Program DILo

Teknopreneur.com—Selaras dengan pertumbuhan ekonomi kreatif di setiap tahunnya, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memprediksikan di tahun 2018 industri kreatif akan mengalami puncak tren positif. Untuk itu, sebagai salah satu pendukung tren ekosistem tersebut PT. Telkom Indonesia dan MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK Indonesia) telah mengembangkan sebuah Creative Camp Digital Innovation Lounge (DILo) di beberapa Kota di Indonesia, dan untuk pertama kalinya program tersebut akan dibuka di kota Padang, Sumatera Barat pada Kamis (8/2).

Merujuk pada prediksi tahun 2018, hal tersebut sesuai dengan hasil riset Bekraf dan Badan Pusat Statistik nasional (BPS), yakni tren kenaikan positif bisa dilihat dari hasil pendapatan Indonesia pada tahun 2015 lalu. Tercatat dana sebesar Rp852 triliun berkontribusi dalam Pendapatan Domestik Bruto (PDB) nasional.

Bahkan masuk di tahun 2016, angka pendapatan industri kreatif naik mencapai Rp922.58 triliun atau sebesar 7.44 persen dari sumbangsih PDB nasional. Kendati demikian dari ekosistem pertumbuhan ekonomi yang begitu mendukung, maka perlu adanya sebuah wadah pengembangan Enterpreneurship di segala bidang.

Sehingga  direntang awal tahun ini PT. Telkom Indonesia berkesempatan untuk menghadirkan DILo di Kota Padang, dengan menghadirkan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan Rudiantara selaku Menkominfo RI yang begitu mengapresiasi pembukaan program DILo tersebut.

Dikabarkan lebih jauh terkait acara pembukaan, Teknnopreneur.com mendapati informasi bahwa jalannya acara akan dimulai dengan kegiatan Expert Session. Yang akan diisi oleh M.Hanif Dinada, CEO dari Infokes dan Indra Purnama, Tenaga Ahli Senior Inovasi Komite e-Commerce Perekonomian RI.

Dialog yang akan merujuk pada industri kreatif dunia digital, pokok perkara yang akan disampaikan dari kedua pemateri tersebut. Merupakan “wejangan” penting untuk kaula muda untuk merintis bisnis digital yang begitu tren saat ini, yang kemudian pada puncak acara akan dlanjutkan dengan peresmian secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat dan Menkominfo RI.

Bukti keseriusan program ini pun terlihat dari tiga Startup lokal Kota Padang yang turut berpartisipasi, seperti; Ejaan.id (kategori Edukasi), Ivenmu.id (Marketpalce Event), terakhir kiribang.info (Transportasi).

Pada acara penutup pun, dikabarkan akan dilakukan dengan kegiatan DILo Facilities Tour dan Community Gathering. Dan sekedar perlu diketahui, DILo yang merupakan bagian dari program Indigo.id menyediakan fasilitas co-working space, event space, classroom, dan meeting room untuk mendukung ekositem kreatif di Kota Padang yang nantinya akan berkembang sebagai Digitalpreneur dan cikal bakal Startup di Indonesia.WES