Mertani Airi; Juara Agribiz Challenge 2016 Berbagi Kesuksesannya Dalam Acara Roadshow Di Ugm Yogyakarta

197

Yogyakarta, Teknopreneur.com– Universitas Gajah Mada menjadi kampus kedua diadakannya Roadshow dan Sosialisasi Agribiz Challenge 2019. Acara tersebut berlangsung pada Jumat (22/3/2019) di Auditorium gedung A10 Magister Manajemen Agribisnis UGM Yogyakarta.

Dalam acara tersebut, AYO Indonesia mendatangkan narasumber yang berasal dari Juara Agribiz Challenge sebelumnya yakni Mertani Airi yang juga merupakan alumni UGM Yogyakarta dan Adie Marzuki perwakilan dari PIKIR Institute. Dalam presentasinya, Mertani Airi memaparkan masih terbukanya peluang bisnis di bidang pertanian. Selain itu, Mertani juga menyampaikan perkembangan bisnis startup berbasis inovasi pertaniannya yang terus bertumbuh paska menjadi pemenang Agribiz Challenge 2016.

“Bagi kami, masalah di bidang pertanian adalah sebuah tantangan yang mesti kami jawab sebagai sebuah startup. Dalam perkembangan bisnis kami, inovasi menjadi inti dari model bisnis yang kami kerjakan. Sampai saat ini kami telah bekerja sama dengan pelbagai perusahaan sawit skala nasional.” Ujar Ashif Hujjatul Islami perwakilan dari Mertani Airi.

Dalam acara seminar nasional yang dihadiri oleh alumni dan mahasiswa UGM Yogyakarta ini, Ashif menambahkan bahwa event Agribiz Challenge 2019 sangat penting diadakan di Indonesia. Terutama, sebagai ajang pembuktian bagi inovator muda di tanah air dalam menghadapi masalah pertanian di Indonesia. Terlebih, menurutnya saat ini masih belum banyak entrepreneur di bidang pertanian yang menggunakan pendekatan inovasi teknologi sebagai support pengembangan bisnisnya.

Terpisah, founder PIKIR Institute yang juga merupakan pembina AYO Indonesia Adie Marzuki menyatakan bahwa AYO Indonesia serius dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia melalui inovasi teknologi.

“Event Agribiz Challenge 2019 dapat menjadi penghubung antara inovator bisnis teknologi pertanian yang secara bisnis dapat bertumbuh dan solutif secara social, dengan dunia industri agri di Indonesia.” Menurut Adie Marzuki.

Ia menambahkan bahwa kedaulatan pangan merupakan salah satu masalah krusial di Indonesia, namun belum banyak pihak yang ikut memikirkan solusinya menggunakan pendekatan inovasi teknologi yang tepat guna.

‘Agribiz Challenge membuka peluang dan kesempatan kepada seluruh warga negara untuk berpartisipasi, caranya dengan mendaftarkan bisnis atau inovasinya ke laman www.agribiz.id’ pungkasnya.