ilustrasi ide inovasi
ilustrasi ide inovasi

Teknopreneur.com – Gagasan untuk berinovasi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis yang terus berkembang. Selera masyarakat juga mengikuti perkembangan tersebut dengan sangat cepat. Harus ada ide segar atau inovasi terhadap setiap produk untuk dapat bersaing di pasar.

Yang menjadi kendala di pasar adalah ketidakmampuan untuk berinovasi dalam bisnis dan semakin ketinggalan sangat jauh dan suatu produk cepat atau lambat akan ditinggalkan para pengguna dan secara perlahan kehilangan pangsa pasar. Tentunya dapat mencontoh dari perusahaan telepon seluler raksasa sekelas Nokia yang harus jatuh bangun karena gagal berinovasi. Sejumlah kegagalan dan kesalahan fatal dalam pengambilan keputusan diakui sebagai penyebab utama terhadap runtuhnya raksasa seluler Nokia.

Salah satu faktor kegagalan adalah tidak adanya perubahan dari perilaku kebutuhan dari konsumen. Produk yang ada sudah tertinggal cukup jauh hanya karena gagal melihat adanya tren terbaru dalam penggunaan produk. Terjadinya penurunan kinerja dari penjualan produk dapat terlihat dari pencatatan. Segmen pasar menurun secara perlahan dengan kedatangan produk baru.

Jangan Pernah Lelah Berinovasi.

Berinovasi untuk tetap terus mengembangkan produk baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan selalu menjadi hal yang sangat penting dalam setiap perkembangan pasar. Juga dapat melihat adanya peluang yang ada. Peluang tak selamanya datang begitu saja, adakalanya peluang harus di cari, kuncinya adalah kepekaan dalam membaca situasi yang selalu berubah dan mengetahui kebutuhan masyarakat sekitar.

Yang selanjutnya adalah inovasi tersebut bisa dikembangkan melalui berbagai percobaan sampai tercipta sebuah produk berkualitas baik yang dapat memperoleh pangsa pasarnya sendiri dan banyak dibutuhkan masyarakat. Di setiap pengembangan inovasi setidaknya harus memiliki mental dan determinasi yang sangat kuat agar dapat akrab di masyarakat. LIN