Pembukaan Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2017 dihadiri oleh Menristekdikti, Muhammad Natsir dan Walkot Tangsel, Airin Rachmi Diany

Teknopreneur.com – Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) merupakan kawasan penelitian terbesar di Indonesia. Kawasan yang berdiri sejak 1976 diatas lahan seluas 460 hektare ini terdiri atas 47 pusat penelitian dan pengembangan serta balai pengujian. Didalamnya bekerja SDM peneliti terlatih dari berbagai disiplin ilmu, didukung dengan berbagai teknologi riset mutakhir.

Kawasan yang terletak di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten ini memusatkan sejumlah pusat penelitian di kawasan terpadu. Sebagai aset negara, pemusatan ditujukan untuk memperkuat pengamanan atas kegiatan penelitian yang berhubungan dengan Program Riset Nasional. Beberapa lembaga maupun badan penelitian yang ada di kawasan Puspiptek adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

Sejumlah hasil penelitian telah banyak dimanfaatkan dan diaplikasikan dalam berbagai bidang, antara lain bidang energi, mekanik dan transportasi, industri pengolahan, pertanian, nuklir, pangan, agro – industri, lingkungan dan masih banyak lagi. Sayangnya, meski jumlah inovasiyang dihasilkan sangat beragam, penelitian berbasis Iptek yang dihasilkan Puspiptek belum begitu dikenal masyarakat. Hal ini sebenarnya juga banyak dijumpai di berbagai temuan maupun perkembangan Iptek tanah air lainnya. Dunia penelitian dan pengembangan Iptek belum merupakan topik yang populer di kalangan masyarakat.

Untuk itu, Puspiptek bersama badan-badan penelitian yang berada didalamnya dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan, menggandeng Bitread, Teknopreneur dan Good News From Indonesia (GNFI) untuk memperkenalkan Puspiptek dan apa saja kegiatannya kepada masyarakat luas. Selama tiga hari pada 29 September hingga 1 Oktober 2017, publik berkesempatan mengenal kawasan penelitian terbesar ini melalui Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2017. Kegiatan ini berbarengan dengan momentum peringatan 41 tahun Puspiptek.

Selain memamerkan beragam inovasi yang menjadi hasil penelitian Puspiptek, pengunjung akan diajak melihat sejumlah aset vital negara seperti Pusat Reaktor Nuklir milik Batan. Hadir pula permainan ilmu pengetahuan yang ditujukan bagi anak-anak.

“Kenal, Bangga dan Ceritakan!” merupakan tema penyelenggaraan PIF yang kali pertama digelar ini. Dengan berusaha mengenalkan Puspiptek kepada masyarakat luas, terutama generasi muda termasuk anak-anak, diharapkan masyarakat bangga akan perkembangan Iptek ditanah air. Ketika generasi muda semakin kenal dan bangga akan Indonesia, maka kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi pun akan meningkat.

Masyarakat dapat mengikuti berbagai kegiatan seperti seminar, pelatihan, permainan pencarian harta karun berbasis ilmu pengetahuan, serta piknik Iptek dengan mendaftar di https://innofest.id/ Acara ini terbuka untuk umum segala usia. LIN