Ilustrasi Digital
Ilustrasi Digital

Teknopreneur.com – Banyak cara hacker untuk membongkar data online kita, dari phising sampai malware. Dan bagi para entrepreneur, tidak hanya data personal mereka dalam keadaan berbahaya, tetapi bisnis juga. Hampir separuh serangan cyber terjadi terhadap usaha kecil.

Itu sebabnya lebih penting untuk mengambil langkah ekstra untuk menjaga privasi online dan mencegah tindakan criminal. Melindungi privasi online ternyata lebih mudah dari perkiraan. Untuk memulainya pastikan password yang digunakan kuat. Dapat juga mempekerjakan aplikasi password seperti LastPass, yang secara aman menyimpan password dan mengelola password secara acak lintas gadget. Harus dipastikan mengubah password secara teratur dan menggunakan otentifikasi login secara berlapis.

Juga pastikan dokumen penting dan memiliki cadangan serta juga memiliki antivirus dan mengunduh software untuk malware. Sebagai pemilik bisnis kecil pasti tak pernah berpikir bahwa akan ada yang melakukan serangan cyber, mungkin banyak memperkirakan bahwa serangan itu hanya akan terjadi di perusahaan besar. Sayangnya tidak seperti itu, faktanya 50 persen dari serangan cyber terjadi pada usaha kecil.

Lalu bagaimana agar usaha kecil terlindungi? Apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keamanan cyber? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan :

  1. Apakah memiliki password yang kuat? Apabila tidak, maka perlu diketahui bahwa hampir separuh data yang diterobos disebabkan oleh password yang lemah, faktanya hanya 24 persen usaha kecil yang memiliki kebijakan menggunakan password yang kuat. Untuk memperbaikinya gunakan password manager yang akan mengelola password secara acak setiap harinya.
  2. Walaupun kebijakan password sudah diketahui, faktanya 65 persen dari usaha kecil masih tidak menerapkannya. Maka yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa reset password dilakukan setiap bulannya dan pastikan agar mereka mengubah passwordnya. Kemudian otentifikasi akun berlapis diperlukan untuk mengurangi penerobosan password. Gunakan otentifikasi berlapis dimanapun berada, bisa juga dengan otentifikasi melalui sms. Melindungi email seharusnya menjadi prioritas sebab banyak dari akun yang kita miliki menjadikan email sebagai syarat penggunaannya.

 

  1. Semua perangkat yang terkoneksi dengan jaringan perusahaan memiliki potensi untuk mengalami ancaman serangan cyber, dan menurut laporan Nokia, terinfeksi malware melalui smartphone mengalami peningkatan 400 persen pada tahun 2016. Solusinya adalah gunakan perangkat yang aman dan diberikan password kemudian unduh aplikasi security untuk dapat melakukan wipe secara terpisah.

 

  1. Ransomware dapat membuat akun kehilangan akses, menyimpan cadangan dokumen penting secara terpisah adalah satu-satunya cara untuk mencegah kehilangan akses. Pastikan menempatkan sistem data ditempat yang tepat dan dapat menyimpan data dibeberapa tempat yang berbeda sehingga tak kehilangan data saat mengalami serangan. Selain itu cadangkan secara lokal.

 

  1. Kebanyakan serangan cyber dapat dicegah dengan cara yang mendasar seperti perbaharui software keamanan secara berkala. Pastikan setiap perangkat, juga perangkat yang dibawa dari luar, terpasang software antivirus dan malware yang telah diperbaharui secara berkala. Periksa juga perangkat seperti flash drive sebelum digunakan.

 

  1. Secara aktif mengontrol admin utama, hal ini merupakan prioritas untuk membentuk keamanan cyber. Berikan kewenangan admin secara terpisah dan pastikan bahwa admin tersebut memahami keamanan cyber.

 

  1. Kejahatan cyber yang paling banyak terjadi kepada usaha kecil adalah phising email. Phising email bisa tampak sangat asli sekali, pastikan diperiksa semua email yang tak terduga kepada pengirimnya dan jangan membuka link apapun atau memberikan informasi yang sensitif sebelum mendapatkan penjelasan dari pengirim.

 

  1. Spear Phising yang menargetkan usaha kecil juga banyak terjadi. Spear phising melibatkan teman, kerabat anda, atau rekan kerja, email dibuat seperti aslinya kemudian dikirimkan. Pastikan bahwa dilakukan cek ulang apabila ada kiriman email berisikan hal yang membutuhkan informasi sensitif meskipun dikirim dari supervisornya.

 

  1. Sedikit sekali usaha kecil yang melakukan enkripsi untuk database. Tanpa enkripsi informasi penting sangat mungkin diterobos oleh hacker apabila ada serangan. Pastikan bahwa semua informasi penting seperti dokumen dan data pelanggan telah di enkripsi.

 

Lebih dari tiga perempat website yang telah ditelusuri selama tiga tahun terakhir rentan terhadap serangan cyber, terutama pada sistem operasional dan plugin. Serangan terbanyak terhadap website wordpress. Tetap up to date untuk perbaharui sistem keamanannya adalah cara terbaik, dan lakukan pencadangan dokumen, serta terus perbaharui apabila telah terpasang dan perhatikan plugin yang rumit. WordPress memiliki tutorial cara-cara keamanan yang mudah dilakukan. LIN

*dari berbagai sumber