Lima Panelis Diskusi Saat Memperingati Hari Jadi Wantiknas ke-12

Teknopreneur.com—Dewan Tenknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantikanas) telah menilai bahwa perkembangan era digital saat ini, data adalah salah satu komponen dasar yang perlu diawasi dan digunakan sebaik mungkin.

“Apapun yang kita lakukan di era sekarang, kita akan selalu diawasi lantaran arus lalu lintas data. Ini dikarenakan data, dan data adalah pondasi di industri 4.0” ucap Ketua Tim Pelaksana Ilham Akbar Habibie, dalam sambutan hari jadi Wantiknas ke-12 yang bertajuk “Simposium Sinergi Multi Stakeholder TIK Nasional: Menuju Ekonomi Berbasis Inovasi”, Selasa (13/11/2018).

Ia melanjutkan dengan kehadiran konektivitas digital Indonesia memiliki potensi yang cukup besar. Itu ditunjukan dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan ketersedian infrastruktur jaringan Broadband.

Tidak hanya itu kemunculan startup juga dinilai sebagai salah satu pemicu untuk Indonesia menjangkau ekonomi digital. Dari beberapa bidang startup yang ter-blow up, Ilham menyarankan para pemangku kepentingan agar lebih memfokuskan ekosistem bidang Fintech. Hal ini dikarenakan, startup di bidang Fintech yang masih belum menampakan di level startup Unicorn.

Sementara Direktur Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Ismail menenyebut, perkara kondisi sebaran infrastruktur jaringan Indonesia masih memiliki beban yang cukup sulit untuk diselesaikan. Sehingga, tegas Ismail, pemerintah perlu melakukan upaya percepatan dari segala sisi untuk mempersiapkan era digital ekonomi.

“Semoga dengan adanya pembangunan Palapa Ring yang saat ini sedang dikerjakan, akan lebih mudah menjangkau konektivitas jaringan diseluruh pelosok” kata Ismail.

Lebih jauh Ismail melihat bahwa perkara Sumber Daya Manusia (SDM) atau ketersedian talenta pun tak luput untuk diperhatikan. Pasalnya, untuk menopang pertumbuhan ekonomi digital tentu SDM mumpuni sesuai dengan kebutuhan pasar industri adalah satu konsep penting untuk iklim kurikulum pendidikan. (Wes)