Halaman Situs Skagata Career Center

Teknopreneur.com—SMKN 3 Yogyakarta yang kemudian akrab disebut SKGATA, meluncurkan Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk portal karir SMK yang bernama SKAGATA Career Center untuk pertama di Indonesia. Portal tersebut akan menghubungkan antara BKK SMK, Perusahaan, dan anak lulusan SMK guna memudahkan mereka mencari kerja yang sesuai denga jurusan mereka.

Peluncuran portal SKAGATA Career Center tersebut juga menjadi kado ultah terbaik bagi SMKN 3 Yogyakarta. Teknisnya Portal SKAGATA Career Center dapat dibuka melalui link http://www.bursakerjasmk.sch.id.

Koordinator BKK SMKN 3 Yogyakarta Faiz Mudhokhi mengatakan, Portal ini adalah inovasi baru berbasis Teknologi Informasi, kemudian didukung BKK SMK yang merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di jenjang SMK.

“karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja. Selain itu BKK juga sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, yang merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Optimalisasi layanan BKK kepada alumni atau pencari kerja lulusan SMK menjadi salah satu latar belakang munculnya inovasi berbasis teknologi informasi ini.” Ucap Faiz pada Redaksi Teknopreneur, Senin (13/8/2018).

Halaman Situs Skagata Career Center, Buatan SMKN 3 Yogyakarta
Halaman Situs Skagata Career Center, Buatan SMKN 3 Yogyakarta

Selain itu inovasi ini muncul karena keresahan pengurus BKK dalam pelaksanaan pendaftaran dan pengelolaan data para kandidat pencari kerja yang melamar kerja melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta.

“Selama ini, para pelamar kerja setiap melamar pekerjaan melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta diharuskan mengisi formulir pendaftaran serta melampirkan dokumen lamaran kerja, kemudian biasanya perusahaan juga menginginkan rekap pendaftar lowongan dalam bentuk file excel sehingga pengurus BKK harus menulis ulang data formulir pencari kerja ini, kami jadi kerja dua kali. Selain itu dokumen lamaran dan formulir itu menjadi menumpuk memenuhi lemari dokumen apabila perusahaan tidak membawanya” tambahnya.

Melalui Portal Karir ini, semua ketidakefektifan dalam proses melamar kerja para pencari kerja berusaha diminimalisir sehingga semua pihak mendapatkan kemudahan. Kemudian nantinya portal kerja buatan SMKN 3 tersebut kedepan setidak bisa meminimalisasi waktu bagi para pencari kerja dan tanpa harus dating ke kantor BKK.

“Cukup dengan membuat akun dan mengisi data Curriculum Vitae dengan lengkap serta mengunggah dokumen lamaran, setiap pelamar kerja dapat melamar kerja pada lowongan yang tersedia dengan cukup satu kali klik tombol Lamar Kerja” Imbuhnya.

BKK dan Perusahaan kini dapat dimudahkan dalam mendapatkan Kandidat serta melakukan seleksi secara online melalui portal ini.

“Data pelamar serta hasil rekrutmen dapat cepat kami sampaikan kepada Pihak Disnaker untuk pelaporan penempatan tenaga kerja yang rutin BKK lakukan” kata Faiz.

Menurutnya penggunaan SKAGATA Career Center ini juga dapat digunakan oleh BKK SMK lain, dan pasti akan lebih memudahkan semua BKK. Portal ini juga diharapkan dapat membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di masing-masing daerah dalam mendapatkan calon tenaga kerja yang berasal dari SMK. (Red)