Silika dari Sekam Padi

Teknopreneur.com - Mengolah sekam padi menjadi silika rupanya tak terlalu rumit. Untuk mendapatkan silika murni, beberapa bahan kimia seperti kalium hidroksida, asam klorida, dan asam sianida dibutuhkan sebagai bahan campuran. Zat-zat kimia ini dibutuhkan agar reaksi kimia yang dibutuhkan untuk mengubah sekam padi menjadi silika dapat berlangsung.

Bahan utama sekam padi dicampurkan dengan larutan kalium hidroksida (KOH), dan larutan asam sianida (HCN) atau asam klorida (HCl). Selanjutnmya, sekam padi direndam dengan air panas selama 2 jam. Lalu mulai disaring dan dicuci 3-4 kali dengan air panas.

Proses pembuatan silika dilanjutkan dengan ekstraksi. Sebelum ekstraksi dilakukan, terlebih dahulu ditambahkan larutan KOH 5%. Zai ini berfungsi memisahkan kandungan silika dengan senyawa lainnya pada sekam padi.

Melalui proses ekstraksi, sol berwarna hitam kecoklatan akan terbentuk. Sol merupakan zat padatan yang berada dalam medium cair. Pada tahap ini, silika yang terbentuk masih banyak mengandung bahan organik.

Tahap berikutnya adalah penambahan asam HCN atau HCl 10%. Dengan begitu, gel yang berwarna coklat akan terbentuk. Gel kemudian didiamkan selama 24 jam, lalu dicuci dengan air panas. Proses pencucian ini dilakukan 3 sampai 4 kali agar zat pengotornya hilang.

Penyaringan dan proses pengeringan pada suhu 110oC selama 6 jam masih harus dilakukan untuk mendapatkan silika murni. Barulah, diperoleh silika murni dengan bentuk serbuk yang berwarna putih.

Sisa sekam yang telah diambil silikanya lebih lentur dari semula, sehingga juga dapat dimanfaatkan. Kegunaannya dapat dibuat menjadi papan partikel. Papan partikel dapat digunakan sebagai pengganti papan atau kayu lapis.

Silika gel juga dapat dibuat dari silika murni ini. Hanya dengan memanaskan dalam tanur dengan suhu 700oC atau 800oC silika gel dapat terbentuk. Silika gel merupakan suatu bentuk dari silika yang mirip agar–agar. Dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis (tidak lentur).

Pabrik-pabrik selalu memakai silika gel dalam setiap pengiriman barang-barang dalam kotak peti. Silika gel aman digunakan untuk menjaga kelembaban makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik, dan film.

 

Categories: