Industri Pengolahan Pangan Amat Berpotensi

Teknopreneur.com - Teknik pengawetan pangan sudah dikenal sejak zaman nenek moyang , mulai dari yang paling sederhana teknik pengeringan dengan menggunakan sinar matahari hingga saat ini yang sudah banyak memanfaatkan teknologi. Maka tak heran, ini menjadi peluang yang besar dalam industri pengolahan pangan mengingat Indonesia memiliki produk pertanian yang berlimpah.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, Dr. Haryono mengatakan,“Mengingat kebijakan pemerintah saat ini sangat berpihak kepada sektor pertanian, maka dalam beberapa tahun ke depan sektor pengolahan memiliki potensi yang sangat baik.”

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sifat dasar dari komoditas pertanian yang bulky, perishable dan seasonal, menjadi faktor yang membuat industri pengolahan pangan sangat dibutuhkan. “Oleh karena itu, apabila program pemerintah untuk swasembada pangan berhasil, maka harus dibarengi dengan penanganan dan pengolahan hasil produk pertanian tersebut,”katanya kepada Teknopreneur.com.

Dirinya pun menyatakan, bisa dibayangkan bila musim panen padi dan jagung terjadi serentak, sedangkan umur simpannya tidak lama tetapi harus tersedia sepanjang tahun. “Tentunya diperlukan upaya untuk penanganan yang baik agar produk pertanian yang sudah dihasilkan dengan susah payah, tidak rusak maupun terbuang percuma tanpa sempat dikonsumsi atau food losses and food waste,”ujarnya.

Kemudian ia pun menambahkan, adanya industri pengolahan juga akan menjamin kestabilan harga, peningkatan nilai tambah serta peningkatan daya saing produk serta keamanan pangan. “Oleh karena itu, walaupun pada awal pemerintahan ini fokus pembangunan pertanian lebih ditekankan pada tahap peningkatan produksi, namun secara simultan tahapan pengolahan (off farm) sangat perlu dilakukan pada skala industri untuk memperkuat logistik ketersediaan pangan yang bermutu, beragam, sehat, aman, serta berdaya saing tinggi,”ungkapnya.

Categories: