Ilustrasi Dinamika

Teknopreneur.com – Pesatnya pertumbuhan teknologi telah mengubah bisnis setiap harinya, dan bisnis nirteknologi telah merevolusi hampir setiap industri dalam satu dekade kedepan dengan artificial intelligence (AI).

Sejak 1956, ketika diperkenalkan pertama kali sebagai disiplin akademik, AI telah menghasilkan optimisme juga kekecewaan. Tetapi relatif mengalami peningkatan sejak tahun 2000, menemukan beberapa terobosan yang berkembang secara statistik menuju mesin yang belajar, dimana hal tersebut telah mengubah begitu banyak perangkat yang telah digunakan dan pola berpikir sekolahan.

Sebagai sebuah bidang teknologi tersendiri AI selalu melakukan inovasi, dan mesin serta sistem menjadi lebih mampu bekerja, solusi teknologi yang digunakan telah dianggap sebagai masa depan AI, seperti teknologi sensor optik telah menjadi bagian dari rutinitas. Temuan teknologi lainnya akan segera muncul ke permukaan, seperti mobil tanpa pengendara, dan teknologi pembuatan pidato manusia artifisial sedang dalam tahap pengembangan.

Banyak dari golongan yang skeptis membahas kemungkinan bahaya bahwa mesin AI akan mengambil alih kontrol manusia dan menghancurkan dunia. Tetapi banyak dari prediksi yang ada bersifat spekulasi dan mistis, asumsi ini telah dijawab dengan kabar baik dari suksesnya beberapa pelatihan dan percobaan.

Begitupula para peneliti AI dan para ahli telah mematahkan asumsi tersebut dengan mengatakan bahwa pada akhirnya AI merupakan alat yang efektif untuk proses, analisis dan mampu menjangkau begitu banyaknya data aktual manusia.

Satu hal yang pasti, baik secara langsung maupun tak langsung adaptasi untuk bisnis dan individu akan terus maju. Dan proses pengerjaannya akan sangat menarik sekali, dengan terus membuka peluang dari teknologi yang menjanjikan ini. Solusi yang berbasis AI telah digunakan untuk menyelesaikan masalah yang rumit dalam bisnis mengubah wajah dunia bisnis.

Berikut beberapa cara untuk melakukannya :

  1. Membuat Proses Produksi Secara Otomatis Menjadi Nyata.

Meskipun banyak dari teknologi AI untuk bisnis masih membutuhkan supervisi dan intervensi ketat dari manusia, perusahaan-perusahaan telah mengerjakan pengembangan teknologi mirip manusia dengan kemampuan kognitif, menggunakan sistem AI agar dapat dipercaya dalam mengerjakan proses produksi secara otomatis dengan supervisi yang minim.

Teknologi ini telah lama menjadi fokus dalam program penelitian yang paling mutakhir. AI California Selatan bahkan telah terlibat melampaui berbagai kendala, contohnya mengadaptasi penggunaan teknologi NASA untuk mengerjakan misi luar angkasa tanpa awak ke planet Mars. Jenis solusi AI inilah yang dapat mengatasi berbagai masalah yang kompleks dalam energi, transportasi dan pengobatan, dengan menghadir teknologi AI yang ringan tanpa harus tergantung pada infrastruktur yang masif.

Teknologi AI memiliki kecepatan proses yang tinggi dan kemampuan kognitif yang dapat digunakan secara paralel dengan tenaga manusia yang terbatas dan proses menyelesaikan kendala.

  1. Mengantar Memasuki Era “Big Intelligence”

Konvergensi program melalui komputerisasi dengan performa tinggi dan big data berarti komputer sekarang mampu menerima begitu banyaknya data dan penggunaan program AI untuk mempelajari dan memproses data tersebut menjadi berguna, tips bisnis yang dapat dilaksanakan.

Didukung oleh berbagai perusahaan sebagai Big Intelligence, server dan storage menuai kuatnya platform komputer baru ini yang memperbolehkan berbagai perusahaan untuk melakukan pendataan pola konsumsi dan pola pasar yang berasal dari berbagai sumber yang luar biasa.

Proses real time atau mendekati real time berarti bisnis dapat secara terus menerus up to date dengan informasi yang lebih baik, rekomendasi yang lebih bagus dan prediksi yang lebih kuat untuk mengoptimalkan kebijakan bisnis.

  1. Mengoptimalkan Waktu

Waktu merupakan faktor penting untuk semua bisnis, dengan adanya kenaikan dan penurunan alami yang ditentukan oleh berbagai faktor termasuk lokasi, musim, liburan dan industri yang sesuai dengan bisnis. Menguasai hal tersebut sangat penting bagi pemilik bisnis untuk bisa sukses.

Meskipun berpengalaman bertahun-tahun hal tersebut tidak menjamin dapat mengelola staf, stok dan hal lain yang terkait waktu secara tepat. Misalnya ada kejadian terorisme di suatu kota mungkin berdampak pada peningkatan trafik untuk bisnis tertentu yang tak dapat diatasi. Cuaca buruk dapat mengakibatkan kenaikan liburan di kota turis yang mengakibatkan kebutuhan untuk staf minim.

Banyak perusahaan AI menargetkan hal-hal tersebut dengan mengintegrasikan pelayanan untuk membantu para pemilik bisnis mengambil keuntungan dari lintas data yang memungkinkan dan data yang telah terkumpul serta mengoptimalisasi waktu untuk memastikan bahwa mereka telah memaksimalkan beragam sumber daya kapanpun mereka butuhkan dan meminimalisir waktu yang terbuang ketika mereka tak melakukannya.

Contoh, suatu perusahaan sedang melaksanakan fitur yang terdapat didalam platform penjadwalan yang menggunakan AI dan mesin belajar untuk menganalisa trafik serta data retail untuk bisnis membuat jadwal staf otomatis dan optimal. Fitur yang mirip akan muncul dari manajemen inventori perusahaan, begitupula kurir, manajemen maskapai penerbangan dan berbagai perusahaan sejenis.

  1. Tim Unggulan Otomatis.

Biaya akuisisi konsumen melalui tim unggulan merupakan bagian penting di setiap bisnis. Untuk berbagai bisnis akusisi konsumen membutuhkan komunikasi yang rutin, uji coba dan mengeksplorasi berbagai jalur. Artificial intelligence menjanjikan peningkatan dalam kaitannya dengan kampanye tim unggulan dan juga secara efektif mengurangi biaya mereka, secara bersamaan dan uang, dengan otomatisasi dan belajar di input sederhana dari pengguna.

Dengan memaksimalkan kata-kata pad tag, pencarian secara berkala dapat secara otomatis dilakukan. Dengan memanfaatkan user yang menggunakan produk maka seleksi hasil menjadi relevan, sistem tim unggulan pada AI dapat belajar, melakukan penyesuaian dan secara berkesinambungan menjadi lebih baik dan mendapat hasil yang relevan dalam waktu sepersekian detik. Apa yang selama ini dilakukan sales berhari-hari bahkan berbulan-bulan dapat dilakukan dalam hitungan jam atau hari. LIN

*dari berbagai sumber