Pembukaan Otobank VSAT Nomadic, Riau

Teknopreneur.com—Dalam mengikuti arus perkembangan digital, skema layanan di setiap daerah pun harus segera ditingkatkan. Seperti halnya layanan perbankan, teknologi VSAT Nomadic adalah teknologi yang tepat untuk perkembangan industri perbankan di beberapa wilayah pelosok yang sulit dijangkau.

Demi mewujudkan hal tersebut, penyedia layanan VSAT Nomadic yakni Lintasarta dan pelaku industri seperti Bank Riau Kepri pun jalin kerjasama, yakni dengan melakukan penggandaan 10 unit mobil Otobanking. Kerjasama ini merupakan giat solusi yang tak lain untuk meningkatkan kemudahan akses perbankan bagi masyarakat Riau.

Layanan dengan skema digital memang merupakan wacana yang penting untuk diperhatikan dari berbagai pihak yang terkait, sayangnya berdasarkan data pemerintah dijelaskan, bahwa akses terhadap layanan perbankan Indonesia tercatat hanya mencapai 30 persen dari total 260 juta jiwa penduduk.

Dengan pelayanan Otobanking atau kemudian dikenal sebagai kantor kas yang bersifat mobile, dikarenakan wujud penerapan teknologinya mengunakan sebuah kendaraan.

Lintasarta dan Bank Riau Kepri pun, memastikan jarak tempuh dan ketersediaan fasilitas perbankan tidak lagi menjadi kendala berarti, bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan perbankan.

Dengan demikian melalui teknologi Otobanking VSAT Nomadic ini akan membantu masyarakat di wilayah pelosok untuk membuat rekening, mengajukan pinjaman dan melakukan transaksi antar nasabah.

Dijelaskan oleh Business Director Lintasarta, Alfi Asman. Dengan penggunaan teknologi VSAT Nomadic pada layanan industri perbankan saat ini, ialah sangat tepat untuk menjangkau masyarakat yang berada di pelosok.

Yang memungkinkan dengan bantuan teknologi tersebut, kendaraan yang sudah terpasang akan terlihat memiliki banyak fungsi seperti; ATM, Costomer Service, bahkan bisa berfungsi sebagai Teller Bank.

“Semua teknologi ini akan sangat bermanfaat karena dapat menjangkau wilayah-wailayah yang sulit dijangkau,” kata Alfi pada Rabu (17/1) lalu, di Pekanbaru.

Menurutnya, hal yang terpenting untuk menjadi catatan ialah kualitas layanan perbankan menjadi genting lantaran fungsinya begitu sentral dalam mendorong pertumbuhan perkonomian daerah. Untuk itu, pihaknya berkomitmen memberikan layanan terbaik guna mendorong pertumbuhan daerah dengan solusi total ICT yang dapat diandalkan.WES