Momen Opening Cerempny Yang Dibuka Oleh Triawan Munaf
Momen Opening Ceremony Yang Dibuka Oleh Triawan Munaf

Teknopreneur.com—Pada gelaran World Conference on Creative Economy (WCCE) Bali 2018, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengumumkan bahwa saat ini 17 juta warga Indonesia bergantung pada industri kreatif. Uniknya dari angka itu dijelaskan, perempuan  cukup mendominasi untuk sektor industri kreatif sebagai andalan pendapatannya.

“Sektor ekonomi kreatif kita merupakan rumah bagi 17 juta orang, dan sebagian besar pelaku ekonomi kreatif itu sebagian besar adalah wanita.” ucap kepala Bekraf Triawan Munaf disaat pembukaan WCCE, Rabu (7/11/2018).

Ia juga melanjutkan, dari dominasi peran wanita pada perkembangan industri kreatif saat ini menjadi bukti bahwa peluang pemerataan ekonomi Indonesia telah merata. Kemudian, nilai pertumbuhan ekonomi kreatif ditingkat global jumlah kontribusinya telah mencapai 2.250 miliar di tahun 2015, yang dikerjakan oleh 2,5 miliar orang.

Triawan Munaf menyebut, saat ini ekonomi kreatif kini telah menjadi inklusif sehingga unsur kapitalisasi dari sebagian orang tidak lagi terjadi. Tidak hanya itu, perkembangan teknolgi informasi yang sudah banyak menghubungkan benyak orang, sangat membantu value chain di berbagai bidang industri saat ini.

Di waktu yang sama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menambahkan, yang terpenting dalan perkembangan industri kreatif ialah kerjasama di berbagai pihak. Sehingga kedepannya berbagai peluang baru bisa diperoleh semua orang.

“kami disini tidak mendefinisikan ekonomi kreatif, namun hanya untuk membagi ide, berkolaborasi, dan membantu untuk pertumbuhan ekonomi kreatif nasional maupun global” ucapnya.

Melihat potensi Inodensia yang cukup besar dari segala aspek, Retno menilai Indonesia memiliki peluang emas untuk mengedepankan ekonomi kreatif. Ini dikarenkanan kelengkapan unsur budaya, karya, dan Bahasa, mampu jadi penopang utama ketika Indonesia dilanda krisis yang disebabkan faktor ekonomi global.

Untuk diketahui, Dalam pembukaan acara WCCE ini diikuti oleh 30 delegasi negara dan ada sekitar 1400 peserta yang hadir. Dengan mengusung tema Inclusively Economy, dalam hal ini Indonesia ingin memberikan pesan bahwa ekonomi kreatif dapat menjadi “Roda” utama dalam menggerakan perekonomian dalam suatu negara, dan nilai ekonomi kreatif yang berdasar ide dan inovasi, tak akan habis lantaran manusia masih akan tetap selalu berkembang.

Acara konfrensi ini pun turut menghadirkan beberapa tokoh kreatif ternama, seperti Pemenang sutradara terbaik Emmy Award Lisa Rausel, Ceo dab Co-Founder Moonton (Mobile Legend) Justin Yuan, dan Presiden China Film Group Corporation Le Kexi. (Wes)