Selain Infrastruktur, Ini yang Perlu Diperhatikan Pemerintah untuk Pemerataan Akses Internet

Tumbuh dan meratanya penetrasi internet, tentu saja tidak bisa berjalan searah hanya dilakukan oleh provider atau penyedia jasa internet saja. Melainkan pemerintah pun harus mendukung permasalahan ini. Hal itu dikemukakan oleh Pelaksana tugas Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Indra Utoyo.

"Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pemerintah juga agar upaya pemerataan internet terwujud di negeri ini," ungkap Indra pada acara seminar Empowering Humanity Through the Implementation of The Indonesia Broadband Plan di Jakarta Convention Center (JCC) (Rabu, 05/11).

Menurut Indra, ada tiga grand strategi yang harus dilakukan oleh pemerintah di antaranya available. "Available ini adalah bagaimana alokasi terhadap spektrum untuk bisa mendukung bagi broadband," katanya.

Kemudian yang kedua adalah accesibility. Accesibility ini, kata Indra, juga penting bagi kelangsungan berjalannya bisnis industrinya. "Industrinya ini juga harus diproteksi. Misalnya saja diberikan jaminan di mana wilayah itu secara bisnis kurang menguntungkan. Ini perlu," jelas dia.

Lalu yang terakhir adalah Affordability. Indra mengemukakan bahwa affordability ini dibutuhkan bagi pengguna internet sendiri. Masyarakat di luar sana seharusnya diberikan insentif jika menggunakan internet. Ketiga hal itu, menurutnya, mampu memberikan stimulus bagi terlaksananya koneksi internet yang merata di negeri ini.

Categories: