A (14) | B (13) | C (4) | D (4) | E (4) | F (3) | G (5) | I (7) | J (2) | K (8) | L (2) | M (10) | P (26) | R (3) | S (15) | T (15) | U (1) | V (1) | Y (1) | Z (2)

Aplikasi Kartografi Otomatis

Teknopreuneur.com Penggunaan warna spasial pada peta topografi terbukti sangat membantu pada pembacaan ketinggian dan analisa kontur tanah. Bila bisa menunjukan perbedaan tinggi kontur tanah, warna juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya dalam peta. Misalnya analisa kepadatan penduduk, analisa peta politik, analisa cuaca dan iklim, dan lain-lain.

Sistem Pengairan Tanaman Menggunakan Kendi Lumpur Lapindo

Teknopreneur.com - Sistem Irigasi Kendi (SIK) adalah sistem irigasi tanaman hortikultura sederhana yang dikenal memiliki beberapa keunggulan. Kendi tanah liat ditanam berbaris sampai batas leher dan air akan merembes keluar secara perlahan. Menjadikan SIK sistem irigasi paling hemat air.

Pencampuran pupuk cair akan membuat sistem Slow Reliefyang efektif langsung ke daerah akar tanaman. Sistem pengisian air kendi bisa dilakukan secara manual atau sistem pemipaan dan juga menggunakan tabung mariotte.

Aditif Pelumas Karet Alam

Teknopreneur.com - Pelumas memiliki fungsi melindungi permukaan yang bergerak dari gesekan dan panas yang berlebihan. Ketika suhu meningkat pelumas yang unggul menjadi cepat encer (viskositasnya rendah). Sifat ini diukur sebagai indeks viskositas dan ketika semakin tinggi sifat pelumas jadi lebih baik. Aditif berperan untuk meningkatkan indeks viskositas.Inovasi ini menghadirkan bahan aditif peningkat indeks viskositas pelumas yang berasal dari kopolimer Lateks Karet Alam (LKA) - stirena, melalui proses iradiasi sinar gamma.

Bahan Aktif Tabir Surya dari Biji Mangrove

Teknopreneur.com - Tanaman bakau atau mangrove( Xylocarpus Sp.) banyak tumbuh di pantai-pantai di lndonesia. Selain berfungsi sebagai penahan abrasi pantai, biji mangrove pun dapat dikembangkan sebagai bahan pembuat tabir surya.

Ekstrak biji mangrove, sebagai bahan pembuat tabir surya ini, dapat diperoleh dengan melakukan pemotongan bahan, pengeringan, pembubukan, maserasi, penyaringan dan pengeringan filtrat.

Biodiesel Unggul dari Kelapa Sawit

Teknopreneur.com - Saat ini Indonesia tercatat sebagai negara penghasil minyak sawit terbesar di dunia. Ironinya, sebagian besar produk sawit diekspor dalam bentuk mentah, minyak sawit kasar atau crude palm oil (CPO). Untuk meningkatkan nilai tambah CPO, diperlukan teknologi untuk diversifikasi produk, diantaranya adalah metil ester atau biodiesel dan surfaktan.

Alat Sortir Otomatis Untuk Ikan

Teknopreneur.com - Penggunaan teknologi komputer dan aplikasinya telah masuk juga ke budidaya ikan. Salah satunya adalah alat sortir dan penghitung ikan hidup untuk memudahkan penyortiran dan penghitungan ikan hidup sebagai ikan budidaya dengan menggunakan komputer dan pengolahan citra digital hasil deteksi kamera CCD.

Alat ini merupakan integrasi hardware dan software yang bekerja secara simultan melakukan proses pemilihan dan penyortiran ikan hidup.

Genotipe Jagung Unggulan Manis dan Nirmanis

Teknopreneur.com - Secara alami, makhluk hidup akan mengalami seleksi alam dengan hilangnya sifat-sifat resesif pada keturunannya. Bagaimana bila sifat resesif yang hilang adalah sifat yang justru unggul dan diinginkan?

Banyak cara dapat ditempuh, dan cara pemuliaan walaupun membutuhkan waktu yang cukup panjang adalah cara yang paling alami dan aman.

Pemuliaan dilakukan pada jagung manis menghilangkan sifat tidak unggul seperti viabilitas benih rendah, vigor vegetatif yang buruk, shelf time pendek serta rentan terhadap hama dan penyakit tanaman.

E-Paper Murah Untuk Handphone

Teknopreneur.com - Inovasi ini memperkenalkan Bi-Stable Electronic Paper Device, sebuah layar serupa kertas elektronik yang dapat berfungsi layaknya sebuah monitor berukuran besar bagi telepon genggam kita.

 

Perangkat ini bekerja dengan menampilkan dan melakukan navigasi seluruh aplikasi yang ada di dalam telepon genggam dengan menggunakan koneksi Bluetooth.

 

Dengan demikian untuk teknologi kertas elektronik ini, tidak diperlukan prosesor, memori, penyimpanan, dan alat koneksi (GPRS, 3G, WiFi) tambahan atau terpisah.

 

Cooling Tower Aliran Silang Menggunakan Kontaktor Hollow Fiber

Teknopreneur.com - Metode pendinginan dengan air dikenal sebagai cooling water sistem tertutup atau terbuka. Kelemahan sistem tertutup adalah sangat lambat dan prosesnya mahal; sedangkan sistem terbuka membutuhkan ruang yang besar serta rentan terhadap kontaminasi dan kehilangan air karena peristiwa wind loss.

Penemuan ini menggunakan membran hollow fiber hidrofobik mikroporous, yang permeabel terhadap uap tetapi tidak permeabel terhadap air untuk cooling tower sirkulasi tertutup.

Peluru Pun Mental Karena Tulang Ikan

Perang timur tengah tak terelakan banyak peluru yang jatuh bagaikan hujan,korban-korban pun mulai berjatuhan. Tentara butuh peralatan dan perlindungan dari serangan militer  salah satunya adalah bahan kevlar rompi tahan peluru yang dikombinasikan dengan komposit keramik performa tinggi. Material yang digunakan antara lain adalah hidroksiapatit untuk membentuk bioekeramik. Komposit keramik bisa juga di bidang otomotif,penyaring partikel pada mesin diesel dan juga menjadi subsitusi produk piezoceramic sensor.

Alat Pengukur Tingkat Kesegaran Ikan/Udang

Kesegaran adalah parameter untuk membedakan kualitas ikan. Ikan dikatakan masih segar jika perubahan-perubahan biokimia, mikrobiologi dan fisika yang terjadi belum menyebabkan kerusakan pada ikan. Kesegaran umumnya dideteksi dari tampak dan bau.

Alat pengukur tingkat kesegaran ikan dapat bekerja secara otomatis dengan metode akuatik frekuensi tinggi (ultrasonik) berbasis kontroler mikro. Metode yang digunakan bersifat tidak merusak (non-destructive), tidak menyentuh secara langsung ikan/udang dan praktis penerapannya.

Biskuit Pakan untuk Ternak Ruminansia

Teknopreneur.com - Penyediaan pakan kaya serat bagi ternak Ruminansia seperti sapi, domba, dan kambing menjadi tantangan ketika jumlah hijauan berkurang, atau tidak tersedia dipasar. Hal ini coba disiasati dengan menggunakan limbah tanaman jagung yang merupakan salah satu sumber pakan ternak ruminansia alternatif berkualitas yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dengan biaya yang rendah. Dengan teknik pencetakan, pemanasan, dan pengepresan memungkinkan pembuatan pakan ternak dalam bentuk biskuit sehingga awet, mudah, dan berkualitas.

Pengatur Arus Listrik dengan Optocoupler pada setrika listrik

Teknopreneur.com - Peralatan rumah tangga seperti setrika listrik, oven, dan lain-lain yang menggunakan elemen pemanas umumnya memerlukan energi listrik yang besar dalam pengoperasiannya. Pada bangunan atau rumah dengan daya terpasang yang kecil tidak dimungkinkan pengoperasian 3-4 peralatan tersebut secara bersamaan.Teknologi switching memungkinkan pembagian daya secara bergantian kepada peralatan-peralatan yang membutuhkan daya listrik tinggi tanpa mengurangi kualitas panas yang dihasilkannya.

Vaksin DNA Ikan

Teknopreneur.com - Virus dan kelompok Herpesvirideae bersifat laten dalam tubuh ikan dan menunggu hingga kondisinya memungkinkan untuk menginfeksi ikan carrier (pembawa virus). Ikan ini dapat menjadi sumber penyakit dan dapat menular ke ikan yang lain dalam ekosistem yang sama.

Pembuatan Emulsifier Mono- dan Di- AsilGliserol dari Minyak Sawit

Pengemulsi (emulsifer) adalah bahan yang mampu menyatukan dua jenis larutan yang umumnya tidak bisa menyatu, seperti air dan minyak. Emulsifer banyak digunakan di industri obat-obatan, kesehatan dan makanan, seperti es krim, margarin, mayonnaise dan lain-lain.

MonoAcylGlycerol (MAG) dan DiAcylGlicerol (DAG) atau biasa disingkat mono- dan di-asilgliserol (MDAG) adalah salah satu emulsifer yang aman digunakan sebagai bahan makanan dan bernilai ekonomis tinggi.

Sistem Otomasi Industri

Teknopreneur.com Modul remote I/O merupakan modul elektronik data akusisi untuk telemetering dan telesignaling, menggunakan protokol komunikasi modbus RTU dan modbus TCP standar industri. Modul dilengkapi dengan pengaman anti short circuit dan fungsi cloning I/O untuk ekspansi I/O pada sistem otomasi industri yang out-of-date.

Pemanfaatan Kulit Kayu Mahoni Sebagai Antioksidan, Antirayap, Antidiabetes, dan Antikolesterol

teknopreneur.com - Kulit kayu Mahoni selama ini tidak dimanfaatkan, bahkan dianggap sebagai limbah pada industri pengolahan kayu. Penelitian menunjukkan bahwa dalam Kayu Mahoni terdapat berbagai senyawa bioaktif yang memiliki fungsi sebagai antioksidan, antirayap, antidiabetes dan antikolesterol. Kulit kayu Mahoni kemudian diekstraksi dengan menggunakan berbagai pelarut; methanol, acetone dan air panas.

Jamu Untuk Ayam Broiler Tingkatkan Metabolisme Pencernaan

Suplemen jamu bagi unggas (ayam ternak broiler) ini dibuat dari kombinasi buah-buahan tropis alami, squalene dan sari umbi manggata (rumput teki) dan difermentasi selama 6 bulan.

Kandungan nutrisi alami mampu diserap dengan baik oleh unggas dan meningkatkan mutu sistem pencernaan unggas ketika dewasa, sehingga daya serap makanan meningkat, perbandingan berat pakan dengan berat hewan (feed conversion ratio) menurun, begitu pula dengan tingkat kematian unggas.

Pegagan, Rumput Liar Penyembuh Penyakit Mematikan

Siapa sangka rumpu liar yang biasa ditemukan di pinggir jalan ternyata mampu menyembuhkan penyakit mematikan semacam darah tinggi. Pegagan mengandung senyawa golongan flavonoid sebagai inhibitor hipertensi berbasis tanaman obat pegagan dimana formula ini dapat menghambat aktivitas ACE sehingga dapat mencegah darah tinggi atau hipertensi. ACE merupakan Angiontensin Converting Enzyme yang apabila meningkat bisa menyebabkan pembentukan angiotensisn II yang menyebabkan penyakit yang menjadi pembunuh nomor tiga di dunia.

Konsumsi Jamu Hindarkan Flu Burung

Avian Influenza tipe A atau H5N1 atau akrab disebut flu burung ini telah merenggut nyawa lebih dari ratusan jiwa di Indonesia. Selain menimbulkan penyakit virus ini juga menyebabkan kerugian dalam bidang ekonomi karena satu saja unggas yang terjangkit virus maka semua unggas yang di sekitar harus dimusnahkan agar tidak menular.Kini memang sudah ada penangkalnya yakni obat Tamiflu dan Amantadine, yang sepenuhnya produk impor. Selain itu obat ini mulai memicu resistensi pada virus H5N1.

Sistem Penggerak Mobil Listrik Kompak nan Efisien

Teknopreneur.com - Mobil listrik digerakkan oleh motor listrik dengan energi dari baterai isi ulang. Beberapa perbaikan dan penyempurnaan dilakukan, terutama sistem penggerak mobil listrik dibuat menjadi lebih kompak, aman dan efisien.

Sistem penggerak dimodifikasi sehingga hanya menggunakan 1 solenoid, sedangkan fungsi 3 solenoid lainnya digantikan dengan saklar mekanisme maju mundur yang dioperasikan secara manual agar pengguna dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

Aquabat untuk Bahan Bakar Boiler

Teknopreneur.com - Aquabat merupakan bentuk pemanfaatan batubara berperingkat rendah untuk dapat digunakan sebagai bahan bakar boiler. Aquabat terbuat dati campuran batubara halus, air, dan zat aditif yang membentuk suspensi kental homogen. Batubara peringkat rendah diproses melalui proses upgrade brown coal (UBC) atau hot thermal drying (HTD) yang menghasilkan bahan baku yang dapat memproduksi aquabat dengan sifat alir dan sifat pembakaran yang baik.

Menggabungkan Implementasi Sumber Energi Listrik Mikrohido dengan Pelestarian Hutan

Teknopreneur.com - Konsep pelestarian hutan selama ini lebih banyak dikaitkan dengan kerugiannya, seperti tanah longsor atau banjir, dan bukan keuntungannya bagi masyarakat pedesaan. Hal ini menjadikannya kurang berkesinambungan. Konsep "Lestari Hutanku, Terang Desaku", menggabungkan implementasi sumber energi listrik mikrohido dengan pelestarian hutan.

Inovasi Pembuatan Rangka Sepeda dengan Sistem Cor

Teknopreneur.com - Rangka sepeda yang ada umumnya dibuat dari pipa yang disambung dengan pengelasan. Diperlukan teknologi bahan baku dan teknologi pengelasan yang relatif kompleks untuk produksi sepeda secara massal. Guna mengurangi ketergantungan pada pipa dan pengelasan yang kompleks, maka perlu alternatif proses produksi rangka sepeda yaitu menggunakan teknologi pengecoran sederhana.

Aditif Pelumas Super Ramah Lingkungan

Teknopreneur.com - seiring dengan peningkatan kebutuhan pelumas kendaraan di Indonesia, terjadi pengingkatan ketergantungan pada aditif pelumas impor. Aditif pelumas digunakan untuk meningkatkan indeks viskositas dan memperbaiki karakteristik pelumas.Inovasi ini mengembangkan proses produksi aditif pelumas kopolimer poliisoprena-metil metakrilat dengan poliisoprtena dari karet alam. Produk lokal ini akan mengurangi ketergantungan pada impor.Proses kopolimerisasi dilakukan menggunakan teknologi iradiasi gama yang cepat, mudah, dan tidak meninggalkan residu kimia.

Pages