Bagaimana Cara Generasi Millennial Mengubah Dunia?

Teknopreneur.com- Freelancer.com melakukan analisa terhadap pekerjaan-pekerjaan yang di-post-kan sepanjang tahun 2014 oleh para penggunanya, yang melibatkan 74% para profesional generasi Millennial, atau orang-orang yang berumur antara 18 sampai 34 tahun. Yang merupakan generasi kunci dalam membentuk dan membangun dunia yang kita tempati saat ini. 

Menurut Freelancer.com Indonesia merupakan salah satu dari 5 negara yang tercepat pertumbuhannya di platform ini. Oleh karena itu, Freelancer.com ingin memahami bagaimana trend pekerjaan global dapat memberi pengaruh terhadap market lokal. Hal ini dibuktikan dari hasil studi yang dilakukan VISA baru-baru ini yang mencatat 83% dari generasi Millennial Indonesia bervisi sebagai entrepreneur masa depan dan menjadi salah satu aspek yang dapat mendorong perekonomian nasional di tahun 2020.

Matt Barrie, CEO dari Freelancer.com menceritakan di tahun lalu saat ia berbicara di G20 Young Entrepreneurs' Alliance Summit (G20YEA), ia mengatakan bahwa entrepreneurship merupakan cara terdepan untuk menanggulangi pengangguran di kalangan muda. Data statistik Freelancer.com menunjukkan bahwa generasi Millennial menjadi yang terdepan dalam mengambil resiko dan menjadi entrepreneur dengan terkoneksi terhadap internet.

Freelancer.com kemudian menarik data atas empat kategori proyek tercepat perkembangannya yang ada dalam empat area yang mempengaruhi banyak bagian dalam kehidupan masyarakat setiap hari. Yaitu,

1. Engineering Proyek-proyek terkait Engineering telah bangkit dengan sangat tajam sepanjang tahun 2014. Civil Engineering-disiplin ilmu yang bersentuhan dengan design, konstruksi, serta pemeliharaan atas lingkungan yang dibangun secara fisik dan natural (seperti jalan, jembatan, taman, dll.) telah meningkat lebih dari 136% dibanding di tahun 2013. Building Architecture juga naik lebih dari 89% tahun lalu diikuti dengan Mechanical Engineering, yang naik 80%, serta CAD/CAM Design yang naik 73%. Proyek-proyek engineering dengan skala lebih besar diperkirakan akan masuk platform Freelancer.com di tahun-tahun mendatang.

2. Bisnis Para employer-entrepreneur dan UKM, di situs kami yang bisnisnya berkaitan dengan eCommerce banyak memposting proyek seperti Shopify, yang proyek-proyeknya di Freelancer.com meningkat lebih dari 93% sepanjang tahun 2014. Bahkan, mereka masih melihat untuk mengalih dayakan lagi proses bisnis mereka dengan Accounting yang naik 84% serta recruitment yang juga naik sampai 71%. Marketing dan design juga populer di platform Freelancer.com, dan kami melihat Brochure Design naik 71%. Proyek-proyek ini serta proyek-proyek lain berkaitan dengan bisnis diperkirakan akan meroket di tahun 2015.

3. Furniture Design  Semua orang ingin rumah mereka terlihat baik dan merasa betah tinggal di rumah itu. Bagian dari ekspresi itu adalah menciptakan hal-hal unik dan furniture design menjadi bidang teratas dari proyek-proyek berkaitan dengan rumah dengan kenaikkan sampai 132% yang diikuti dengan Interior Design dan Home Design yang naik masing-masing 77% dan 71%. Tampaknya juga orang-orang ingin membawa lebih banyak Music ke dalam kehidupannya dimana kategori ini naik sampai 51%. Ekonomi kolaboratif akan terus berkoneksi lebih dari sekedar keterkaitan bisnis. Orang-orang akan berbuat lebih untuk orang lain.

4. Media sosial dan konten Media sosial dan konten menjadi pemain yang kuat sepanjang tahun 2014, sehingga tidak mengherankan melihat sisi kreatif orang-orang yang diwakili di Freelancer.com. Pinterest merupakan salah satu pemain terbaik di tahun lalu dengan kenaikkan menakjubkan sampai 394% dalam proyek-proyek yang di-post-kan. Platform media sosial diperkirakan meroket dengan posisi yang mendominasi di tahun 2015. Bahkan creative design menembak kenaikkan sampai 254% dan creative writing juga menunjukkan kenaikan yang menguat sampai 157%.

Banyak orang memang suka bercerita dan tak sedikit pula yang mengatakan sebuah gambar mampu menceritakan ribuan kata. Jadi tidak mengherankan bahwa photography mengalami kenaikkan lebih dari 135% di tahun 2014. Ke depan bukan tak mungkin akan banyak Maker Movement yang bisa membangkitkan energi karena duniamakin hari menjadi lebih kreatif.

Dari keempat proyek tercepat perkembangannya tersebut, terlihat bahwa ada nbanyak cara bagaimana generasi millennial mengubah dunia lewat pekerjaan mereka masing-masing. Tahun 2015 baru saja mulai, dengan harapan baru menjadikan dunia dipenuhi oleh orang-orang kreatif.

 Di tahun ini, Freelancer.com melaporkan telah memiliki lebih dari 14 juta pengguna yang teregister, di marketplace freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia  dilihat dari jumlah pengguna dan proyek yang di-post-kan. “Freelancer.com berusaha memfasilitasi mereka untuk dapat membuat perubahan dalam kehidupan mereka sendiri, serta mendorong komunitas-komunitas dengan membantu mereka memulai bisnis mereka sendiri atau menemukan pekerjaan dibidang apapun yang mereka pilih," terang Barrie.

 

Foto:eductory.com

Categories: