Ledikan, Memancing Ikan Mudah dengan Spektrum Cahaya Warna-Warni

Teknopreneur-com-Ledikan merupakan atraktor buatan dioperasikannya di dalam air dengan mengkombinasikan pola cahaya. LED untuk mengumpulkan ikan yang suka terhadap cahaya di malam hari. Ikan-ikan yang terkumpul di sekitar cahaya LED, kemudian ditangkap dengan menggunakan alat pancing atau jaring.

Mengapa bisa terjadi? Karena Ikan-ikan yang bersifat fototaksis terhadap cahaya pada kedalaman tertentu mempunyai fisiologis mengenal karakteristik spektralnya untuk mendapatkan makanan. Karakteristik spektral sangat dipengaruhi oleh faktor warna cahaya, gelap dan terangnya cahaya dan faktor lainnya.

Light emitting diode adalah sirkuit semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika dialiri listrik. Sifatnya berbeda dengan filamen yang harus dipijarkan (dibakar), lampu TL maupun lampu halide yang merupakan pijaran partikel. Lampu LED memancarkan cahaya lewat aliran listrik yang relatif tidak menghasilkan banyak panas.

Karena itu lampu LED terasa dingin dipakai karena tidak menambah panas ruangan seperti lampu pijar berbahan logam halida. Suatu teknik inovasi dalam dunia perikanan melalui keterpaduan perancangan elektronik light emitting diode (LED) yang menghasilkan variasi warna cahaya lampu LED dari gabungan, yaitu led putih, biru, hijau dan kuning dengan atraktor buatan untuk mengumpulkan ikan pada malam hari.

Perpaduan cahaya tersebut mempengaruhi ikan-ikan untuk mendekati warna cahaya LED, alatnya disebut light emitting diode interaktif ikan anti air disingkat LEDIKAN. Invensi ini dikategorikan sebagai alat yang dirancang khusus untuk mengumpulkan ikan secara selektif (attractor fishing gear) yang terbagi atas 7 bagian, yaitu kerangka, tali, bodi,  LED,  ikan-ikanan, komponen elektronik, dan  warna cahaya LED.

Pengoperasian alat yang dibuat oleh Agus Cahyadi ini bisa dioperasikan dengan cara manual maupun digerakan oleh mesin penggerak secara otomatis. Artinya pada saat malam hari, Ledikan  dapat langsung dioperasikan untuk mengumpulkan ikan dalam kurun waktu yang singkat.

Contoh spektrum cahaya Lampu LED untuk atraktor ikan, spektrum berwarna merah dan kuning untuk memancing cumi-cumi dan bibit ikan. Spektrum berwarna biru untuk ikan teri dan ikan layang. Warna hijau bercampur kuning untuk memancing bibit udang. Dan spektrum tosca dan biru untuk memancing ikan layur dan ikan kembung. Dan kini alat tersebut sudah di uji coba di perairan Sulawesi untuk membantu nelayan menangkap ikan.

 

Categories: