Ilustrasi Dinamika
Ilustrasi Dinamika

Teknopreneur.com–Xiaomi atau Mi begitu gencar di pasar Indonesia di bidang Smartphone. Untuk itu dalam upaya menggaet pasar, Xiaomi terapkan produksi 100.000 unit Smartphone untuk wilayah Indonesia.

Hal ini langsung diutarakan oleh Chief Operation Officer (COO) PT Erajaya Swasembada, Djohan Sutanto. Ia mengklaim memang Era jaya sudah sejak lama membangun kerjasama untuk perangkat Smartphone, dengan proses produk pabrikan asal Cina tersebut akan diproduksi di pabrik lokal Batam.

“Secara keseluruhan, Xiaomi menargetkan penjualan smartphone di Indonesia akan naik 15 persen dibandingkan tahun lalu,” ungkap Djohan.

Mengingat PT. Era Jaya sebagai mitranya, Xioami sudah menegaskan komitmennya untuk memenuhi Aturan Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sebagai langkah awal, Xiaomi menerapkan strategi dengan memproduksi 100.000 unit Smartphone per bulan.

“Dikerjakan dengan tiga line produksi. Tentunya nilai investasi tersebut signifikan karena membangun untuk seterusnya, bukan hanya saat ini saja,”ucap Djohan Sutanto.

Dilanjutkan oleh Djohan, direncanakan tahun kedepan akan ditargetkan produksi 300.000 unit Smartphone per bulan. Itu artinya bisa diasumsikan selama satu tahun akan ada 1.200.000 unit Smarrtphone Xiaomi beredar di Indonesia pada tahun 2017. Dan ribuan USD masuk, menggeser market Smartphone lokal.

Senada dengan Djohan, Senior Vice President Xiaomi, Wang Xiang menambahkan. Akan ada peningkatan untuk produksi Smartphone hingga satu juta per bulan, namun itu hanya sekedar rencana yang ditentukan oleh market Indonesia.

Masuknya Xiaomi ke dalam kategori Top Five produk unggulan Smartphone Ekspor pada kuartal ke-3 di tahun 2016, menjadi langkah nyata untuk lebih menggaet pengguna Smartphone Indonesia di tahun 2017. Pihaknya pun nantinya akan segara pemproduksi produk lain, seperti perkakas rumah tangga pintar atau akrab disebut smart appliances.

“Sekitar 1 juta smartphone bisa diproduksi tiap bulan oleh ratusan pekerja lokal” tutupnya. WES