Survei APJII 2017: Berdasar Perangkat Yang Digunakan Mengakses Internet

Teknopreneur.com—Dari sekian banyak perangkat digital yang beredar saat ini, rupanya penggunaan smartphone atau tablet Indonesia terlihat lebih besar ketimbang perangkat Personal Computer (PC). Sebanyak 44.16 persen masyarakat lebih nyaman menggunakan smartphone untuk aktivitas internet keseharian mereka. Fakta ini didapat dari hasil survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) bekerjasama dengan Teknopreneur Indonesia.

Hasil riset ini juga menyebutkan, angka pengguna PC nasional kini hanya 4.49 persen dari total jumlah penduduk. Sehingga nampak kurang dari 12 juta masyarakat saat ini masih dibilang setia dalam menggunakan PC dan laptop mereka untuk berselancar di dunia internet.

Bahkan, berdasar laporan penjualan lembaga riset dan konsultan Gatner Inc menunjukan hal yang sama, yakni, kondisi penjualan PC dan laptop dunia semakin sepi dan terlihat cenderung menurun disetiap tahunnya.

Riset Gatner menunjukan, masuk di periode 2015 sampai 2016 pergerakan penjualan perangkat PC turun sebanyak 11.5 persen,sehingga tak aneh jika anomali penggunaan PC kian rendah di mata dunia.

Kendati demikian, bukan berarti masyarakat yang memiliki perangkat smartphone tak memiliki PC untuk akses internet mereka. Justru jika melihat data riset APJII secara mendalam, sebanyak 39.28 persen masyarakat memiliki kedua perangkat tersebut. Tak cukup besar memang, namun menurut angka yang ditunjukan masyarakat Indonesia terlihat cukup aktif guna berselancar internet di dua perangkat digital.WES