Tech Talk VI, Industri Migas Nasional, Bahan Bakar atau Bahan Baku
Tech Talk VI, Industri Migas Nasional, Bahan Bakar atau Bahan Baku

Pemanfaatan Sumber Energi yang Baru Untuk Masa Depan

Teknopreneur.com – Indonesia ini adalah negara net importer artinya perlu mencari sumber pendapatan lain selain migas, itu menjadi catatan dan PR penting bagi pemerintah saat ini dan kedepan. Masa-masa jaya ketika Indonesia punya minyak banyak itu sudah lewat.

Seperti yang diketahui sekarang ini banyak yang bisa di ekplorasi dan ekploitasi, tetapi nyatanya tidak mudah, dan keadaannya itu terdapat di laut dalam dan itu biayanya sangat mahal. Informasi terakhir itu mungkin 3 kali lipat lebih untuk satu kilang full, dan itupun beruntung jika tidak kering. Jika terjadi kering maka investor kita bisa lari semua karena tidak kuat, bagaimana dengan kondisi saat ini kemudian untuk melakukan ekplorasi dan ekploitasi.

Hal itu menjadi titik awal dan langkah awal bagi pertamina untuk berani membuat inovasi dan lompatan-lompatan mencari sumber-sumber baru di negara lain. Tetapi dari pengamatan, ketika pemilu Presiden kemarin, diadakan kajian-kajian ke partai-partai politik dan sesuai dengan perkiraan jika partai politik tidak terbuka terhadap energi. Bahkan ketika wawancara itu dilakukan informasi yang didapatkan itu malah dari pendapat pribadi dari mereka. Tetapi dari partai politiknya tidak menanggapi bagaimana jika Presiden mereka yang terpilih, hal apa yang akan dilakukan pada energi yang dipunya. Jadi selalu informasinya didapatkan dari pengulangan suara. Tapi kelangsungan energi selanjutnya tidak dibicarakan, sehingga tidak ada forum yang mengungkapkan bahwa ketersediaan energi kita ini sangat penting. LIN