Acara serah terima Command Center, Pemerintah kabupaten Langkat, Sumatra Utara

Teknopreneur.com— Isu pembangunan Smart City Indonesia gencar dikembangkan berbagai bidang, mulai dari layanan Booking, transportasi, serta layanan jasa keuangan yang makin memudahkan masyarakat. Di penghujung tahun 2017, Pemerintah kabupaten Langkat Sumatra Utara, melakukan prosesi serah terima Command Center pada Jumaat lalu (29/120).

Hal ini dilakukan untuk menyusul kota-kota lainnya seperti Yogyakarta dan Bandung yang sudah lebih dulu menyandang Smart City sesuai dengan keunggulan bidangnya masing-masing. Yang kemudian Pemerintah Kabupaten Langkat menggandeng Lintasarta sebagai pelaksana pengembangan berbasis IT, guna memudahkan proses penyelesaian keluhan masyarakat dan menjalankan proses administratif agar lebih efektif.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Langkat, Syahmadi menyatakan. Bahwa Command Center satu hal yang positif, terutama fungsinya sebagai Platform terpusat untuk mengakses seluruh aplikasi pemerintah daerah.

“Langkat Command Center ini sudah terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi, seperti e-Perizinan, e-Puskesmas, e-Planning, CCTV Monitoring, ditambahkan dengan aplikasi dari Lintasarta, yaitu e-Laga dan Media Analytics,” terang Syahmadi diketerangan tertulisnya.

Ia menambahkan, masifnya penerapan perkembangan teknologi di lembaga pemerintah sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Khususnya Smart City memang diperlukan untuk mewujudkan e-Goverment di Indonesia.

Lebih jauh, Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Indra Salahudin mengungkapkan. Saat ini keterbukaan publik ialah suatu hal yang penting dengan menjalankan program e-Goverment yang sudah dikonsepkan oleh pemerintah pusat. Dan menekankan peringatan bahwa  penerapan Smart City jangan sampai tertunda kembali.

Untuk itu demi memenuhi kebutuhan IT pemerintah, Linstarta memiliki solusi Smart City komprehensif mulai dari penyediaan infrastruktur hingga platform berbasis Cloud yang memungkinkan pemerintah daerah maupun kota untuk membuat, mengembangkan, melakukan uji coba, dan mengelola aplikasi tanpa perlu berinvestasi infrastruktur.

Menjawab soal kebutuhan IT, Director Business Lintasarta Alfi Asman mejelaskan. Bahwa pihaknya selalu siap untuk terus melakukan inovasi digital dan peningkatan pelayanan di Indonesia. Terutama untuk Smart City di Indonesia, pihaknya siap mendukung secara infrastruktur teknologi serta SDM profesional.WES