Generasi Y
Generasi Y

Teknopreneur.com—Temuan penelitian Accenture bahwa generasi milenial akan menentukan tren dalam penggunaan teknologi dimasa depan, dan memiliki karakter selalu ingin lebih dulu dalam penggunaan produk atau layanan terbaru, nampak menarik untuk diulas lebih dalam terutama dalam hal sebaran umur mereka.

Lebih jauh, jika mengacu pada penelitian Accenture yang dimuat dalam lansiran Tirto, hal tersebut akan nampak terasa dengan perkembangan Young Technopreneur nasional. Salah satunya, ialah dengan banyak munculnya para founder dengan umur lebih muda. Yang kemudian akan masuk dalam kategori generasi milenial.

Perkembangan startup lokal pun disinyalir akan memiliki multiplier effect di berbagai sektor, Terutama dalam sektor ekonomi konevensional maupun ekonomi digital. Dikarenakan mereka dengan umur pelaku terbilang muda masih memiliki energi lebih untuk meningkat pertumbuhan ekonomi nasional.

Untuk itu, dengan melihat simpulan penelitian Accenture, terlihat bahwa generasi milenial begitu mendominasi sebagai pemegang founder startup lokal Indonesia. Teknopreneur.com mencoba menilai sebaran umur mayoritas dari 10 founder startup pupuler yang berdasarkan metode pengeklasifikasian data umur dari masing-masing founder populer.

Maka didapatkan hasil bahwa,  untuk founder yang masih berumur 20-an tahun tercatat sebesar 80 persen dari jumlah 10 profile founder, sehingga begitu nampak mendominasi. Ketimbang founder yang burumur sekitar 40-an yang hanya sebesar 20 persen dari total jumlah yang ada.

Lebih rinci Teknopreneur mendapatkan, untuk founder yang terbilang paling muda ialah Gibran Huzaifah dengan umur 28 tahun. Yakni pendiri starup eFishery sebuah layanan Smart Feeder yang memberikan pakan ikan dan udang secara otomatis, serta mencatat data pakan secara akurat sehingga dapat terhubung ke internet.

Sedangkan untuk yang tertua ialah Kusumo Martanto dengan umur 44 tahun yakni pendiri startup Blibli.com. Sebuah layanan market palce yang saat ini mulai akrab dikalangan masyarakat luas.

masih seputar umur, Teknopreneur melanjutkan perhitungan umur founder pada 30 starup lokal lainnya. Alhasil, sebaran umur 20 tahun pun masih nampak mendominasi dengan 67 persen lebih besar dari pada sebaran umur 30 tahun. Lebih jauh, Jika mangacu pada sebaran data umur tersebut, maka akan terlintas pertanyaan mengapa dengan sebaran umur 20-an begitu nampak mendominasi jumlah founder starup lokal?

Perkembangan Dewasa Awal

Menjawab pertanyaan tersebut, ada sebuah kajian psikologi mengenai pembawaan karakter pada sebaran usia tertentu. Ialah Portal PsychoShare secara rinci menjelaskan berbagai dalil perekembangan dewasa awal pada seorang manusia.

Mengulas mengenai perkembangan dewasa awal yakni dimulai pada umur 18 tahun sampai kira-kira umur 40 tahun, terutama saat perubahan fisik dan psikologis yang menyertai berkurangnya kemampuan reproduktif seseorang. Namun secara umum, mereka yang tergolong dewasa muda ialah mereka yang berusia 20 sampai 40 tahun (Hurlock,1990).

Tiga tahun kedepannya Hurlock pun menjelaskan, ada beberapa karakteristik dewasa awal. Salah satu diantaranya dikatakan bahwa dewasa awal merupakan suatu masa penyesuaian diri dengan cara hidup baru dan memanfaatkan kebebasan yang diperolehnya.

Maka besar diasumsikan dari dalil Hurlock tersebut, bahwa untuk sebaran umur 20-an ialah masa emas dimana seseorang menemukan jalan hidup dan menemukan kebebasannya untuk mengekspresikan eksistensinya. Terlebih di umur yang sudah masuk dalam kategori generasi milenial, yang tidak lain masa-masa tersebut sudah mulai muncul teknologi dan informasi mulai berkembang.

Untuk ciri-ciri perkembangan awal, seorang ahli fisik dan psikologis, Anderson mencatat, terdapat tujuh ciri yang menyebabkan kematangan dalam perkembangan dewasa awal. Yaitu pertama berorientasi pada tugas, memiliki tujuan yang jelas dan skill kerja yang efisien, mahir mengendalikan perasaan, keputusan bersifat objektif, terbuka dan siap menerima kritik saran, tanggung jawab, serta mahir dalam adaptasi di lingkungan yang baru.

Senada dengan hal tersebut, sudah bisa dipastikan generasi milenial memiliki peran aktif dan hasil kongkrit dalam upaya meningkatkan sektor ekonomi digital nasional. Sehingga kedepannya generasi milenial (generasi Y) akan menjadi acuan bagi generasi Z (generasi yang lahir di atas tahu 2000-an) untuk menampilkan karakter founder startup seperti apa, di era generasi mendatang. WES/LIN