Hasil Survey Data Base Startup Indonesia 2018
Hasil Survey Data Base Startup Indonesia 2018

Teknopreneur.com—Memasuki era perkembangan teknologi industri 4.0, Indonesia disebut sebagai negara dengan pertumbuhan startup yang cukup besar. Terlebih sudah sekitar 5 sampai 6 tahun yanglalu istilah “startup” banyak diperbincangkan ketimbang “entrepreneurship” pada umumnya.

Maka tak aneh jika kemudian banyak bermunculan founder baru yang terinspirasi “pemain” lama yang telah sukses mendirikan perusahaan rintisan yang kemudian akrab disebut startup tersebut.

Wajar jika optimisme inovasi baru mulai banyak bermunculan karena para pelaku startup ialah kaum milenial yang memang dinamis.

Sayangnya, dari sekian banyak jumlah startup yang ada—diyakini ada sekitar 10.000 startup—namun tidak ada data yang benar-benar terverifikasi kebenarannya. Sekalipun ada situs yang melakukan pemeringkatan, data mereka bisa dikatakan kurang valid lantaran mekanisme verifikasi yang lemah.

Berdasarkan temuan Teknopreneur melalui survei yang bertajuk “Data Base Startup Indonesia 2018”didapatkan fakta secara keseluruhan terdapat 920 startup valid di Indonesia tersebar di semua wilayah. Besar jumlah tersebut pun dipetakan berdasarkan bidang, dan menghasilkan untuk bidang e-Commerce tercatat ada 383 startup, Fintech 47 startup, Game 25 startup, kemudian jumlah bidang startup paling banyak ialah General yang memiliki jumlah 465 startup.

Dari Data Startup Indonesia 2018 tersebut juga terlihat, di wilayah Sumatera terdapat 65 startup yang aktif, kemudian wilayah Jabodetabek 480, Jawa Barat 88, Jawa Tengah dan DIY ada 87, Jawa Timur 99, Bali 38, Kalimantan 16, Sulawesi 22, lalu yang masih belum diketahui data profile-nya saat ini masih 25 startup. (Wes/IN)