Chairman Alibaba, Jack Ma
Chairman Alibaba, Jack Ma

Teknopreneur.com – Masih segar diingatan kita IPO terbesar dalam sejarah, Founder Alibaba dan Chairman Jack Ma sekarang adalah orang terkaya di Cina. Ma kini senilai setara dengan USD25 Milyar, dimana 7,8 persen saham di Alibaba dan hampir 50 persen saham di pelayanan e payment Alipay. Ma adalah sungguh kisah nyata dari keterpurukan hingga menjadi kaya raya. Dia tumbuh di negeri komunis Cina yang miskin, gagal dalam tes masuk kuliah dua kali, dan ditolak di berbagai pekerjaan, termasuk di KFC, sebelum menemukan sukses dengan perusahaan internetnya Alibaba.

Jack Ma yang bernama asli Ma Yun lahir 15 Oktober 1964 di Hangzhou. Berlokasi di bagian tenggara Cina. Ia memiliki abang dan adik perempuan, bersama saudara kandungnya tumbuh ketika Cina sedang menutup diri dari dunia Barat, dan keluarganya tidak memiliki cukup uang ketika mereka masih anak-anak.

Seperti yang dilansir dari Business Insider, Jack Ma merupakan bocah yang lincah, sering mendapat masalah berkelahi dengan teman kelasnya. “Saya tak pernah takut dengan lawan yang lebih besar dari saya,” ujarnya dalam buku yang ditulis oleh Liu Shiying dan Martha Avery. Jack Ma kecil memiliki hobi seperti layaknya anak lain, ia menyukai cricket dan berkelahi karenanya, juga mampu secara tepat menebak tentang ukuran dan type cricket hanya dengan mendengar suaranya.

Setelah Presiden Amerika Serikat Richard Nixon berkunjung ke Hangzhou tahun 1972, kampung halamannya menjadi lokasi kunjungan turis. Sebagai remaja Jack Ma memulai hari dengan bangun pagi untuk datang ke hotel utama di kota, menawarkan tur keliling bagi wisatawan dengan bayaran pelajaran Bahasa Inggris. Nama kecil “Jack” diterimanya dari turis yang kemudian menjadi temannya.

Tanpa uang dan koneksi, satu-satunya cara untuk Jack Ma maju adalah melalui pendidikan. Setelah SMA ia mendaftar kuliah, tetapi gagal dalam tes masuk dua kali. Setelah bekerja keras belajar, akhirnya ia lulus di tes masuk ketiga, dan terdaftar untuk kuliah di Institut Keguruan Hangzhou. Ia lulus pada tahun 1988 dan mulai melamar pekerjaan sebanyak mungkin yang ia bisa.

Jack Ma mendapat penolakan lebih dari selusin pekerjaan, termasuk kerja di KFC, sebelum akhirnya diterima sebagai guru Bahasa Inggris. Jack Ma sangat natural dalam mengajar terhadap muridnya dan mencintai pekerjaannya, meskipun begitu ia hanya mendapat USD12 per bulan di universitas lokal.

Jack Ma tak memiliki pengalaman dalam menggunakan komputer dan coding, tetapi ia tertarik dengan internetdan menggunakannya pertama kali saat perjalanan ke Amerika Serikat pada tahun 1995. Ia memulai dengan bisnis penerjemah Bahasa dan membuat perjalanan untuk menolong firma di Cina atas ketidakmampuan bayar. Pencarian online pertama Jack Ma adalah “bir”, tetapi ia terkejut ketika tahu bahwa tak ada bir Cina di hasil pencarian. Itulah pertama kali Jack Ma memiliki ide untuk membuat perusahaan internet untuk Cina.

Meskipun dua perusahaan pertamanya gagal, empat tahun kemudian ia berhasil mengumpulkan 17 temannya di apartemennya dan meyakinkan mereka untuk investasi serta visinya untuk sebuah marketplace yang ia sebut “Alibaba”. Situs tersebut memperbolehkan eksportir untuk posting daftar produk yang dapat dibeli langsung oleh konsumen.

Kemudian pelayanannya mulai menarik perhatian dari seluruh dunia. Di bulan Oktober 1999, perusahaannya mendapat gelontoran dana USD5 Juta dari Goldman Sachs dan USD20 Juta dari SoftBank, perusahaan telekomunikasi Jepang yang juga berinvestasi di perusahaan-perusahaan teknologi. Tim yang terbentuk tetap akrab dan lincah,”Kita bisa berhasil karena kita muda dan takkan pernah menyerah,” ucap Jack Ma saat acara perkumpulan karyawan.

Ia terus merawat rasa lucu saat bekerja di Alibaba. Ketika perusahaan pertama kali mulai mendapat laba, Jack Ma memberikan hadiah kepada karyawan. Di awal 2000, ketika perusahaan memutuskan memulai Taobao, yang merupakan pesaing eBay, ia memiliki tim yang melakukan aktivitas relaksasi saat istirahat agar energi mereka tetap terjaga dengan baik.

Di tahun 2005, Yahoo berinvestasi USD1 Milyar di Alibaba dengan penawaran saham 40 persen di perusahaan. Perjanjian bisnis ini sangat besar bagi Alibaba yang saat itu sedang berusaha mengalahkan eBay di Cina dan akan menjadi kemenangan yang spektakuler juga bagi Yahoo, memiliki laba bersih USD10 Miliar di IPO Alibaba saja.

Jack Ma mengundurkan diri dari CEO pada tahun 2013, tetap menjadi Komisaris Utama. Alibaba go public pada 19 September 2013. “Saat ini yang kita miliki bukanlah uang, yang kita miliki adalah kepercayaan dari orang,” kata Jack Ma kepada CNBC. Perusahaannya IPO USD150 Miliar sebagai penawaran terbesar untuk perusahaan yang terdaftar di Amerika Serikat dalam sejarah New York Stock Exchange. Membuat Jack Ma menjadi orang terkaya di Cina, senilai USD25 Miliar.

Karyawan Alibaba menggelar pesta besar di markas perusahaan Hangzhou untuk merayakan. Salah satu karyawan bahkan mengambil kesempatan untuk melamar kekasihnya menikah. Jack Ma mengatakan kepada karyawan saat konfrensi pers bahwa ia berharap karyawan menggunakan kemakmuran baru yang ada “sebagai kelompok orang baik, sekelompok orang yang mampu menolong sesama, dan sekelompok orang yang ramah serta bahagia.”

IPO tersebut membuat Jack Ma menjadi orang yang sangat kaya, tetapi sampai saat ini ia belum membeli satupun kemewahan, dan masih memiliki hobi yang sederhana. “Saya kira ia tak berubah banyak, ia masih menerapkan gaya lama,” ucap Xiao Ping Chen teman dari Jack Ma kepada USA Today. Ia suka membaca dan menulis Kung Fu fiksi, bermain poker, meditasi dan Tai Chi. Ia bahkan bekerjasama dengan Jet Li untuk menyebarkan kepdulian terhadap Tai Chi, dan mengajak pelatih kemanapun ia pergi.

Jack Ma mengembangkan minat ke lingkungan ketika salah seorang anggota keluarganya sakit yang diduga disebabkan oleh polusi. Ia tampil di lingkungan global dari Konservasi Alam, dan berbicara saat sesi Clinton Global Initiative. Ia juga telah mendanai 27.000 hektare cadangan alam di Cina.

Jack Ma menjaga keluarganya dari pusat perhatian, ia menikahi Zhang Ying, seorang guru yang dikenalnya di sekolah, saat mereka lulus di tahun 80an. “Ia bukan pria tampan, tetapi aku jatuh cinta padanya karena banyak yang bisa dilakukannya yang tak bisa dilakukan pria tampan,” kata Zhang Ying. Mereka dikaruniai dua anak, satu perempuan dan satu laki-laki yang sedang menempuh pendidikan di UC Berkeley. Jack Ma juga tercatat dalam sejarah kampus anaknya.

Jack Ma juga memiliki keborosan sedikit, pada bulan Maret 2013, Alibaba dilaporkan menghabiskan USD49,7 Juta untuk Gulfstream G550, kebanyakan digunakan oleh Jack ma. Ia semacam selebritis di Cina dan banyak yang berkerumun untuk mendengarnya bicara. Perusahaannya juga membidani acara pencarian bakat tahunan, dan Jack Ma merupakan entertainer yang natural. Saat perayaan tahunan perusahaannya, ia berdandan sebagai Punk Rocker untuk tampil didepan 20.000 karyawan Alibaba.

Perusahaannya telah meraih banyak hal sejak muncul dengan nama Alibaba sambil duduk bersantai ria di warung kopi San Fransisco. Perusahaan Jack Ma dengan caranya sendiri beranjak dari potensi kecil dan menengah menjadi perusahaan besar di seluruh dunia. LIN