A (14) | B (13) | C (4) | D (4) | E (4) | F (3) | G (5) | I (7) | J (2) | K (8) | L (2) | M (10) | P (26) | R (3) | S (15) | T (15) | U (1) | V (1) | Y (1) | Z (2)

Pemantau Pesawat dengan Sistem Real-Time 3D Animasi

Teknopreneur.com - Keselamatan penerbangan menjadi isu yang krusial bagi bangsa lndonesia. Sistem Animasi Penerbangan Tiga Dimensi real-time dapat menjadi peralatan tambahan dari sistem peralatan penerbangan yang telah tersedia untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Sistem menampilkan posisi dan gerak pesawat secara real-time dalam format animasi 3 dimensi di ruang kendali (cockpit) sehingga pilot bisa melihat secara utuh gerak pesawat secara keseluruhan disertai parameter-parameter lainnya.

Software Notulensi Rapat, Mengubah Suara Menjadi Text

Teknopreneur.com - Pada sebuah rapat, notulis akan mencatat percakapan yang terjadi sebatas pada kemampuannya mengingat dan mendengar. Alat perekam dapat digunakan, namun mengubahnya menjadi catatan tertulis tetap membutuhkan waktu.

 

Piranti lunak komputer yang mampu mengerti ucapan manusia dan mengubahnya menjadi tulisan telah dikembangkan dalam berbagai bahasa dan pengembangan untuk bahasa Indonesia masih terus dilakukan.

 

Sistem Penggerak Mobil Listrik Kompak nan Efisien

Teknopreneur.com - Mobil listrik digerakkan oleh motor listrik dengan energi dari baterai isi ulang. Beberapa perbaikan dan penyempurnaan dilakukan, terutama sistem penggerak mobil listrik dibuat menjadi lebih kompak, aman dan efisien.

Sistem penggerak dimodifikasi sehingga hanya menggunakan 1 solenoid, sedangkan fungsi 3 solenoid lainnya digantikan dengan saklar mekanisme maju mundur yang dioperasikan secara manual agar pengguna dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

Produksi Pelet dari Kotoran Sapi

Teknopreneur.com - Pakan ikan, udang, dan unggas merupakan kunci vital dalam budidaya ternak. Tingginya harga pakan membuat peternak kesulitan mendapatkan keuntungan. Pakan yang terbuat dari kotoran sapi yang masih mengandung protein dan gizi cukup tinggi dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut.

Sapi diberikan formulasi bakteri tertentu sehingga menghasilkan kotoran yang tidak berbau. Kotoran sapi yang dihasilkan kemudian diproses menjadi pelet untuk pakan ikan, udang, dan unggas.

Biskuit Bergizi Tinggi Berbasis Tepung Ikan Lele

Teknopreneur.com - Biskuit adalah jenis makanan yang disukai berbagai kalangan dan usia, terutama anak-anak. Upaya perbaikan gizi akan lebih mudah diterima anak-anak melalui pemberian makanan tambahan atau fungsional yang dikenal dan disukai oleh mereka. Inovasi ini memanfaatkan tepung daging ikan lele (Clarias sp.) yang kaya akan protein serta tepung kepalanya yang kaya dengan kalsium sebagai bahan baku biskuit fungsional. Pada tahap uji klinis, biskuit ini disukai balita dan telah terbukti dapat meningkatkan berat badan dan daya tahan tubuh mereka.

Mesin Pemingsan Udang dan Ikan

alat pemngsan udang

Menjaga kesegaran ikan dan udang di perjalanan menjadi permasalahan dalam mejaga kualitas tetap baik, sehingga tidak menurunkan harga jual. Pembekuan saja tidak cukup, dan membawa ikan dalam keadaan hidup di dalam air selain tidak efisien juga berat bobotnya. Mesin pemingsan udang dan ikan dibuat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mesin yang bekerja menggunakan water chiller, bak pemingsanan dan aerator menerapkan pola penurunan suhu bertahap dan waktu pemingsanan dengan sistem pengontrolan suhu dan waktu otomatik menggunakan kontroler mikro.

Teknologi Tenaga Surya Hibrida (Hybrid Solar Dryer/HSD) untuk Pengovenan Tembakau Virginia

Teknopreneur.com - Minyak tanah adalah bahan bakar yang umum digunakan untuk mengoven tembakau jenis Virginia oleh petani tradisional. Harga BBM yang melambung tinggi membuat harga jual tembakau menjadi tidak bersaing dan mengancam kelangsungan usaha para petani tembakau lokal.

Inovasi ini memperkenalkan teknologi tenaga surya hibrida (Hybrid Solar Dryer/HSD), yaitu menggunakan sumber tenaga surya dikombinasikan dengan input energi lain, seperti sekam dan kayu limbah/briket sekam hingga LPG dan batubara.

Pemanfaatan Kulit Kayu Mahoni Sebagai Antioksidan, Antirayap, Antidiabetes, dan Antikolesterol

teknopreneur.com - Kulit kayu Mahoni selama ini tidak dimanfaatkan, bahkan dianggap sebagai limbah pada industri pengolahan kayu. Penelitian menunjukkan bahwa dalam Kayu Mahoni terdapat berbagai senyawa bioaktif yang memiliki fungsi sebagai antioksidan, antirayap, antidiabetes dan antikolesterol. Kulit kayu Mahoni kemudian diekstraksi dengan menggunakan berbagai pelarut; methanol, acetone dan air panas.

Alat Perontok Padi Portabel

Teknopreneur.com - Alat perontok padi dibutuhkan oleh petani terutama pada saat panen. Sayangnya alat modern saat ini memiliki mobilitas rendah. Desain innovatif alat perontok padi ini memudahkan penggunaanya di segala medan. Perontok padi ini digerakkan secara manual, dan bisa dipasangkan di atas sepeda.

Inovasi Pembuatan Rangka Sepeda dengan Sistem Cor

Teknopreneur.com - Rangka sepeda yang ada umumnya dibuat dari pipa yang disambung dengan pengelasan. Diperlukan teknologi bahan baku dan teknologi pengelasan yang relatif kompleks untuk produksi sepeda secara massal. Guna mengurangi ketergantungan pada pipa dan pengelasan yang kompleks, maka perlu alternatif proses produksi rangka sepeda yaitu menggunakan teknologi pengecoran sederhana.

Vaksin DNA Ikan

Teknopreneur.com - Virus dan kelompok Herpesvirideae bersifat laten dalam tubuh ikan dan menunggu hingga kondisinya memungkinkan untuk menginfeksi ikan carrier (pembawa virus). Ikan ini dapat menjadi sumber penyakit dan dapat menular ke ikan yang lain dalam ekosistem yang sama.

Suplemen Beras Agar Nasi Menjadi Pulen, Wangi dan Bergizi

Nationally, Indonesia has limited granaries to store rice grain, and without proper handling rice quality will naturally deteriorate overtime. Rice becomes off-taste and sometimes off-smell as well.

This innovative rice supplement is not only enriched with calcium and iron, it is also improving the taste and quality of cooked rice. All ingredients to produce the supplement are locally available.

Komposisi dan Proses Pembuatan Pupuk Organik Cair Multi Manfaat

Teknopreneur.com - Bio-HaraPlus menawarkan alternatif pupuk organik cair yang dapat digunakan sebagai pupuk atau nutrisi tanaman pertanian yang sekaligus mengandung pestisida organik. Hal ini terwujud dari perpaduan antara materi pupuk organik seperti kotoran sapi dan guano dengan bahan-bahan pestisida organik seperti batang tanaman Brotowali, daun Mimba, dan ekstrak buah Mengkudu.

Emulsifer Nabati Murah dari Minyak Sawit

Teknopreneur.com - Pengemulsi (emulsifer) adalah bahan yang mampu menyatukan dua jenis larutan yang umumnya tidak bisa menyatu, sperti air dan minyak. Emulsifer banyak digunakan di industri obat-obatan, kesehatan dan makanan, seperti es krim, margarin, mayonnaise dan lain-lain.

MonoAcylGlycerol (MAG) dan DiAcylGlicerol (DAG) atau biasa disingkat mono- dan di-asilgliserol (MDAG) adalah salah satu emulsifer yang aman digunakan sebagai bahan makanan dan bernilai ekonomis tinggi.

MacroJenerik, Udang Galah Indonesia Hasil Persilangan antar Strain untuk Penyediaan Benih Unggul

Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati perairan yang berharga, dimana salah satunya adalah strain udang galah. Teknik perkawinan silang antar strain udang galah dilakukan untuk memperoleh benih yang unggul. Strain udang galah unggulan yang digunakan untuk memperoleh benih unggulan dengan teknik kawin silang adalah BAHARI (Sungai/Sei Batanghari, Jambi), TARIK (Sei Tarik, Jabar), KUMAI (Sei Kumai, Kalteng), dan JENEBE (Sei Jeneberang, SulSel).

Pegagan, Rumput Liar Penyembuh Penyakit Mematikan

Siapa sangka rumpu liar yang biasa ditemukan di pinggir jalan ternyata mampu menyembuhkan penyakit mematikan semacam darah tinggi. Pegagan mengandung senyawa golongan flavonoid sebagai inhibitor hipertensi berbasis tanaman obat pegagan dimana formula ini dapat menghambat aktivitas ACE sehingga dapat mencegah darah tinggi atau hipertensi. ACE merupakan Angiontensin Converting Enzyme yang apabila meningkat bisa menyebabkan pembentukan angiotensisn II yang menyebabkan penyakit yang menjadi pembunuh nomor tiga di dunia.

Pengembangan Tanaman Jeruk Transgenik Tahan Penyakit CVPD dan Transformasi In Plata

Uji Ketahanan CVPD

Beberapa jenis tanaman jeruk Indonesia nyaris punah akibat penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) yang diakibatkan bakteri Liberobacter asiaticum. Penyakit ini belum bisa ditanggulangi karena patogen penyebab penyakit tidak bisa dibiakkan pada media buatan. Metoda marker DNA dan tagging mutasi T-DNA berhasil mengisolasikan gen ketahanan terhadap penyakit CVPD (gen CVPDr) dari tanaman jeruk Kinkit (Triphasia trifoliata).

Alat Sortir Otomatis Untuk Ikan

Teknopreneur.com - Penggunaan teknologi komputer dan aplikasinya telah masuk juga ke budidaya ikan. Salah satunya adalah alat sortir dan penghitung ikan hidup untuk memudahkan penyortiran dan penghitungan ikan hidup sebagai ikan budidaya dengan menggunakan komputer dan pengolahan citra digital hasil deteksi kamera CCD.

Alat ini merupakan integrasi hardware dan software yang bekerja secara simultan melakukan proses pemilihan dan penyortiran ikan hidup.

E-Paper Murah Untuk Handphone

Teknopreneur.com - Inovasi ini memperkenalkan Bi-Stable Electronic Paper Device, sebuah layar serupa kertas elektronik yang dapat berfungsi layaknya sebuah monitor berukuran besar bagi telepon genggam kita.

 

Perangkat ini bekerja dengan menampilkan dan melakukan navigasi seluruh aplikasi yang ada di dalam telepon genggam dengan menggunakan koneksi Bluetooth.

 

Dengan demikian untuk teknologi kertas elektronik ini, tidak diperlukan prosesor, memori, penyimpanan, dan alat koneksi (GPRS, 3G, WiFi) tambahan atau terpisah.

 

Pages