Fishgator Salah Satu Finalis Ytech Siap Bantu Budiya Ikan Kerapu

Teknopreneur.com—Salah satu finalis YTech, Fishgator yang merupakan platfrom IoT agribisnis hadir sebagai startup yang eksis di bidang kemaritiman. Dengan melihat Indonesia yang 75 persennya ditutupi oleh lautan, Fishgator menempatkan dirinya sebagai jawaban atas persoalan kendala teknis dalam menjalankan bisnis perikanan.

Terkait persoalan perikanan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang memiliki lebih dari 13 ribu pulau. Dan sebagaimana sudah diketahui, peningkatan jumlah produksi ikan jenis kerapu selalu mengalami peningkatan yang ditunjukan pada tahun 1999 sebesar 759 ton, meningkat menjadi 15.645 ton di tahun 2016.

Artinya, perolehan Indonesia atas kekayaan kemaritiman sudah berkisar 1,1 Triliun hanya untuk disektor bisnis budidaya kerapu. Namun seiring dengan makin meningkatnya permintan, petani kerapu kerap kali menemukan kendala kualitas perairan air pantai yang cenderung menurun.

Untuk itu, CEO Fishgator Yudistira menawarkan solusi yang tepat dengan pengontrolan terhadap kulaitas air yang begitu penting untuk pembenihan ikan. Menurutnya dengan menggunakan teknologi IoT inkubator ikan kerapu, secara langsung petani kerapu otomatis mengatasi kandungan zat-zat terlarut seperti Dissolved Oxygen, tingkat keasaman (pH), kandungan amonia, serta kandungan zat besi.

Tak hanya itu, Fishgator pun melengkapi fitur monitoring dan treatment sistem untuk memantau kualitas air berbasis smartphone dan web. Selain itu Fishgator dengan teknologinya mendukung alarm sistem.

“Dalam hal ini fishGator juga dilengkapi webcam yang berfungsi sebagai monitoring dan kontrol nafsu pakan ikan berbasis image processing system yang terintegrasi dengan mini Automatic Feeder” terang Yudis pada siaran rilis YTech yang diterima Teknopreneur.com
Menurutnya Fishgator juga dilengkapi katalog budidaya ikan kerapu yang selalu update, sehingga memudahkan petani atau nelayan kerapu dalam proses pemantauaan.

“Dengan adanya Fishgator dapat meningkatkan hasil panen pembudidaya ikan kerapu sehingga secara garis besar dapat meningkatkan perekonomian lokal” lanjutnya.

Untuk kesiapan Fishgator, saat ini Yudis sudah menerapkan beberapa kolam budidaya ikan kerapu di Jawa Timur. Sehingga sudah tak diragukan lagi kesiapan inovasi Fishgator sudah siap untuk dipasarkan dan didemokan pada acara Grand Final YTech pada hari Rabu, 16 Mei 2018 di Jakarta.WES