Presentasi Tony Chew, CIO VKey pada Konfrensi BankTech Asia 2017 yang berlangsung di Jakarta pada 22 - 23 November 2017
Presentasi Tony Chew, CIO VKey pada Konfrensi BankTech Asia 2017 yang berlangsung di Jakarta pada 22 - 23 November 2017

Teknopreneur.com – Konfrensi teknologi digital perbankan kawasan Asia kembali digelar. Jakarta menjadi tuan rumah dari rangkaian perhelatan BankTech Asia 2017. Konfrensi ini membahas beragam tema yang terkait dengan teknologi digital di bidang perbankan. Salah satu yang menarik perhatian adalah tema otentifikasi Biometrik perbankan.

Biometrik secara luas digunakan untuk menyebut berbagai metode memperoleh, menyimpan dan menggunakan data biometrik. Data biometrik mengacu pada catatan yang mengidentifikasi seseorang secara unik, seperti sidik jari. Dua penggunaan utama biometric meliputi identifikasi individu untuk dapat mengakses fasilitas tertentu serta berbagai aplikasi yang mengatasi dan mencegah kejahatan digital.

Kegiatan yang berlangsung 22 – 23 November 2017 ini menghadirkan salah satu peserta konfrensi di bidang keamanan  digital yang memiliki peran khusus di bidang Biometrik. Tony Chew, CIO VKey memaparkan pandangannya bahwa enkripsi biometrik sangat di rekomendasikan untuk perbankan. Terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan data biometrik apa saja yang cocok untuk sistem identifikasi biometrik.

Pertama, data harus bersifat universal, yang berarti bahwa semua orang bisa diambil datanya. Data juga harus unik, artinya hanya dimiliki oleh satu orang tertentu. Data harus pula permanen, artinya data yang diperoleh dari seseorang tidak berubah secara signifikan seiring bertambahnya usia. Pertimbangan lain yang umum adalah kemudahan dalam mengumpulkan data. Mengambil sampel darah untuk analisis DNA, misalnya, jauh lebih invasif dan mahal daripada mengambil sidik jari. Selain itu, pertimbangan tentang efisiensi dan akurasi teknologi yang digunakan untuk mengukur data biometrik juga akan berdampak pada jenis data yang dipilih untuk aplikasi tertentu.

Ketika ditanya tentang kemungkinan biometric digunakan secara mobile, Tony Chew menjelaskan bahwa hal tersebut bisa saja dilakukan. Apabila menggunakan otentifikasi secara mobile, alat yang bagus untuk digunakan adalah Apple atau sejenisnya. Biometrik telah dipergunakan di banyak perbankan di dunia, dan resiko diretas oleh kejahatan digital juga kecil, sehingga tingkat keamanan pun dapat diandalkan. LIN