Satelit Berbasis Smartphone Siap Diluncurkan

Satelit tentu bukan hal yang baru bagi kita. Sudah sejak lama, satelit sangat diandalkan untuk membantu berbagai keperluan manusia. Nah..apa yang dikembangkan oleh oleh University of Surrey Surrey Space Centre (SSC) dan Surrey Satellite Technology Limited (SSTL) adalah sesuatu yang berbeda. Para peneliti saat ini sedang berupaya untuk meluncurkan satelit pertama yag berbasis smartphone.

Nanosatelit yang disebut Strand-1 ini memiki dimensi yang tidak terlalu besar. Dengan berat hanya 9,5 kilogram, satelit ini berbasis Google Nexus One Smartphone. Menurut rencana, satelit ini akan mulai diluncurkan pada tanggal 25 Februari.

Penggabungan antara smartphone dengan satelit ini memang hal yang baru. Menurut para peneliti, smartphone sudah memiliki fitur-fitur canggih sehingga sangat memungkinkan untuk menjadikannya satelit.

Dalam  tahap pertama, Strand-1 akan menggunakan sejumlah eksperimental  apps untuk mengumpulkan data  dengan komputer baru berkecepatan tinggi berbasis linux CubeSat yang dikembangkan oleh SSC. Pengembangan satelit ini tergolong cukup cepat. Tim mampu mengembangkan satelit ini hanya dalam waktu tiga bulan. 

Categories: