Inilah Hal-hal yang Perlu Dilakukan Startup Agar Bisa Tumbuh

Teknopreneur.com - Istilah ‘berdarah-darah’ merupakan hal mutlak bagi startup dalam membangun usaha untuk dapat berkembang dengan baik. Tak dapat dipungkiri, modal memang menjadi salah satu masalah yang selalu dipersoalkan. Namun, selain modal ada faktor lain yang dapat membuat sebuah startup tumbuh dengan baik.

Menurut CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky mengungkapkan,“Sebenarnya, ketika seorang menjalankan sebuah usaha, yang perlu diperhatikan adalah membagun mindset.”Jadi, bagaimana startup harus memiliki mindset untuk terus berkembang, seperti yang diucapkannya dalam meet-up ‘Game of Growth’, Kamis (26/2).

Lebih lanjut, pendiri marketplace itu pun menuturkan, bagaimana caranya untuk bisa berkembang? tak perlu bingung manfaatkanlah sosial media sebagai media promosi, yang tanpa mengeluarkan biaya kita sudah memperoleh user ataupun customer. “Kemudian untuk mencapai yang namanya growth, startup harus memiliki benchmark, secara sederhana saja bisa dilakukan dengan analisis dasar,”ujarnya.

Dirinya pun mengatakan, kalau yang berbasis web patokannya bisa pengunjung atau bisa juga pembeli, sedangkan yang basisnya produk mungkin dari penjualan. “Hari ini bisa jual sepuluh, maka besok harus bisa 20, 30, dan seterusnya,”ucapnya.

Disamping itu, katanya, harus jeli melihat kompetitor, sebisa mungkin kita selangkah atau dua langkah di depan, dan jangan sampai lengah kalau tidak mau kalah dalam persaingan. Selain itu, network effect juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan dari suatu usaha.

Sementara, menurut CEO aCommerce, Adrian Suherman menyatakan dalam membangun usaha atau startup, tidak bisa hanya satu divisi saja yang tumbuh, tetapi juga divisi lainnya. “Artinya, harus hiring orang-orang dengan visi yang sama, sehingga secara keseluruhan dapat tumbuh bersama,”ungkapnya.

Kemudian, diucapkannya, janganlah terpaku dengan satu produk, karena ketika hanya mengandalkan satu produk saja seorang startup tidak akan mungkin sanggup bersaing. “Setelah tertahan di satu titik, hal yang perlu dilakukan adalah pivoting, yakni melakukan hal baru untuk memperoleh hasil yang lebih baik lagi,”tuturnya. 

Categories: