Survey APJII 2017; Penetrasi Pengguna Internet Berdasar Karakter Kota / Kabupaten

Teknopreneur.com—Hasil survey Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet 2017 yang dilakukan oleh APJII dan Teknopreneur Indonesia ada kebutuhan mendesak untuk pembangunan infrastruktur Telekomunikasi di wilayah rural dan rural-urban. Dari hasil survey, ditemukan fakta bahwa pada dua karakteristik wilayah ini, pengguna internet tidak sampai 50 persen.

Prosentase pengguna internet pada karakter wilayah rural dan rural-urban masing-masing hanya mencapai 48.25 persen dan 49.49 persen. Menyikapi hal tersebut Seketaris Jenderal APJII Henri Kasyfi mengungkapkan, untuk di karakter wilayah urban terlihat begitu pesat pertumbuhannya. Dikarenakan, sebagaimana yang diketahui faktor penunjang infrastruktur telekomunikasi di wilayah tersebut sudah memadai.

“Penetrasi pengguna internet di wilayah urban ini sudah tinggi yakni mencapai 71,41 persen, rural-urban 49,49 persen, dan rural 48,25 persen,” kata Henri.

Menurutnya, poin utama yang perlu diperhatikan ialah kondisi karakter wilayah rural memang harus dikembangkan, jika ingin jumlah penetrasi pengguna internet di tahun depan meningkat. Sebab, penetrasi di wilayah tersebut masih jauh diharapkan.

“Infrastruktur di urban sudah bagus tapi infrastruktur di rural masih perlu ditingkatkan lagi, untuk bisa meningkatkan lagi pertumbuhan pengguna internet di Indonesia,” lanjutnya. WES/IN