Hasil Survey APJII 2017; Penetrasi Pengunaan Internet Berdasarkan Level Ekonomi

Teknopreneur.com—Masih dari hasil survey Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APJII) yang dirilis pada Senin (19/20), masyarakat dengan strata kelas sosial ekonomi atas cenderung lebih mendominasi dalam penggunaan internet saat ini.

Berdasarkan hasil survey, sebanyak 93.10 persen penggunaan internet nasional masih cenderung dinikmati oleh kelas sosial ekonomi atas. Artinya, dari 262 juta jiwa penduduk nasional terhitung ada 243.9 juta masyarakat sudah tergolong dalam kelas masyarakat ekonomi atas.

Sekertaris Jenderal APJII Henri Kasyfi Soemartono mengatakan, belum meratanya akses pengunaan internet untuk setiap kelas ekonomi masyarakat. Hal itu merupakan Challenge untuk segenap instansi terkait dan jajarannya.

“Masih ada kesenjangan yang cukup lebar antar masyarakat dengan strata ekonomi yang berbeda. Ini merupakan Challenge untuk kita. Terutama mengenai rendahnya penetrasi pengguna internet yang terjadi pada masyarakat berkarakter wilayah rural,” ujarnya.

Menurut Henry, hal ini disebabkan, masih minimnya infrastruktur pendukung untuk penggunaan internet pada karakter wilayah rural tersebut.

Bahkan jika ditelaah lebih jauh, sebenarnya ada dua data survey lainnya yang perlu diperhatikan terkait penetrasi internet berdasarkan strata ekonomi. Yakni kelas sosial ekonomi menengah dan kelas sosial ekonomi bawah, yang kemudian besar angka persentasenya masing-masing tercatat hanya 82.95 dan 58.66 persen.

Kendati demikian, sebenarnya Indonesia memiliki kesempatan untuk meningkatkan 1 sampai 1,5 persen, jika benar-benar memanfaatkan potensi digitalnya saat ini.

Seperti halnya yang disampaikan Ketua Umum APJII Jamalul Izza, kedepannya jika proyek tulang punggung internet telah rampung dikerjakan maka sangat besar kemungkinan peningkatan di segala bidang bisa terjadi. Terutama terhadap penetrasi pengguna internet yang diprediksi bakal meningkat lebih tinggi di tahun 2018 sampai 2019. WES