Menkominfo dan Lintasarta Resmikan Akses Internet di Wilayah Sumbaya, NTB.

Teknopreneur.com— Dalam rangka meningkatkan jangkauan internet di seluruh pelosok Indonesia, Meteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, melakukan peresmian akses internet di Desa Uma Bringin, Kecamatan Uter Uwes, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu (17/3). Peresmian yang juga dihadiri wakil Bupati Sumbawa, Anggota Komisi I DPR RI, Dirjen PDT, dan President Direktur Lintasarta, Arya Damar.

Lintasarta sebagai Information & Communication Technology (ICT) Total Solution Company terus mendukung program Universal Services Obligation (USO) dari BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) dengan membangun akses internet di daerah yang sulit terjangkau di Indonesia salah satunya di Sumbawa, NTB.

President Director Lintasarta, Arya Damar mengatakan, “Suatu kebanggaan tersendiri bagi Lintasarta untuk secara aktif mendukung pemerintah melakukan upaya pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi termasuk pembangunan jaringan melalui program USO di daerah-daerah terpencil yang selama ini belum terjangkau layanan telekomunikasi dasar sekalipun.”

Arya Damar mengatakan, untuk lokasi NTB, Lintasarta sudah memasang 37 Lokasi. Khusus untuk Kabupaten Sumbawa terdapat 16 lokasi Akses Internet dan 2 BTS. Sampai dengan akhir tahun 2017, Lintasarta sudah menyediakan layanan Akses Internet dan BTS di 26 propinsi, 116 kota kabupaten, sebanyak 402 lokasi Akses Internet dan 134 BTS yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Menurutnya hal ini menjadi cerminan bahwa internet memungkinkan masyarakat untuk semakin produktif sekaligus lebih berdaya saing secara ekonomis,” tambah Arya Damar.

Dari hasil survey yang di dapatkan bahwa sudah ada Ibu PKK yang kuliah online, mahasiswa yang aktif di KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) ikut sertifikasi, Petani mendapatkan informasi obat pembasmi hama, SMK melakukan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), memasarkan kopi Sumbawa melalui Instagram.

Di kesempatan ini juga, Menteri Kominfo ikut menyaksikan penyerahan bantuan CSR berupa laptop dan sertifikat pelatihan internet sehat yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2018 di Kantor Desa Uma Beringin, oleh President Director Lintasarta Arya Damar kepada Kantor Desa dan KIM Uma Beringin, Kantor Desa dan KIM Pukat, SMKN 1 Lenangguar.

Dalam acara tersebut juga dilakukan uji coba internet dengan video call dari Desa Uma Beringin ke lokasi akses internet lain yang berada di Desa Kukin dan Desa Maronge. Di sela-sela kunjungannya Menkominfo juga melakukan peninjauan UKM PKK Desa Uma Beringin dan ruang KIM di Kantor desa Uma Beringin.RED