Daniel Zhang,
Daniel Zhang, Foto: South China Morning Post

Teknopreneur.com—Beranjak ke usia ke-19, perusahaan besar e-Commerce Alibaba bakal mengganti Jack Ma sebagai Chairman pada 10 September 2019 mendatang.

Hal ini ditandai dengan pernyataan resmi Jack Ma saat ia berulang tahun ke-54, yang mengumumkan bakal pensiun dari kursi Chairman dan kemudian menunjuk Daniel Zhang sebagai sosok pengganti kepemimpinan raksasa e-Commerce tersebut.

Lantas siapa itu Daniel Zhang?, setelah dua hari pengumuman tersebut Teknopreneur mendapati bahwa sosok Daniel Zhang merupakan Chief Executive Officer (CEO) sejak tahun 2015. Karir pertamanya melesat saat ia mulai aktif masuk di anak perusahaan Alibaba yakni Taobao dan menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO).

“Sementara itu, saya saya masih akan menjabat sebagai Chairman dan dalam 12 bulan ke depan, saya akan bekerja dengan Daniel untuk memastikan transisi yang mulus,” ucap Jack Ma, pada siaran media Alibaba Group.

Kehadiran Zhang yang bisa dibilang sebagai orang lama, rupanya memiliki prestasi positif bagi Alibaba. hal tersebut ditunjukan saat Zhang diusung sebagai Presiden Tmall yang akrab disebut sebagai platform business-to-consumer (B2C) milik Alibaba.

Saat itu ketika ia mepelopori kegiatan bertajuk  11 November Shopping Festival (Single’s Day), yakni sebuah acara Shopping Day yang begitu popular di Tiongkok. Zhang berhasil membujuk pembeli dengan menghabiskan sekitar $25 miliar atau setara dengan Rp372 triliun dalam kegiatan tersebut. Sehingga dari “polesannya” Zhang berhasil membuat 11 November Shopping Festival jadi hari belanja terbesar di dunia.

Maka tak aneh ketika Alibaba justru tertarik untuk memboyong Zhang sebagai Leader barunya. Terlebih jika melihat Track Record-nya, Zhang pada saat 2013 ia mulai menjabat sebagai COO di Alibaba Group, yang berperan mengawasi oprasi bisnis Alibaba luar Tiongkok ataupun dalam.

Kemudian pada Mei 2015, ia berhasil menggantikan Jonathan Lu sebagai CEO Alibaba Group disaat Alibaba mengalami penurunan pendapatan 49 persen di awal tahun 2015. Tidak hanya itu, catatan peran lainya adalah saat Zhang memimpin Alibaba berinvestasi pada Alibaba Health, Haier, In+me Retail and Singapore Post.

Dalam hal pendidikan, Zhang merupakan lulusan sarjana keuangan dari Shanghai University of Finance and Economics. Bahkan jauh sebelum ia masuk ke Alibaba, Zhang merupakan senior divisi audit serta penasihat bisnis di perusahaan Pricewaterhouse Coopers Shanghai.(WES)