Ilustrasi Energi
Ilustrasi Energi

Teknopreneur.com – Peneliti merupakan profesi yang memiliki tingkat ketekunan yang tinggi. Untuk sebuah status sosial, peneliti mendapatkan tempat tersendiri di tatanan masyarakat. Karena pentingnya peranan peneliti dalam kehidupan masyarakat, terkait teknologi profesi peneliti cukup terpandang. Menilik tingkat pertumbuhan inovasi di Indonesia yang notabene adalah hasil kerja dari para peneliti, maka akan kita temui fakta-fakta yang cukup memprihatinkan. Dimana ternyata peringkat Indonesia di dunia terkait inovasi masih sangat rendah sekali.

Sesungguhnya hasil inovasi yang ditemukan para peneliti yang kemudian berkembang menjadi inovator di Indonesia, cukup banyak jenis dan ragamnya. Di beberapa bidang teknologi peneliti Indonesia cukup punya nama dan disegani, tetapi mengapa peneliti menjadi profesi yang sangat jarang digeluti oleh anggota masyarakat? Beragam faktor menjadi penentu dalam pertumbuhan peneliti yang diantaranya adalah dukungan pemerintah, industri dan iklim pendidikan di Indonesia.

Beberapa Faktor Penyebab

Kalau ditelisik lebih jauh dukungan pemerintah dalam membentuk iklim pendidikan yang kondusif bagi peneliti untuk melakukan temuan teknologi dipandang belum cukup memadai. Di Indonesia memang perijinan untuk membuat Sekolah Perguruan Tinggi memang tergolong mudah. Tetapi hal tersebut tidak di dukung dengan kualitas pendidikan yang memadai, baik dari sisi kurikulum ataupun infrastruktur. Minimnya fasilitas laboratorium di Perguruan Tinggi menjadi salah satu faktor kurang berkembangnya minat menjadi peneliti. Sebab regulasi untuk mendirikan Perguruan Tinggi belum mencakup hal tersebut.

Kebiasaan atau iklim yang kondusif untuk melakukan kegiatan penelitian pun masih termasuk minim, sebab kurikulum yang terbentuk di Perguruan Tinggi belum fokus kepada pengembangan Ilmu Pengetahuan secara komprehensif. Hal inilah yang membentuk kondisi inovasi Indonesia saat ini, memang secara kuantitas kalau ditelusuri lebih jauh inovasi Indonesia banyak dan beragam dari berbagai bidang. Tetapi berdasarkan kebutuhan masyarakat yang sifatnya umum dan bisa diaplikasikan secara massal masih sangat sedikit sekali.

Faktor anggaran belanja pemerintah untuk riset juga menentukan dukungannya, minimnya anggaran belanja negara untuk riset membuat kondisi inovasi Indonesia masih rendah. Tampak perhatian dan fokus pemerintah kepada penelitian dan inovasi masih belum memadai. Hal ini menjadi keprihatinan tersendiri, di kala negara-negara di seluruh dunia berlomba untuk mendapatkan temuan inovasi terbaru dan terkini untuk kepentingan manusia, Indonesia justru tertinggal sangat jauh sekali. Apalagi ditambah dengan kondisi dimana ketika putra-putri bangsa Indonesia mendapakan temuan inovasi, justru tidak mendapat pengakuan di negerinya sendiri. Sehingga banyak dari peneliti inovasi di Indonesia yang temuannya justru dipergunakan di luar negeri.

Ketika ditelisik lebih jauh dari sisi industry pun keadaannya masih miris. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ketika peneliti memiliki temuan inovasi tidak sesuai dengan kebutuhan pasar atau industri. Sehingga menjadi problematika tersendiri bagi Indonesia, ketika telah mengeluarkan begitu banyak anggaran untuk penelitian, hasilnya justru tidak bisa digunakan secara umum. Sifat penelitian yang spesifik bagi kebutuhan para penelitinya sendiri juga mendukung lemahnya pertumbuhan inovasi di Indonesia.

Beberapa faktor inilah yang butuh pemebenahan terkait peneliti di bidang inovasi Indonesia. Agar masyarakat dan dunia pendidikan tertarik minatnya mendalami dan menjadi peneliti. Sehingga inovasi Indonesia bisa mengejar beragam ketertinggalan yang ada. Untuk memperkuat peningkatan dan pertumbuhan inovasi Indonesia memang membutuhkan dukungan berbagai pihak, dan pada pelaksanaannya dapat memberikan manfaat, baik bagi peneliti maupun bagi pengguna hasil penelitiannya. Pengembangannya di bidang industri pun memiliki peran penting, agar para peneliti yang menekuni inovasi di bidang tertentu mendapat ruang dan tempat untuk beraktualisasi serta merasa dihargai. Pemerintah pun diharapkan dukungannya, agar memiliki kepekaan untuk memberikan perhatian dan fokus pada pertumbuhan dan pengembangan inovasi di Indonesia. LIN