Potensi Pertanian Nasional Melimpah, Ini 8 Startup Lokal yang Perlu Diketahui

Teknopreneur.com— Demi mengembalikan swasemda pangan Indonesia, Menteri Pertanian Andi Amran selalu mengingatkan perlunya peningkatan produksi di sektor pertanian, dan baginya hal ini tentu bukan retorika belaka, namun harus benar-benar diwujudkan.

Amran menilai bahwa potensi pertanian Indonesia cukup besar untuk dimanfaatkan secara maksimal, ia pun yakin Indonesia mampu berdaulat di sektor pangan tanpa perlu upaya impor. Di tahun 2017 misalnya, tercatat Indoensia mampu mengekspor bahan pertanian senilai Rp442 triliun, atau naik 24 persen dari tahun 2016. Sehingga berdampak positif pada nilai surplus perdangaan di tahun 2017 sebesar Rp214 triliun.

“Hari ini, kita buktikan lagi ekspor. Ada mangga dan benih sayuran, juga bawang merah. Inilah tujuan yang kita bangun, Online Single Submission. Ini perintah presiden. Dulu mengurus izin bisa 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, tapi hari ini bisa 1 jam. Negara kita atau pertumbuhanan ekonomi bisa bangkit karena 2 hal, yaitu ekspor dan investasi. Ke depan, 2 hal ini kita dorong terus,” kata Amran, mengutip Suara.com, Selasa (16/10/2018).

Data BPS menunjukan nilai ekspor beras untuk komoditas Hortikultura di periode Januari-Juli 2018, tercatat Rp1,22 triliun, naik 60,5 persen ketimbang tahun sebelumnya. Dengan data ini menurut Amran Indonesia seharusnya optimis untuk kesejahteraan pertanian, untuk mewujudkan hal tersebut Amran juga telah meminta staf Kementan untuk menambah kawasan pengembangan pertanian dan pendampingan edukasi itensif dari hulu hingga hilir.

“Negara kita ini subur, masih banyak lahan yang belum dioptimalkan. Saatnya kita bangunkan, jangan biarkan lahan tidur,” lanjutnya.

Di sisi lain dalam mengahadapi era serba digital, segala inovasi yang berkaitan dengan pertanian memang perlu digalakan. Dengan tujuan agar efisiensi dalam hal pengelolaan ekonomi maupun edukasi pertanian lebih baik.

Jika melihat pertumbuhan startup yang terus meningkat. Ada beberapa startup lokal perlu dilirik dan apresiasi untuk mewujudkan daulat dan inovasi di sektor pertanian, diantaranya; SiKumis, iGrow, Crowde, Limakilo, Ci-Agriculture, 8ViLLages, Eragano, dan terakhir eTanee.