A (14) | B (13) | C (4) | D (4) | E (4) | F (3) | G (5) | I (7) | J (2) | K (8) | L (2) | M (10) | P (26) | R (3) | S (15) | T (15) | U (1) | V (1) | Y (1) | Z (2)

Dari Sapi untuk Ikan

Teknopreneur.com - Pakan ikan, udang, dan unggas merupakan kunci vital dalam budidaya ternak. Tingginya harga pakan membuat peternak kesulitan mendapatkan keuntungan. Pakan yang terbuat dari kotoran sapi yang masih mengandung protein dan gizi cukup tinggi dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut.Sapi diberikan formulasi bakteri tertentu sehingga menghasilkan kotoran yang tidak berbau.

Inovasi Pembuatan Rangka Sepeda dengan Sistem Cor

Teknopreneur.com - Rangka sepeda yang ada umumnya dibuat dari pipa yang disambung dengan pengelasan. Diperlukan teknologi bahan baku dan teknologi pengelasan yang relatif kompleks untuk produksi sepeda secara massal. Guna mengurangi ketergantungan pada pipa dan pengelasan yang kompleks, maka perlu alternatif proses produksi rangka sepeda yaitu menggunakan teknologi pengecoran sederhana.

Sistem Pengepakan Ikan Agar Tetap Hidup dan Bernilai Tinggi

Teknopreneur.com - Teknologi pengepakan menjadi kunci keberhasilan dalam pengiriman ikan dengan kuantitas dan kualitas yang baik serta biaya seminimal mungkin.

Zeogracc adalah inovasi teknologi pengepakan ikan yang berbasis formulasi sumber daya lokal, seperti Zeolite, arangaktif, cloveoil, dan salat. Zeogracc dikemas dan ditempatkan di dalam media sistem transportasi.

Produksi Pelet dari Kotoran Sapi

Teknopreneur.com - Pakan ikan, udang, dan unggas merupakan kunci vital dalam budidaya ternak. Tingginya harga pakan membuat peternak kesulitan mendapatkan keuntungan. Pakan yang terbuat dari kotoran sapi yang masih mengandung protein dan gizi cukup tinggi dapat menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut.

Sapi diberikan formulasi bakteri tertentu sehingga menghasilkan kotoran yang tidak berbau. Kotoran sapi yang dihasilkan kemudian diproses menjadi pelet untuk pakan ikan, udang, dan unggas.

Vaksin DNA Ikan

Teknopreneur.com - Virus dan kelompok Herpesvirideae bersifat laten dalam tubuh ikan dan menunggu hingga kondisinya memungkinkan untuk menginfeksi ikan carrier (pembawa virus). Ikan ini dapat menjadi sumber penyakit dan dapat menular ke ikan yang lain dalam ekosistem yang sama.

Sistem Otomasi Industri

Teknopreneur.com Modul remote I/O merupakan modul elektronik data akusisi untuk telemetering dan telesignaling, menggunakan protokol komunikasi modbus RTU dan modbus TCP standar industri. Modul dilengkapi dengan pengaman anti short circuit dan fungsi cloning I/O untuk ekspansi I/O pada sistem otomasi industri yang out-of-date.

Pengatur Arus Listrik dengan Optocoupler pada setrika listrik

Teknopreneur.com - Peralatan rumah tangga seperti setrika listrik, oven, dan lain-lain yang menggunakan elemen pemanas umumnya memerlukan energi listrik yang besar dalam pengoperasiannya. Pada bangunan atau rumah dengan daya terpasang yang kecil tidak dimungkinkan pengoperasian 3-4 peralatan tersebut secara bersamaan.Teknologi switching memungkinkan pembagian daya secara bergantian kepada peralatan-peralatan yang membutuhkan daya listrik tinggi tanpa mengurangi kualitas panas yang dihasilkannya.

Mesin Pemingsan Udang dan Ikan

alat pemngsan udang

Menjaga kesegaran ikan dan udang di perjalanan menjadi permasalahan dalam mejaga kualitas tetap baik, sehingga tidak menurunkan harga jual. Pembekuan saja tidak cukup, dan membawa ikan dalam keadaan hidup di dalam air selain tidak efisien juga berat bobotnya. Mesin pemingsan udang dan ikan dibuat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mesin yang bekerja menggunakan water chiller, bak pemingsanan dan aerator menerapkan pola penurunan suhu bertahap dan waktu pemingsanan dengan sistem pengontrolan suhu dan waktu otomatik menggunakan kontroler mikro.

Serbuk Minuman Penambah Stamina dengan Bahan Baku Hewan Moluska

Teknopreneur.com  - Kesibukan masyarakat yang tinggi memerlukan kondisi kesehatan yang optimal. Secara tradisional banyak ditemui minuman penambah stamina menggunakan bahan dari hewan laut moluska seperti Lintah laut, Keong Mata Lembu, Kerang Pokea dan Ipong-Ipong. Penelitian menunjukkan adanya komponen aktif penambah stamina seperti taurin dan antioksidan pada Lintah Laut, juga vitamin B12 pada Kerang Pokea.

Lampu Persimpangan Portable yang Hemat Energi

Teknopreneur.com - Kota metropolitan seperti Jakarta memiliki kompleksitas tersendiri, salah satunya adalah padatnya lalu lintas terutama di jam-jam sibuk.

Traffic lightmemiliki peran penting untuk mengendalikan arus lalu lintas, dan ketika rusak harus digantikan oleh polisi. Namun polisi memiliki keterbatasan fisik, terutama masalah fatigueatau kelelahan bila kerusakan terjadi cukup lama.

Teh Sukun Kaya Antioksidan

Teknopreneur.com - Daun sukun mengandung beberapa senyawa yang berkhasiat bagi tubuh seperti polifenol, asam hidrosionat, tannin, quercetin dan artoindosionin. Senyawa ortoindonesionin dan quercetin merupakan kelompok senyawa turunan flovonoid yang berfungsi sebagai zat antioksidan dan banyak digunakan sebagai komponen aktif dalam obat-obatan.

Media Pertumbuhan Mikroorganisme Buatan dari Rumput Laut

Teknopreneur.com - Agar Bakto adalah agar-agar khusus yang digunakan sebagai media pertumbuhan mikroorganisme, biasanya digunakan dalam bidang mikrobiologi dan bioteknologi. Bahan baku agar bakto, rumput laut Gelidium sp., tersedia sangat melimpah di Indonesia. Sayangnya kebutuhan agar bakto selama ini masih diimpor dari luar negeri, karena proses ektraksi yang sulit sehingga mahal harganya.

Antena Penguat Sinyal Modem

Teknopreneur.com Modem Internet broadband untuk mobile memiliki daya jelajah terbatas. Antena yang ada memiliki keterbatasan dalam mengantisipasi pantulan, redaman pada propagansi sinyal karena frekuensi tinggi, dan kadang diperparah oleh keadaan alam serta kondisi kontur lingkungan. Penguat sinyal eksternal bisa membantu meningkatkan daya jelajah.

Biskuit Bergizi Tinggi Berbasis Tepung Ikan Lele

Teknopreneur.com - Biskuit adalah jenis makanan yang disukai berbagai kalangan dan usia, terutama anak-anak. Upaya perbaikan gizi akan lebih mudah diterima anak-anak melalui pemberian makanan tambahan atau fungsional yang dikenal dan disukai oleh mereka. Inovasi ini memanfaatkan tepung daging ikan lele (Clarias sp.) yang kaya akan protein serta tepung kepalanya yang kaya dengan kalsium sebagai bahan baku biskuit fungsional. Pada tahap uji klinis, biskuit ini disukai balita dan telah terbukti dapat meningkatkan berat badan dan daya tahan tubuh mereka.

Aditif Pelumas Karet Alam

Teknopreneur.com - Pelumas memiliki fungsi melindungi permukaan yang bergerak dari gesekan dan panas yang berlebihan. Ketika suhu meningkat pelumas yang unggul menjadi cepat encer (viskositasnya rendah). Sifat ini diukur sebagai indeks viskositas dan ketika semakin tinggi sifat pelumas jadi lebih baik. Aditif berperan untuk meningkatkan indeks viskositas.Inovasi ini menghadirkan bahan aditif peningkat indeks viskositas pelumas yang berasal dari kopolimer Lateks Karet Alam (LKA) - stirena, melalui proses iradiasi sinar gamma.

Alat Aplikator Pupuk Cair Praktis Tanaman Tebu

Teknopreneur.com - Metode pemumpukan yang efektif adalah salah satu upaya untuk meningkatkan produksi tanaman industri seperti tebu, baik menggunakan pupuk kimia butiran maupun cair.

Inovasi ini berupa alat pembuka alur dan aplikator pupuk cair praktis yang penggunaannya dapat digandengkan dengan traktor 4 roda. Alat ini dapat menyalurkan pupuk cair dengan dosis aplikasi yang seragam melalui sistem injeksi tekanan rendah, menggunakan pompa sentrifugal, langsung ke daerah perakaran tanaman sehingga efektifitas pemupukan dapat ditingkatkan.

Sosrobahu: Landasan Putar Bebas Hambatan

Teknopreneur.com - Pembangunan jalan layang umumnya menimbulkan kemacetan saat pengecoran pada tiang penyangga karena menyita badan jalan di bawahnya.

Sosrobahu memungkinkan orientasi (arah) kepala tiang penyangga yang dipisah dengan tiangnya, dibuat sejajar dengan jalan agar tidak mengganggu lalu lintas dibawahnya. Kemudian kepala tiang dengan alat Sosrobahu diputar tegak lurus as jalan. Menggunakan prinsip hidrolik, Sosrobahu terdiri atas 2 lempeng piring, piring atas sebagai piston dan yang bawah sebagai silinder.

Biodiesel Unggul dari Kelapa Sawit

Teknopreneur.com - Saat ini Indonesia tercatat sebagai negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Ironinya, sebagian besar produk sawit diekspor dalam bentuk mentah, minyak sawit kasar atau crude palm oil (CPO). Untuk meningkatkan nilai tambah CPO, diperlukan teknologi untuk diversifikasi produk, diantaranya adalah metil ester atau biodiesel dan surfaktan.

Pengembangan Tanaman Jeruk Transgenik Tahan Penyakit CVPD dan Transformasi In Plata

Uji Ketahanan CVPD

Beberapa jenis tanaman jeruk Indonesia nyaris punah akibat penyakit CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) yang diakibatkan bakteri Liberobacter asiaticum. Penyakit ini belum bisa ditanggulangi karena patogen penyebab penyakit tidak bisa dibiakkan pada media buatan. Metoda marker DNA dan tagging mutasi T-DNA berhasil mengisolasikan gen ketahanan terhadap penyakit CVPD (gen CVPDr) dari tanaman jeruk Kinkit (Triphasia trifoliata).

iMuno-Chick: Suplemen Unggas Berbasis Tepung Cacing Tanah

Teknopreneur.com - iMunno-Chick is a feed supplement from natural ingredients that can imporve pultry performance and imunity. This product is formulated with high protein and balanced amino acid contents.

iMunno-Chick also enhances the poultry immunity because it contains bioactive, a natural substitute for antibiotics, that can inhibit Salmonella pullorum growth inside poultry’s digestion system.

Ekstrak Bayam Untuk Produksi Kepiting Kulit Lunak

Kepiting kulit lunak (soka) berharga dua kali lebih mahal dibanding kepiting biasa bahkan lebih. Sayangnya, peluang mendapatkan kepiting soka yang ditangkap dari alam sangat kecil. Beternak kepiting kulit lunak secara tradisional dilakukan dengan memeliharanya hingga saat berganti kulit (molting).

Diperlukan pemeliharaan antara 2-5 bulan untuk menunggu saat molting, dan selama itu peternak harus mengawasi kepitingnya terus-menerus karena bila kepiting molting tidak segera dipanen, kulitnya menjadi keras kembali dengan cepat.

Fitosanitari Buah Menggunakan Iradiasi Gamma

Teknopreneur.com - Perlakuan fitosanitari merupakan perlakukan untuk mencegah masuk dan menyebarnya hama karantina. Biasanya, digunakan fumigan metil bromida, tetapi fumigan ini dapat merusak ozon sehingga dibatasi penggunaannya. Salah satu alternatif adalah perlakuan dengan iradiasi Gamma. Iradiasi ini ramah lingkungan dan berdaya tembus tinggi, sehingga efektif membunuh berbagai hama, termasuk yang tersembunyi di dalam daging buah dan biji.

Emulsifer Nabati Murah dari Minyak Sawit

Teknopreneur.com - Pengemulsi (emulsifer) adalah bahan yang mampu menyatukan dua jenis larutan yang umumnya tidak bisa menyatu, sperti air dan minyak. Emulsifer banyak digunakan di industri obat-obatan, kesehatan dan makanan, seperti es krim, margarin, mayonnaise dan lain-lain.

MonoAcylGlycerol (MAG) dan DiAcylGlicerol (DAG) atau biasa disingkat mono- dan di-asilgliserol (MDAG) adalah salah satu emulsifer yang aman digunakan sebagai bahan makanan dan bernilai ekonomis tinggi.

Pages