Report Tech Talk : Fitofarmaka, Paduan Teknologi dan Tradisi
Report Tech Talk : Fitofarmaka, Paduan Teknologi dan Tradisi

Teknopreneur.com – Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati dan geografinya, yang diperkirakan ada sekitar 3.000 spesies hidup kepulauan Indonesia. Penggunaan obat tradisional merupakan bagian dari budaya bangsa dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat sejak berabad-abad yang lalu. Telah digunakan dan dikembangkan dari generasi ke generasi sehingga menjadi produk yang bernilai ekonomi.

Memberikan manfaat dan menjadi kebanggaan sekaligus sebagai identitas bagi bangsa. Dimana dari era globalisasi saat ini juga mampu membuka peluang pasar yang luas bagi Indonesia yang mempunyai potensi yang besar dibidang obat tradisional yang harus memanfaatkan momen ini sebaikbaiknya. Dengan mengembangkan citra obat tradisional yang bermutu dan berdaya saing, karena itu salah satu strateginya adalah mendorong industri untuk semakin meningkatkan produk dan mampu memenuhi standar dan persyaratan sehingga dapat bersaing di tingkat global.

Dalam rangka menyukseskan gerakan masyarakat hidup sehat yang direncanakan oleh pemerintah, kementrian kesehatan mengadakan program Indonesia sehat dengan pilar utama yaitu paradigma sehat, penguatan kesehatan, dan jaminan kesehatan nasional. Dimana secara utuh membantu pilar paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan jaminan kesehatan nasional, dimana secara utuh jamu adalah pendukung pilar kesehatan.

Dengan meminum jamu secara rutin dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran, sehingga dapat menekan biaya kesehatan. Pengembangan obat tradisional di Indonesia mempunyai tujuan mendorong pemanfaatan sumber daya alam, dan ramuan tradisional secara berkelanjutan, dan menjamin pengelolaan potensial Indonesia agar memiliki daya saing, dan menjadikan obat tradisional sebagai komoditi yang bagus. LIN