Bersama Kementerian Perindustrian dan SSR Jakarta, Kampoong Monster Gelar Pelatihan Animasi Gratis

1160
Dunia animasi di Indonesia prospeknya sangat menjanjikan, terutama di 2D animasi. Karena animasi 2D menjadi salahsatu alternatif produksi yang efektif dan efisien dari segi biaya.

Teknopreneur.com – Dikenal sebagai studio animasi yang banyak mengangkat kebudayaan dan kearifan lokal asli Indonesia, Kampoong Monster membuka kesempatan bagi para peminat animasi untuk mendapatkan kesempatan belajar tentang animasi. Pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Kementerian Perindustrian dan LPK SSR Jakarta ini akan dilakukan mulai dari 28 Januari hingga 23 Februari di Gedung SSR Cibubur.

Menurut  founder Kampoong Monster, Alfi Zachkyelle pelatihan ini terbuka untuk semua kalangan yang memiliki minat di dunia animasi. Selain gratis, menurut Alfi para peserta juga akan mendapatkan fasilitas Asrama, makan, serta uang saku dan sertifikat. Peserta yang bagus dalam pelatihan ini akan langsung dilibatkan kedalam proyek seri animasi.

“Semuanya gratis, malah akan diberikan fasilitas dan pastinya sertifikat. Materi yang diajarkan adalah animasi 2D khususnya belajar frame by frame dan menggambar latar. Nantinya peserta yang memang kita anggap paling baik akan dilibatkan dalam proyek animasi dari Kampoong Monster,” papar Alfi.

Pelatihan dan Diklat ini sendiri adalah program bersama Kementerian Perindustrian yang bertujuan untuk mengembangkan industri animasi di Indonesia yang saat ini memiliki prospek yang sangat bagus.

“Dunia animasi di Indonesia prospeknya sangat menjanjikan, terutama di 2D animasi. Karena animasi 2D menjadi salahsatu alternatif produksi yang efektif dan efisien dari segi biaya. Oleh karena itu saat ini sedang banyak project animasi dengan teknik 2D di Indonesia,” jelas Alfi yang .pernah meraih penghargaan internasional sebagai “The best Comic at Festival Komik Asia and Representing Indonesia” – Asia Europe Comic Project I di Singapura pada tahun 2005 ini.

Alfi menambahkan bahwa yang membuat pelatihan ini menarik adalah konsep 2D animasi berbasis hibrid tradisional & digital saat ini bisa dibilang sangat jarang karena ketersedian source materi tehnisnya yang terkait dengan industri langsung sedikit sekali.

“Jangan cuma melihat gratisnya, tapi materi yang diajarkan juga sangat bermanfaat bagi mereka yang berminat dengan dunia animasi. Untuk menjadi peserta, bisa langsung mendaftarkan diri ke kampoongmonsterstudio@gmail.com” ujarnya.

Kampoong Monster sendiri sebelumnya memroduksi Vatalla Sang Pelindung” yang pernah tayang sebanyak 13 episode di TRANS7. Saat ini mereka sedang memroduksi satu IP kampoong monster kedalam seri animasi TV yang berdasar mitologi lokal, yang melibatkan lintas dua media (game & komik ) serta sebuah platfom anime channel yang nantinya akan melibatkan lulusan terbaik dari program pelatihan yang akan diadakan. Redaksi