IGrow menjuarai kompetisi Fenox Startup World Cup regional Asia Tenggara di Jakarta, yang akan mewakili regional Asia Tenggara di Grand Finale Fenox Startup World Cup pada bulan Maret 2018 di Silicon Valley, California.

Teknopreneur.com – Startup World Cup (SWC) Regional Asia Tenggara sukses digelar oleh Fenox Venture Capital bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di Balai Kartini hari ini (19/9). SWC Regional ini terdiri dari kompetisi Wild Card Round dari delapan startup terpilih dari roadshow SWC di delapan kota di Indonesia dan kompetisi SWC Regional Asia Tenggara dari sepuluh startup yang lolos seleksi dari 400 pendaftar se-Asia Tenggara.

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengapresiasi Ahlijasa, startup Indonesia yang berhasil mendapatkan juara tiga di Grand Final SWC 2017 di Silicon Valley Maret ini.

“Kemarin baru Ahlijasa, bukan hanya memenangkan kesana (Silicon Valley), tapi juga membuka network dan wawasan serta membagi (informasi dan pengalaman) ke temen-temen Indonesia,” tutur Triawan.

General Partner & CEO Fenox VC sekaligus Chairman dari SWC, Anis Uzzaman, menambahkan Fenox VC telah mendapatkan 10 finalis bukan hanya dari Indonesia, tetapi juga dari negara tetangga untuk berkompetisi di SWC Regional Asia Tenggara ini.

“Kami (Fenox VC) menentukan siapa yang akan menjadi pemenang dari sini (SWC Regional Asia Tenggara). ( Startup) Bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari negara tetangga bersaing untuk ke Grand Final (SWC 2018) dengan 28 negara dari Afrika Selatan hingga Amerika Selatan memperebutkan 1 juta dollar,” ucap Anis.

Deputi Akses Perbankan Fadjar Hutomo mengungkapkan harapannya kepada startup Indonesia pada SWC ini. “Saya berharap tahun ini kita mendapat lebih. Tahun lalu Indonesia juara tiga. Tidak berlebihan jika saya berharap juara dunianya akan datang dari Indonesia,” ungkap Fadjar.

Harapan Fadjar terjawab dengan juara SWC Regional Asia Tenggara yang diraih oleh startup asal Indonesia, igrow. Ia bukan hanya memukau juri saat pitching, tetapi juga mendapatkan applause meriah dari penonton saat selesai pitching. Igrow berkesempatan maju di panggung global untuk bersaing dengan 29 startup global di Grand Final SWC 2018.

Igrow adalah startup teknologi pertanian yang menghubungkan petani dan pemilik lahan kepada konsumen secara langsung. 40% investor igrow kembali berinvestasi dengan resiko rata-rata 5% hingga saat ini. Kualitas petani dan tanah distandarisasi oleh igrow dengan mentoring dan SOP, sehingga kualitas petani bisa meningkat.

Top three startup dari Wild Card Round yaitu Eresto (Bandung), PanenID (Bali), dan Marlin Booking (Batam) telah terpilih dan akan difasilitasi Bekraf menuju SWC 2018 di Silicon Valley untuk menghadiri konferensi dan dikenal pada ekosistem startup, investor, perusahaan, maupun media global. LIN