Ingin Percepat Inovasi Berkelas Dunia, Ini yang Dilakukan Ilham Habibie!

Teknopreneur.com- Ilham Habibie tak pernah ragu mengatakan bahwa potensi Indonesia dalam hal inovasi sangatlah besar. Dan untuk mengembangkan potensi inovasi itu, Ilham bersama dengan Deka group (Perusahaan riset dan konsultan strategi bisnis Indonesia) dan Hyve Jerman (Perusahaan Inovasi yang berbasis di Munich) sepakat membangun kemitraan strategis untuk percepat inovasi berkelas internasional di Indonesia. Melalui acara bertema “Lets Innovate Indonesia”, kemarin (17/2) beberapa praktisi bisnisdi bidang marketing, research, RnD, Service Quality, Consumer Insigh di hadirkan seperti Ilham Habibie, Johann Fuller dan Michael Batl.

 “Orang Indonesia kreatif-kreatif. Hanya saja, masih tertinggal dalam hal kualitas untuk bersaing di pasar global,” ujar Ilham.

“Inovasi yang dihasilkan putera bangsa belum seluruhnya bisa diserap oleh pasar dan menjawab tantangan pembangunan bangsa kita,” lanjutnya.

Dan menjawab tantangan itu menurut Ilham ide inovatif Indonesia perlu melibatkan konsumen global dan membuat produk atau jasa sesuai selera konsumen global.

“Bersama Hyve Jerman ini lebih mungkin, karena Hyve memiliki kapabilitas dan komunikasi inovasi global,” terangnya.

Senada dengan Ilham, Irma Malibari, CEO Deka Group menambahkan bahwa di Indonesia saat ini ada missing link dalam rantai nilaiinovaso yaitu keterlibatan konsumen akhir sebagai pembeli dan penerima manfaat hasil inovasi.

“Inovasi yang melibatkan konsumen sejak awal terbukti lebih besar kemungkinan suksesnya,” ujar Irma.

Sementara Johann Fuller dari Hyve Jerman menegaskan bahwa alasan dipilihnya Indonesia sebagai negara pertama di Asia adalah karena posisi Indonesiayang strategis di Asean dan potensi kreatifitas di Indonesia yang besar.

Categories: