IT Festival 2015 Tumbuhkan Teknopreneurship Di kalangan Mahasiswa

Teknopreneur.com - Pada era globalisasi, persaingan industri semakin diperketat dengan adanya perkembangan teknologi. Hal itu, berkaitan dengan akan diselenggarakan AFTA atau MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2015, sehingga bangsa Indonesia perlu mempersiapkan diri agar jangan sampai menjadi konsumen saja, tetapi juga bisa ikut bersaing di pasar bebas tersebut.

Itulah yang menjadi dasar BEM FTI Universitas Gunadharma dalam menyelenggarakan IT Festival, Depok (20/4). Dimana dalam acara tersebut, tema yang diusung ialah ‘Pemanfaatan Teknologi dalam Membangun Industri Kreatif’ yang menghadirkan pembicara diantaranya, Muhammad Andi Zaky (CEO Teknopreneur Indonesia), Dhika Kurniawan (Digital Marketing), dan Gita Surya Wijaya (Pakar IT).

Pakar IT, Gita Suryo Wijaya yang juga merupakan alumni dari kampus yang berlokasi di bilangan Depok ini menyatakan, trend IT saat ini yang sedang berkembang di Indonesia antara lain, Cloud Computing dan juga Internet of Things. “Dikarenakan hampir seluruh perangkat saat ini, menggunakan teknologi tersebut dan menjadi tonggak bagi pertumbuhan di berbagai industri, khususnya IT”,ujarnya.

Lebih lanjut ia pun mengungkapkan, bahwa saat ini dunia IT telah bertransformasi dari yang dahulunya hanya sekedar bussiness support, hingga kini berubah menjadi bussiness partner atau bahkan menjadi bisnis itu sendiri (enabler). Dirinya pun mengatakan,“Untuk menjadi seorang teknopreneur, harus melek teknologi dan memperoleh informasi sebanyak-banyaknya, mampu berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis, bisa memecahkan suatu masalah, serta berkolaborasi.”

Tak cukup sampai disitu, ia pun menambahkan bahwa kita harus bisa mengukur diri dalam menciptakan sesuatu dengan memanfaatkan informasi teknologi untuk turut mendorong pertumbuhan industri, khususnya di bidang IT. Untuk itu, dalam menghadapi MEA sebaiknya jangan terpaku pada kompetitor, tetapi harus fokus pada konsistensi dalam membangun suatu usaha.

Categories: