Ilustrasi Indusri Digital, Dok. SindoNews

Teknopreneur.com—Melihat perkembangan Industri bisnis yang makin banyak ditemui, nampaknya industri tipe tersebut sudah jadi keharusan di era industri 4.0.

Seperti yang dikatakan Kordinator Divisi Research iCIO Digital Transformation 2018 Abidin Riyadi Abie, bahwa kini tugas peran CIO untum industri digital semakin urgent disaat bisnis berupaya merealisasikan peningkatan pelayanan pelanggan, hingga mendorong proses meningktakan efisiensi dengan langkah digitalisasi.

Hasil ini juga diperkuat laporan survey dari 58 CIO dan Executive TI dari berbagai industri yang ada, seperti, keuangan, farmasi, pendidikan, telekomunikasi, dan sumber daya alam, yang cukup besar dalam membelanjakan anggaran untuk TI lebih dari Rp 100 miliar di tahun 2019-2020.

Bahkan menurutnya, survey ini telah menunjukan bahwa saat ini inisiatif digital telah menjadi prioritas utama dari berbagai organisasi dan beberapa perusahaan besar di Indonesia. Ia menyebut, hampir 10 persen CIO mengakui dampak positif transformasi digital di perusahaanya.

“Dari survei ini, kita semua bisa mengetahui bahwa transformasi digital yang dilakukan enterprise  di Indonesia  telah mencapai milestones penting, dan hari ini melalui survei yang dilakukan untuk pertama kalinya oleh iCIO Community kepada para member-nya terungkap bahwa TI kini tidak lagi sekedar menjadi enabler bisnis melainkan menjadi driver yang menjadi kunci enterprise membangun daya saing di era Industry 4.0 dan karenanya posisi CIO menjadi semakin strategis.” jelas Abie melalui siaran persnya, Senin (5/11/2018).

Abie melanjutkan, fakta lain dari survey ini telah menemukan semua enterprise di Indonesia saat ini sedang berada di dalam masa transisi menuju digital business dengan melakukan berbagai perubahan dan efisiensi berbagai proses bisnis. Faktor yang menjadi pendorong utama transformasi digital itu adalah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui digitalisasi.

“Untuk mencapai hal itu hingga tiga tahun ke depan enterprise di Indonesia merancang strategi yang fokus untuk memodernisasi seluruh infrastruktur TI, melakukan integrasi berbagai kanal digital yang telah mereka miliki dan mengembangkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia di organisasi. Semua itu dilakukan untuk bisa melayani pelanggan secara lebih baik,”  kata Hermawan Thendean, Koordinator Divisi Research iCIO Community yang lain.