Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Natsir dalam Opening Ceremony Puspiptek Innovation Festival 2017 di Serpong, Tangerang Selatan, Banten

Teknopreneur.com – Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) merupakan kawasan penelitian  terbesar di Indonesia. Tiga lembaga riset negara, yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Sebanyak 47 pusat penelitian dan balai pengujian berada di dalam kawasan yang terletak di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten tersebut.

Demi memperkenalkan inovasi dan hasil penelitian yang telah dihasilkan kepada masyarakat, Puspiptek menyelenggarakan Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2017. Ini menjadi ajang bagi para peneliti dan innovator untuk memamerkan karyanya. Selain berisi pameran, agenda yang berlangsung pada 29 September hingga 1 Oktober ini, diisi dengan seminar dan pelatihan.

“PIF 2017 diselenggarakan untuk mengajak masyarakat mengenal Puspiptek dan kiprahnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia,” jelas Kepala Puspiptek Sri Setiawati. Bersama badan penelitian dinaunginya, Puspiptek yang merupakan bagian dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengajak Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk menyelenggarakan PIF 2017.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany nyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. “PIF akan menjadi agenda tahunan Kota Tangsel,” tambahnya. PIF 2017 merupakan penyelenggaraan kali pertama, yang menggandeng Bitread, Teknopreneur dan Good News from Indonesia (GNFI) untuk menjadi pelaksana kegiatan memperkenalkan karya inovasi para peneliti Puspiptek kepada masyarakat luas tersebut.

Dalam pembukaan Jumat (29/09) pagi, Menristek Mohammad Nasir melihat betapa strategisnya posisi Puspiptek bagi perkembangan IPTEK Indonesia. Saat ini Kemenristek bahkan sedang menyiapkan Puspiptek sebagai Pusat Taman Sains dan Teknologi Nasional atau science and technopark (STP) pada 2019 mendatang. “Saat ini sedang dikembangkan sembilan STP di berbagai daerah, dengan tiga diantaranya sudah sangat siap menjadi STP unggulan,” lanjutnya. LIN