Aplikasi Google Play Store Versi Lite

Teknopreneur.com– Anda tentu pernah mengalami kekurangan RAM space ketika ingin menginstal aplikasi di smartphone Android. Mungkin kedepannya hal ini akan jarang terjadi, lantaran Google Play Store telah memperkenalkan pilihan aplikasi versi Lite atau Go pada masyarakat global. Pilihan ini tentu menjadi rekomendasi bagi pengguna untuk menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kapasitas memori pada smartphone mereka.

Sebagai contoh, sebut saja aplikasi social media Facebook. Jika Anda ingin menginstal aplikasi Facebook, maka akan muncul sebuah pengingat versi yang cocok untuk ponsel Anda. Jika memori yang tersisa sangat terbatas, maka Google Play Store akan merekomendasikan Facebook Lite adalah opsi untuk ponsel Anda. Versi Lite dari jejaring sosial ini memiliki bobot hanya 1,6 MB, lebih kecil jika dibandingkan dengan 60MB untuk versi lengkap aplikasi. Dengan memilih pilihan Lite di bawah pengingat yang muncul, maka Anda akan secara otomatis Anda langsung ke daftar Lite Facebook. Aplikasi Lite lainnya termasuk Skype Lite dan Twitter Lite.

Selain Lite, juga direkomendasikan di Google Play Store adalah aplikasi Android Go. Ini adalah aplikasi yang dibuat untuk handset Android Go, yang biasanya hanya memiliki RAM 1GB dan dihargai di bawah US$ 100. Banyak aplikasi Google yang paling populer seperti YouTube, Gmail, Google Maps, dan Google Search memiliki versi “Go”. Dan pada beberapa telepon, jika Anda memeriksa daftar untuk versi lengkap dari aplikasi ini, Anda akan melihat pengingat bahwa versi “Go” dapat dipasang menggunakan ruang penyimpanan yang jauh lebih sedikit.RED