Ilustrasi Fintech
Ilustrasi Fintech

Teknopreneur.com—Seiring dengan perkembangan pertumbuhan e-Commerce. Berbagai layanan pun ditawarkan, salah satunya Kredivo. Platform yang berfokus menyediakan layanan kredit online. Sebagai tanda geliat keuangan digital (Fintech) makin marak di Indonesia.

Kredivo yang hadir sebagai penyalur kredit online, digadang-gadang bakal menjadi salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi digital, lantaran kemudahan diproses persetujuan kredit dan bisa dibilang bisa dalam hitungan menit.

Tampil begitu meyakinkan dimuatan berita CNN, CTO Kredivo, Alie Tan menjelaskan, dengan bisnis yang jalankannya ada dua sumber pendapatan yang masuk kedalam kantong mereka, yakni dari merchant dan member pengguna aplikasi Kredivo.

Walau tidak secara jelas menerangkan berapa besaran dana yang masuk ke kantong mereka, namun berdasar penelusuran Teknopreneur.com aplikasi Kredivo memang sudah memiliki cukup nama dikalangan pengguna android. Tercatat sudah ada 42.602 user yang download aplikasi tersebut di layanan Google Play Store, dan jika di analogikan jumlah pengguna aktif sama dengan jumlah user yang download.

Dengan mengasumsikan masing-masing pengguna aktif mengajukan peminjaman minimal diangka Rp1 juta, dalam waktu sebulan. Maka besaran angka modal per bulan yang dikeluarkan kredivo didapat Rp42 juta, dengan bunga 2,9 persen dari setiap member.

Maka Kredivo mendapatkan keuntungan Rp29 ribu untuk tiap member yang melakukan peminjaman dengan kredit minimal Rp1 juta, kemudian jika dikalikan dengan jumlah member aktif. Angka keuntungan per bulan pun didapat Rp1,2 miliar masuk kedalam kantong Kredivo, dan akan sangat terlihat keuntungannya lebih dari sepuluh kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

Sementara itu Alie Tan menambahkan, bahwa dengan Platfrom aplikasi ini para pengguna yang tertarik tidak terlalu sulit untuk mendapatkan apa yang diinginkan, jelas layanan ini kredit online yang dapat memudahkan masyarakat.

Layanan Kredivo saat ini sudah menambahkan fitur cicilan Pay 30. Yakni keredit dengan jatuh tempo 30 hari tanpa bunga, yang diyakinkan bakal menggaet lagi para pengguna lain untuk menjadi member dari Platfrom Kredivo tersebut.

Tidak hanya fitur Pay 30, pihaknya pun sebelumnya sudah menyediakan layanan cicilan dengan jangka waktu 3, 6 dan 12 bulan. Untuk lebih memberikan variasi lebih dari layanan kredit online yang sedang menjamur saat ini. WES/LIN