Keputusan yang Tepat Berawal dari Data Akurat

Teknopreneur.com - Sudah menjadi tradisi perusahan-perusahaan di dunia jika ingin memutuskan mengembangkan bisnisnya. Saat ini, para pelaku bisnis serta departemen telah banyakmenghabiskan waktunya untuk memperolehcara terbaik untuk menemukan dan mengintegrasikan informasi dari setiap data yang mereka miliki untukdapat digunakan pada tahap kerja spesifik selanjutnya dan menghasilkan wawasan bisnis. Mereka percaya bahwa data yang mereka perlukan tersebar dalam berbagai jenis aplikasitempat penyimpanan data untuk mendukung area fungsi bisnis tertentu. Kondisi ini menyebabkan akses integrasi data yang relevan untuk penggunaan pada tujuan berbeda-beda menjadi sulit.

Baru-baru ini, SAS Indonesia dan Citra Karya Semesta menggelar sebuah diskusi bagi pelaku bisnis untuk lebih mengerti kemampuan analytics pada sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Acara ini digelar sebagai respon pada perusahaan yang senantiasa mencari cara efektif untuk membuat keputusan. Mereka sangat bergantung pada fakta-faktayang berasal dari beragam aset data. Namun kesulitan muncul ketika jumlah data terus bertumbuh padahal ratusan dan ribuan keputusan harus dibuat setiap hari nya.

“Dengan cara ini, para pelaku bisnis secara mandiri dapat mencari jawaban atas pertanyaan bisnis yang mereka butuhkan, sehingga mereka bisa berpikir untuk hal yang lebih luas lagi. Dan terlepasnya departemen TI dari tugas yang mewajibkan mereka memprogram untuk membuat dan menghasilkan sebuah laporan atas pertanyaan bisnis tersebut, mereka kemudian dapat berkonsentrasi untuk membantu menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan serta analisis yang lebih kompleks lagi,” ujar Parbudi Nurrachmanto, Senior Business Manager di SAS Indonesia.

Melalui ERP, sebuah perusahaan dapat mengurangi pergerakan data dan latency dengan meminimalkan proses komputasi data yang lama, meningkatkan tata kelola data dengan mengurangi pengulangan data, dan memanfaatkan investasi TI yang sudah ada.

 

 

Categories: 
Tags: