Ilustrasi Startup
Ilustrasi Startup

Teknopreneur.com – Pertumbuhan startup di Indonesia merupakan indikator dari maraknya inovasi teknologi. Berbarengan dengan hal tersebut, dapat ditelusuri pula sampai sejauh mana startup berkembang dari tahun ke tahunnya. Untuk mengetahui sampai sejauh mana pertumbuhan dan perkembangan startup Indonesia.

Terkait dengan peningkatan dan penurunan pertumbuhan startup, teknopreneur.com mengulas per tahunnya. Apabila di telisik dari tahun 2012 sebagai awal dari maraknya inovasi teknologi, terdapat pertumbuhan jumlah startup sebesar 157 perusahaan pada semester 1 dan 85 startup pada semester 2. Hal ini memperlihatkan bahwa fenomena melonjaknya inovasi startup berawal pada tahun ini.

Kemudian pada tahun 2013, terjadi peningkatan sebesar 1,1 persen, dimana pada semester 1 lahir 168 startup dan semester 2 sebanyak 84 startup. Pada tahun ini tampak bahwa pertumbuhan inovasi startup stabil meskipun secara persentasi masih sedikit. Hal ini memperlihatkan kemunculan optimisme para founder startup untuk menggeluti inovasi teknologi yang ada.

Lalu pada tahun 2014, terjadi pertumbuhan yang signifikan dalam inovasi startup, dimana terjadi peningkatan 7,19 persen dari tahun sebelumnya. Sebanyak 229 startup pada semester 1 dan terdapat 134 startup pada semester 2. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi startup sudah menjadi tren di masyarakat dan para founder startup mulai memetik hasil yang kemudian menjadi inspirasi bagi para founder lainnya.

Tren startup Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 2015, dimana terjadi peningkatan sebesar 12,31 persen dari tahun sebelumnya. Terdapat 367 startup bermunculan di semester 1 dan 186 startup di semester 2. Keberhasilan para founder dalam mengelola startup dan besarnya potensi serta peluang ekonomi membuat para founder berlomba untuk melakukan inovasi teknologi. Hal ini tentunya merupakan fakta yang sangat bagus pada tahun 2015 terkait dengan inovasi startup. Terjadi booming pertumbuhan startup Indonesia, dimana startup yang bermunculan ternyata berdampak nyata di masyarakat.

Pada tahun 2016 terjadi penurunan inovasi startup, ada 190 startup bermunculan di semester 1 dan terdapat 33 startup di semester 2. Terjadi penurunan 21,38 persen dari tahun sebelumnya meskipun secara kualitas penurunan tidak terlalu signifikan dan startup baru masih banyak bermunculan. Adanya indikasi bahwa banyak startup yang ada telah establish, serta persaingan antar startup menjadi ketat membuat penurunan ini terjadi.

Kemarau panjang inovasi startup terjadi pada tahun 2017, dimana hanya ada 12 startup baru yang muncul di semester 1, dari Januari hingga Juni 2017. Ada beberapa faktor penyebab penurunan yang drastis ini, selain persaingan antar startup yang semakin ketat dan startup yang ada semakin mapan juga terjadi kecenderungan investor lebih memilih berinvestasi ke startup yang sudah ada dibandingkan membuat startup baru.

Secara umum sejak tahun 2012 hingga 2017 telah bermunculan 1.543 startup baru, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan startup yang sangat tinggi selama enam tahun terakhir. Dengan jumlah startup yang demikian banyak tentunya merupakan angin segar di bidang inovasi teknologi, dengan jumlah tersebut tentunya beragam dampak sosial ekonomi terjadi di masyarakat selain melahirkan founder startup yang menjadi pelaku ekonomi terkemuka, juga mendatangkan minat modal untuk masuk ke Indonesia sangat besar di bidang digital. LIN