Survey APJII 2017; Pemanfaatan Internet Di Bidang Sosial-Politik

Teknopreneur.com—Melihat kenaikan jumlah pengguna internet yang cukup signifikan di setiap tahun, sepertinya membuat Indonesia semakin kuat menghadapi era digital saat ini. Hal tersebut terlihat dari hasil survey Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017 yang menunjukan, bahwa pengguna internet saat ini mencapai 143.26 juta atau naik 54.68 persen.

Uniknya seiring dengan pertumbuhan pengguna internet, kegiatan sosial (Filantropi) dalam bentuk penggalangan dana pun mulai nampak di Indonesia. Yakni, sebanyak 16.31 persen, atau setara 42.7 juta masyarakat telah aktif untuk saling membantu satu sama lain.

Terlebih dengan bantuan teknologi Peer to Peer Lending (P2P), metode berbagai cara pembayaran pun mulai mendukung. Yang dibuktikan dari makin banyaknya layanan startup online di bidang keuangan.

Puncaknya mulai terasa ketika Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan POJK Nomor 77/POJK01/2016, sebagai dasar aturan tata cara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. Yang kemudian mengakibatkan memperkuat pertumbuhan Fintech nasional.

Merujuk peraturan tersebut, besar kemungkinan potensi layanan Fintech untuk kegiatan amal digital kian positif penggunaanya di kalangan masyarakat.

Berdasarkan hasil survey APJII sepintas memang tak begitu besar, namun bukan berarti pengguna internet lainnya tidak peka terkait permasalahan sosial. Dikarenakan, masih ada 50.26 persen atau 131 juta masyarakat nampak aktif dalam mencari informasi sosial lingkungan mereka.WES