman ikan dengan kuantitas dan kualitas yang baik serta biaya seminimal mungkin.

Zeogracc adalah inovasi teknologi pengepakan ikan yang berbasis formulasi sumber daya lokal, seperti Zeolite, arangaktif, cloveoil, dan salat. Zeogracc dikemas dan ditempatkan di dalam media sistem transportasi.

iMuno-Chick: Suplemen Unggas Berbasis Tepung Cacing Tanah

Teknopreneur.com - iMunno-Chick is a feed supplement from natural ingredients that can imporve pultry performance and imunity. This product is formulated with high protein and balanced amino acid contents.

iMunno-Chick also enhances the poultry immunity because it contains bioactive, a natural substitute for antibiotics, that can inhibit Salmonella pullorum growth inside poultry’s digestion system.

Pages