A (14) | B (13) | C (4) | D (4) | E (4) | F (3) | G (5) | I (7) | J (2) | K (8) | L (2) | M (10) | P (26) | R (3) | S (15) | T (15) | U (1) | V (1) | Y (1) | Z (2)

Peluru Pun Mental Karena Tulang Ikan

Perang timur tengah tak terelakan banyak peluru yang jatuh bagaikan hujan,korban-korban pun mulai berjatuhan. Tentara butuh peralatan dan perlindungan dari serangan militer  salah satunya adalah bahan kevlar rompi tahan peluru yang dikombinasikan dengan komposit keramik performa tinggi. Material yang digunakan antara lain adalah hidroksiapatit untuk membentuk bioekeramik. Komposit keramik bisa juga di bidang otomotif,penyaring partikel pada mesin diesel dan juga menjadi subsitusi produk piezoceramic sensor.

Pengatur Arus Listrik dengan Optocoupler pada setrika listrik

Teknopreneur.com - Peralatan rumah tangga seperti setrika listrik, oven, dan lain-lain yang menggunakan elemen pemanas umumnya memerlukan energi listrik yang besar dalam pengoperasiannya. Pada bangunan atau rumah dengan daya terpasang yang kecil tidak dimungkinkan pengoperasian 3-4 peralatan tersebut secara bersamaan.Teknologi switching memungkinkan pembagian daya secara bergantian kepada peralatan-peralatan yang membutuhkan daya listrik tinggi tanpa mengurangi kualitas panas yang dihasilkannya.

Pembuatan Emulsifier Mono- dan Di- AsilGliserol dari Minyak Sawit

Pengemulsi (emulsifer) adalah bahan yang mampu menyatukan dua jenis larutan yang umumnya tidak bisa menyatu, seperti air dan minyak. Emulsifer banyak digunakan di industri obat-obatan, kesehatan dan makanan, seperti es krim, margarin, mayonnaise dan lain-lain.

MonoAcylGlycerol (MAG) dan DiAcylGlicerol (DAG) atau biasa disingkat mono- dan di-asilgliserol (MDAG) adalah salah satu emulsifer yang aman digunakan sebagai bahan makanan dan bernilai ekonomis tinggi.

Pegagan, Rumput Liar Penyembuh Penyakit Mematikan

Siapa sangka rumpu liar yang biasa ditemukan di pinggir jalan ternyata mampu menyembuhkan penyakit mematikan semacam darah tinggi. Pegagan mengandung senyawa golongan flavonoid sebagai inhibitor hipertensi berbasis tanaman obat pegagan dimana formula ini dapat menghambat aktivitas ACE sehingga dapat mencegah darah tinggi atau hipertensi. ACE merupakan Angiontensin Converting Enzyme yang apabila meningkat bisa menyebabkan pembentukan angiotensisn II yang menyebabkan penyakit yang menjadi pembunuh nomor tiga di dunia.

Peningkatan Indeks Pertanaman Padi dan Kedelai di Lahan Pasang Surut

Teknopreneur.com - Lahan pasang surut apabila dikelola secara tepat depat dijadikan sebagai areal pertanian yang produktif. Pengembangan lahan ini dapat mendukung peningkatan ketahanan pangan. Untuk mengembangkan lahan pasang surut ini juga harus dibarengi oleh upaya peningkatan indeks pertanaman (IP), yaitu beberapa kali dalam setahun suatu lahan dapat ditanami.

Pemantau Pesawat dengan Sistem Real-Time 3D Animasi

Teknopreneur.com - Keselamatan penerbangan menjadi isu yang krusial bagi bangsa lndonesia. Sistem Animasi Penerbangan Tiga Dimensi real-time dapat menjadi peralatan tambahan dari sistem peralatan penerbangan yang telah tersedia untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Sistem menampilkan posisi dan gerak pesawat secara real-time dalam format animasi 3 dimensi di ruang kendali (cockpit) sehingga pilot bisa melihat secara utuh gerak pesawat secara keseluruhan disertai parameter-parameter lainnya.

Papan Tulis Interaktif

Teknopreneur.com - Tim dari SMK Tujuh Lima 2 Purwokerto berhasil membuat inovasi Papan Tulis Interaktif, satu inovasi yang memungkinkan terjadinya sebuah kemudahan presentasi yang mampu menterjemahkan gerakan lampu LED pada sebuah pena yang terekam kamera menjadi format digital untuk kemudian ditampilkan di layar presentasi.

Pelet Ikan Bervaksin Antibakteria Aeromonas hydrophia

Teknopreneur.com - Pembuatan vaksin pada umumnya dilakukan dengan meminjam inang yang sehat untuk ditularkan penyakit atau unsur yang berbahaya, agar terbentuk antibodi yang dapat digunakan untuk menyembuhkan. Hal ini direplikasi secara berbeda dengan cara meminjam ayam yang sehat untuk menghasilkan kuning telur dengan anti bakteria Aeromonas hydrophia yang menyerang ikan air tawar.

Pengembangan Tanaman Jeruk Transgenik Tahan Penyakit CVPD dan Transformasi In Plata

Uji Ketahanan CVPD

Beberapa jenis tanaman jeruk Indonesia nyaris punah akibat penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) yang diakibatkan bakteri Liberobacter asiaticum. Penyakit ini belum bisa ditanggulangi karena patogen penyebab penyakit tidak bisa dibiakkan pada media buatan. Metoda marker DNA dan tagging mutasi T-DNA berhasil mengisolasikan gen ketahanan terhadap penyakit CVPD (gen CVPDr) dari tanaman jeruk Kinkit (Triphasia trifoliata).

Pewangian Beras Menggunakan Karbon Dioksida Cair

Teknopreneur.com - Nasi yang enak berasal dari beras yang baik, dan nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Konsumen kini semakin selektif dalam memilih beras berkualitas, bukan hanya tekstur saja tetapi juga aromanya.

Beras wangi alami kini sulit ditemui di pasar. Petani jarang menanam beras wangi karena memerlukan masa tanam yang lebih lama. Lagipula, beras ini mudah diserang hama karena aromanya menarik bagi hama. Di pihak lain, permintaan akan beras wangi terus meningkat.

Produksi Pelet dari Kotoran Sapi

Teknopreneur.com - Pakan ikan, udang, dan unggas merupakan kunci vital dalam budidaya ternak. Tingginya harga pakan membuat peternak kesulitan mendapatkan keuntungan. Pakan yang terbuat dari kotoran sapi yang masih mengandung protein dan gizi cukup tinggi dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut.

Sapi diberikan formulasi bakteri tertentu sehingga menghasilkan kotoran yang tidak berbau. Kotoran sapi yang dihasilkan kemudian diproses menjadi pelet untuk pakan ikan, udang, dan unggas.

Pemanfaatan Onggok Sebagai Media Tanam Jamur Tiram

Teknopreneur.com - Onggok adalah limbah pabrik tapioka yang berpotensi mencemari lingkungan. Mengolah onggok menjadi produk berguna akan mengurangi potensi pencemaran lingkungan. Inovasi ini mengubah onggok menjadi media pertumbuhan jamur tiram, sebagai sumber Beta Glukan yang bernilai ekonomis tinggi. Beta Glukan sendiri bisa digunakan sebagai antimikroba, antikanker dan meningkatkan imunitas tubuh ( immunomodulator).

Pemanfaatan Limbah Santan Kelapa Untuk Nata de Coco.

Teknopreneur.com - Dalam pembuatan VCO ( Virgin Coconut Oil), bagian santan kelapa yang diambil adalah bagian krim saja dan meninggalkan skim santan dalam jumlah yang cukup banyak. Namun biasanya skim ini hanya dibuang karena sudah tidak menghasilkan minyak lagi. Hal tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan sekaligus kurang efisien karena skim santan masih mengandung protein, karbohidrat, dan mineral sehingga berpotensi untuk dijadikan sebagai medium perkembangan bakteri seperti  Acetobacter xyliumdalam produksi Nata de Coco.

Pemanfaatan Kulit Kayu Mahoni Sebagai Antioksidan, Antirayap, Antidiabetes, dan Antikolesterol

teknopreneur.com - Kulit kayu Mahoni selama ini tidak dimanfaatkan, bahkan dianggap sebagai limbah pada industri pengolahan kayu. Penelitian menunjukkan bahwa dalam Kayu Mahoni terdapat berbagai senyawa bioaktif yang memiliki fungsi sebagai antioksidan, antirayap, antidiabetes dan antikolesterol. Kulit kayu Mahoni kemudian diekstraksi dengan menggunakan berbagai pelarut; methanol, acetone dan air panas.